production

6 Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

6 Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Tahukah Anda bahwa ada banyak peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa dimulai kapan saja? Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda harus berhenti mengejar mimpi menjadi seorang pengusaha. Dengan berkembangnya zaman, saat ini tidak menutup kemungkinan ibu rumah tangga mendapatkan penghasilan walaupun tetap berada di rumah.

Salah satu usaha usaha untuk ibu rumah tangga khususnya bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis kecil-kecilan adalah dengan mulai berjualan. Walaupun usaha untuk ibu rumah tangga seperti berdagang terdengar sepele namun ada kalanya sulit diwujudkan karena kurangnya modal.

Jika Anda salah satu ibu rumah tangga yang sedang berusaha memikirkan usaha untuk ibu rumah tangga. Berikut 6 usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang dapat Anda bangun secara mandiri.

Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Walaupun berada dirumah, berikut ini usaha untuk ibu rumah tangga yang banyak dilakukan untuk menambah penghasilan namun dengan modal kecil

1. Menjadi Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas adalah salah satu usaha untuk ibu rumah tangga yang pertama. Di zaman serba digital penulis mempunyai peran yang sangat penting. Tidak perlu heran, Anda dapat melihat setiap website, aplikasi dan konten social media yang ada seluruhnya membutuhkan seorang penulis konten.

Seperti halnya berbicara, menulis pun kemampuan yang belum tentu dimiliki oleh semua orang. Jika Anda termasuk orang dengan kemampuan menulis ini pastikan untuk memanfaatkan sebagai usaha untuk ibu rumah tangga menghasilkan uang tambahan.

Terlebih jika Anda memiliki kemampuan menulis konten iklan yang bersifat persuasif dan mampu memperkenalkan barang dengan dengan baik. Kemampuan itu akan banyak dicari. Jika kemampuan menulis sudah dikuasai, tawarkan jasa sebagai penulis lepas. Jangan lupa sertakan portofolio Anda untuk meyakinkan calon client. Bagaimana, tertarik untuk menjadikan keahlian menulis sebagai usaha untuk ibu rumah tangga? Terlebih, usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Sama seperti point sebelumnya, jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan dari barang-barang yang ada sehingga bisa menambah nilai jual. Tidak ada salahnya mencoba usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini. Membuat kerajinan tangan seperti souvenir, parcel, bingkisan, karangan bunga dan lain-lain akan menambah pundi-pundi penghasilan Anda.

Modal utama usaha untuk ibu rumah tangga membuat kerajinan tangan adalah kreativitas yang dimiliki. Kreativitas akan semakin berkembang dan meningkat seiring waktu jika Anda terus mengatasinya.

3. Membuka Jasa Catering

Usaha untuk ibu rumah tangga berikutnya yang banyak dijalani belakangan adalah membuka jasa catering. Untuk Anda yang memiliki hobi memasak, ini adalah peluang yang baik untuk mengambangkan bisnis. Dengan menjalankan usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini, Anda tidak perlu berpikir rumit sampai dalam tahap membuka restoran. Anda bisa memulai dengan membuka jasa catering. Sajikan menu makanan berat untuk kebutuhan prasmanan seperti paket nasi box, kue kering, kue basah dan lain-lain.

Bisnis untuk ibu rumah tangga dengan cara membuka jasa catering tidak memerlukan biaya tambahan seperti sewa tempat layaknya restoran. Anda bisa menggunakan dapur pribadi untuk memulai bisnis untuk ibu rumah tangga jasa catering. Untuk mulai mempromosikan bisnis yang sedang dijalani, Anda dapat menawarkan menu andalan melalui media sosial dan orang-orang terdekat. Perlu diingat, bisnis untuk ibu rumah tangga berupa catering ini akan membutuhkan banyak relasi. Bangun komunikasi yang baik dengan client dan supplier bahan baku.

4. Menjadi Dropshipper

Usaha untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Keberadaan e-commerce tentu sangat memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis bahkan dari rumah. Hal ini juga yang dilakukan banyak orang dalam merintis usaha dagang mereka dengan menjadi dropshipper. Dropshipper adalah jenis usaha yang dilakukan dengan menyalurkan barang dari distributor ke konsumen Anda. Cara menjadi dropshipper pun sangat mudah, Anda bisa melihat trend barang yang sedang banyak diminati lalu mulailah tawarkan pada orang-orang sekitar.

Dengan menjadi dropshipper anda tidak perlu khawatir soal stock barang dan pengiriman barang, karena semua itu akan dilakukan langsung oleh supplier Anda. Usaha untuk ibu rumah tangga menjadi seorang dropshipper banyak diminati karena mudah dan praktis. Anda cukup mencari supplier terpercaya dengan harga yang relatif murah agar barang yang Anda jual dapat bersaing di pasaran.

5. Berbisnis Tanaman

Belakangan gaya hidup minimalis sedang banyak digemari dan dibahas di media sosial. Salah satu bagian terpenting dari gaya hidup minimalis adalah dengan menanam tanaman didalam rumah untuk menjadikan rumah lebih segar dan asri. Sejak saat itu banyak bermunculan pedagang yang menjajakan tanaman hias untuk dirumah. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil.

Jika Anda seorang pecinta tanaman, tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai usaha untuk ibu rumah tangga. Anda bisa menjajakan tanaman hias yang sedang banyak digemari seperti lidah buaya. Selain menjual secara ecer, Anda juga bisa menjual partai besar untuk dekorasi rumah atau kantor. Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak modal mengingat beberapa bibit tanaman hias mudah didapat dengan harga murah.

6. Membuka Kursus atau Bimbingan Belajar di Rumah

Dengan ilmu yang sudah dimiliki sejak bangku sekolah atau perguruan tinggi, bisa menjadi modal awal usaha untuk ibu rumah tangga. Ini adalah usaha untuk ibu rumah tangga yang terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

Apalagi jika mengingat kebutuhan seorang guru les yang meningkat setiap harinya. Ada banyak anak-anak yang butuh bimbingan belajar dalam beberapa mata pelajaran yang sulit dikuasai. Dua mata pelajaran yang sering menjadi kendala untuk anak-anak adalah mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris. Jika Anda memiliki kemampuan lebih dalam hal matematika dan Bahasa Inggris tidak ada salahnya mulai membuka bimbel atau kursus mata pelajaran ini. Salah satu usaha untuk ibu rumah tangga ini tidak akan banyak menyita waktu sehingga Anda tidak perlu takut urusan rumah tangga terbengkalai.

Itulah 6 usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa Anda jalani tanpa harus mengabaikan urusan keluarga. Jika usaha untuk ibu rumah tangga yang dijalani menunjukan perkembangan, Anda bisa melebarkan sayap usaha dan membantu ibu rumah tangga lain untuk mendapatkan penghasilan. Dengan menjadi pelaku usaha untuk ibu rumah tangga, Anda bisa mulai menabung dan memenuhi segala kebutuhan termasuk mulai berinvestasi kecil-kecilan. Jika membutuhkan produk perbankan untuk keuangan, Anda bisa memilih tabungan CIMB Niaga. Tidak hanya tabungan biasa, CIMB Niaga juga memiliki beberapa produk simpanan lain yang dapat Anda pilih untuk menunjang bisnis Anda. Produk simpanan CIMB Niaga diantara Tabungan Usaha , Rekening Giro, dan Deposito Berjangka Bisnis. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari produk Simpanan untuk usahawan atau pengusaha diantaranya: bunga kompetitif, tersedia dalam 12 mata uang, transaksi mudah dimanapun dan kapanpun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk simpanan CIMB Niaga klik di sini.