production

Serba Digital, CIMB Niaga Fasilitasi Beragam Kebutuhan Perbankan Nasabah di Digital Lounge

Serba Digital, CIMB Niaga Fasilitasi Beragam Kebutuhan Perbankan Nasabah di Digital Lounge

14 Apr 2021

JAKARTA. Keberadaan perbankan digital yang lengkap kini semakin penting untuk memberikan customer experience terbaik kepada nasabah, terutama dalam situasi pandemi untuk kepentingan kesehatan dan keamanan juga. Perbankan pun terus meningkatkan platform tersebut, salah satunya melalui kantor cabang digital untuk melengkapi layanan yang diberikan kantor cabang konvensional  dan digital channel seperti mobile banking dan internet banking.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), misalnya, terus mengembangkan layanan kantor cabang digital atau Digital Lounge di mana per 31 Maret 2021 telah tersebar di 37 titik mencakup mall, perkantoran, kampus, dan kawasan residensial. Sejalan dengan upaya untuk memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank digital terdepan di Indonesia, Digital Lounge tampil dengan wajah baru yang lebih nyaman bagi nasabah dan pengunjung, mengusung konsep perbankan digital modern, dan berbasis layar sentuh serta self service banking. Nasabah bisa memanfaatkan beragam fasilitas perbankan di Digital Lounge, diantaranya mesin Self Service Banking (SSB) yang dapat melayani pembukaan rekening tabungan secara mandiri hanya dalam waktu 5 menit dan langsung tercetak Kartu Debit dengan nama nasabah.

Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan, perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang menginginkan proses serba cepat dan praktis, termasuk dalam bertransaksi perbankan. Oleh karenanya, CIMB Niaga terus berupaya meningkatkan layanan serta fasilitas, seperti di Digital Lounge untuk dapat menjawab kebutuhan tersebut.

“Melalui Digital Lounge, beragam kegiatan perbankan yang dulu hanya dapat dilakukan di kantor cabang dengan mengisi formulir tercetak dan dibantu oleh Customer Service atau Teller, kini dapat dilakukan secara digital oleh nasabah, sehingga lebih cepat. Kami berharap dengan adanya sentra layanan serba digital yang didukung penerapan protokol kesehatan ketat ini, nasabah akan merasakan pengalaman bertransaksi perbankan yang lebih nyaman, higienis, dan aman,” kata Bambang di Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Bambang menambahkan, selain pembukaan rekening tabungan dengan menggunakan KTP elektronik, melalui SSB nasabah juga dapat melakukan penggantian Kartu Debit/ATM secara instan serta pengkinian data pribadi. Bagi nasabah yang membutuhkan bantuan atau informasi, Digital Banking Manager CIMB Niaga siap mendampingi.

“Kami juga menyediakan fasilitas Video Banking yang dapat melayani transfer hingga Rp1 miliar, mengetahui informasi produk dan layanan, membayar tagihan, membeli voucher isi ulang, dan melaporkan keluhan. Untuk memanfaatkan layanan ini nasabah akan dipandu oleh petugas Video Banking Officer secara live melalui layar sentuh. Lokasi Digital Lounge juga mengikuti tempat berkegiatan masyarakat dan nasabah,” kata Bambang.

Digital Lounge juga dapat melayani pendaftaran branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, dan Rekening Ponsel. Nasabah bisa memanfaatkan Digital Lounge untuk referral Kartu Kredit, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Mobil (KPM), dan Personal Loan. Terdapat pula mesin Tarik Setor Tunai (TST) yang memungkinkan nasabah untuk menarik atau menyetor uang tunai menggunakan Kartu Debit maupun tanpa kartu (cardless) dari OCTO Mobile.

Untuk menambah kenyamanan nasabah, sejumlah Digital Lounge menghadirkan OCTO Vending atau mesin penjual otomatis yang menyediakan produk minuman ringan, masker, hand sanitizer, faceshield, vitamin, hingga alat rapid test yang dapat dibeli dengan harga terjangkau dengan cara memindai kode QRIS yang tersedia, baik melalui OCTO Mobile maupun dompet digital lainnya.

Di samping menyediakan fasilitas dan layanan lengkap, Digital Lounge juga memberikan kesempatan kepada nasabah untuk memperoleh keuntungan melalui program-program menarik. Antara lain, program mendapatkan cashback hingga Rp3 juta dengan membuka Tabungan Dream Savers di Digital Lounge pada Program “Hello 2021” dan program tabungan berhadiah langsung. Tersedia pula program tabungan berhadiah e-voucher Rp100 ribu khusus bagi nasabah baru yang membuka tabungan senilai Rp100 ribu di Digital Lounge.

“Kami akan terus mengoptimalkan customer experience, salah satunya melalui Digital Lounge yang dapat melayani beragam kebutuhan perbankan secara nyaman dengan waktu operasional yang lebih panjang dan fleksibel, termasuk di akhir pekan dan hari libur nasional. Untuk mengetahui jam operasional Digital Lounge, nasabah dapat melihat di www.cimbniaga.co.id atau menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041,” ujar Bambang.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Desember 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 380, 38 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 33 unit. CIMB Niaga memiliki 12.899 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2020.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD10,8 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations and Reputation Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 
Website: www.cimbniaga.co.id