www.cimbniaga.co.id production

Program Literasi Keuangan CIMB Niaga Perkuat Pemahaman Keuangan di Kalangan Pelajar

03 Feb 2025

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten melaksanakan program literasi dan inklusi keuangan melalui berbagai inisiatif, seperti Tour de Bank (TDB) dan Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB). Program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan ini bertujuan meningkatkan pemahaman keuangan di kalangan pelajar, sejalan dengan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain CSR di bidang pendidikan, CIMB Niaga juga memiliki pilar CSR lainnya yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi, serta Iklim dan Lingkungan.

Melalui TDB, CIMB Niaga memperkenalkan fungsi perbankan dan manfaat menabung kepada siswa Sekolah Dasar (SD). Adapun AMDB membekali siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan pengetahuan tentang perencanaan keuangan, perbankan digital, hingga keamanan bertransaksi. Selain itu, CIMB Niaga juga memiliki program Be$MART untuk mahasiswa, Webinar Guru untuk tenaga pendidik, serta program literasi dan inklusi keuangan untuk teman disabilitas dan pelaku UMKM wanita dan disabilitas di Indonesia Timur.

Berdasarkan Laporan Akuntabilitas Program Literasi dan Inklusi Keuangan CIMB Niaga Periode 2024, sejak 2011 hingga Desember 2024, program tersebut telah menjangkau 96.739 peserta dari 1.035 sekolah di berbagai kota di Indonesia. Adapun sepanjang 2024, Program TDB dan AMDB, telah berhasil menjangkau 9.466 pelajar SD, SMP, dan SMA yang tersebar di 118 sekolah dari 27 kota, dengan peningkatan pemahaman literasi keuangan untuk Program AMDB sebesar 11% dan untuk TDB sebesar 18% (berdasarkan survei pre dan post test). Program tersebut juga berhasil meningkatkan inklusi keuangan dengan jumlah pelajar yang membuka tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) sebanyak 4.056 rekening.

Pada tahun 2024, CIMB Niaga juga memperkenalkan pengembangan program AMDB dengan memilih Duta Literasi Keuangan untuk mensosialisasikan materi literasi keuangan kepada pelajar lain yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan AMDB. Berdasarkan hasil seleksi berjenjang, CIMB Niaga menetapkan empat siswa terpilih sebagai Duta Literasi Keuangan, yaitu Jemima Emanuella Tarigan dari SMPN 2 Depok, Yusuf Nando Darmawan dari SMPN 2 Jember, Yocellyn Mulya Evelyta dari SMA Kristen 1 Salatiga, dan Ayu Maulida Utami dari SMAN 10 Semarang.

“Kami percaya generasi muda adalah kunci untuk membangun masyarakat yang lebih sadar keuangan. Dengan membekali pelajar sejak dini dengan pemahaman yang baik tentang literasi keuangan, CIMB Niaga membantu mereka merencanakan masa depan keuangan pribadi maupun keluarganya dengan lebih matang,” ujar Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei di Jakarta, Senin (3/2/2025).

Melanjutkan kesuksesan program sebelumnya, tahun ini CIMB Niaga berencana menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan di 22 kota dengan target 9.000 siswa dari 70 sekolah. Wilayah Jawa Timur akan menjadi pusat kick off program 2025 dengan kota-kota seperti Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Kediri menjadi lokasi utama.

Upaya CIMB Niaga tersebut sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 98% pada tahun 2045. Melalui program literasi yang konsisten, CIMB Niaga berharap dapat terus berkontribusi dalam membangun pemahaman keuangan yang lebih baik di masyarakat, demi mendukung perencanaan masa depan finansial yang lebih baik.

Tentang CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga; IDX: BNGA) adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Selama hampir tujuh dekade, CIMB Niaga hadir melayani masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah. Layanan ini meliputi segmen Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking, yang didukung dengan kapabilitas Treasury dan Capital Market. Untuk memudahkan kebutuhan transaksi digital nasabah, CIMB Niaga terus menghadirkan solusi digital banking terdepan melalui inovasi digital OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, serta kantor cabang modern Digital Lounge dan Digital Branch.

Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan menjadi mitra terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat di Indonesia dalam mewujudkan aspirasinya. Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan, dengan mengusung inisiatif #SekarangUntukMasaDepan. Untuk mendukung inklusi keuangan termasuk di Indonesia Timur, CIMB Niaga juga aktif melakukan pemberdayaan masyarakat melalui CommunityLink #JadiBerkelanjutan.

Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 September 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.959 karyawan (konsolidasi), 404 kantor cabang dan jaringan (termasuk 36 digital lounges), 3.405 ATM, serta 598.334 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di 102 kota di Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Hery Kurniawan
Corporate Communications Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: (021) 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id