production

Kolaborasi Visa, CIMB Niaga, dan Tokopedia Tawarkan Layanan Bayar Tagihan Kartu Kredit

03 Feb 2020

Pemegang kartu Visa kini dapat membayar tagihan kartu kredit dengan cepat, aman, dan nyaman melalui Tokopedia, yang difasilitasi oleh CIMB Niaga

Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, hari ini  mengumumkan kolaborasi dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, dan Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, untuk memfasilitasi pembayaran tagihan kartu kredit Visa di platform Tokopedia. Kemitraan pertama antara ketiga pihak ini merupakan wujud nyata dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Layanan ini dapat digunakan untuk pembayaran tagihan kartu kredit Visa yang diterbitkan di Indonesia dengan berbagai pilihan sumber dana, mulai dari transfer dana, deposit tunai di mitra Tokopedia, maupun dompet digital. Dalam kerja sama ini, CIMB Niaga sebagai pihak settlement menggunakan protokol Application Program Interface (API) untuk memfasilitasi pemegang kartu Visa dalam membayar tagihan kartu kredit di aplikasi Tokopedia.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengungkapkan “Kolaborasi dengan CIMB Niaga dan Tokopedia sangat menarik karena memudahkan konsumen Indonesia dalam membayar tagihan kartu kredit Visa secara online. Menggunakan aplikasi Tokopedia untuk pembayaran tagihan kartu kredit Visa, konsumen Indonesia dapat merasakan pengalaman membayar yang aman, instan, dan mudah, yang didukung oleh keamanan berlapis dari VisaNet,” ungkap Riko.

Layanan ini didukung oleh Visa Direct, teknologi yang mampu memfasilitasi pembayaran yang cepat dan aman ke rekening finansial di seluruh dunia, hanya dengan menggunakan kredensial pembayaran pemegang kartu. Teknologi Visa Direct membantu individu dan pelaku bisnis, termasuk para penyedia layanan pembayaran, teknologi finansial, serta institusi finansial lainnya untuk melakukan pembayaran dana, pembayaran antar individu, pembayaran antar negara, dan pembayaran tagihan dengan lebih nyaman dan bebas masalah.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, sebagai bank pertama yang berkolaborasi dengan Visa dalam penggunaan teknologi Visa Direct di Indonesia, CIMB Niaga menyambut baik kemitraan ini yang diantaranya bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan pembayaran digital melalui financial technology. Kolaborasi ini juga diyakini dapat memperkuat posisi CIMB Niaga dalam pasar digital.

“Kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan para mitra, seperti Visa dan Tokopedia, dalam berinovasi memanfaatkan teknologi guna memberikan nilai tambah bagi masyarakat saat bertransaksi non-tunai. Inisiatif ini juga merupakan bagian dari konsistensi CIMB Niaga selama 65 tahun mengembangkan perbankan digital untuk memberikan customer experience yang optimal,” ujar Lani.

Menyambut kerja sama ini, COO Tokopedia, Melissa Siska Juminto, menyatakan, “Tokopedia selalu membuka peluang kerja sama dengan mitra strategis, seperti Visa dan CIMB Niaga, untuk mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit secara lebih aman dan cepat melalui Tokopedia.”

Melissa melanjutkan, “Kolaborasi ini menjadikan Tokopedia sebagai platform non-bank pertama yang menyediakan layanan pembayaran tagihan kartu kredit terlengkap, dengan verifikasi langsung oleh puluhan bank di Indonesia.”

Melalui kemitraan ini, Visa, CIMB Niaga dan Tokopedia berharap dapat menciptakan proses pembayaran yang aman dan bebas masalah, serta memberikan manfaat dan keuntungan lebih bagi para pemegang kartu Visa saat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit di Tokopedia.

Tentang Visa Inc.

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman, yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan perekonomian untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global, serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, di manapun mereka berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merek, produk, layanan, jaringan, dan upaya kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi About Visavisacorporate.tumblr.com dan @VisaNews.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 466 jaringan kantor per 30 September 2019, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 392, kantor kas dan payment point sebanyak 17 unit, 30 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.449 karyawan (konsolidasi) per 30 September 2019.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 September 2019, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,7 miliar.

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Widyananto Sutanto
PT Visa Worldwide Indonesia
Phone: +6221 2992 6500
E-mail: wsutanto@visa.com

Deddy T. Hasibuan
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Phone: +6221 2700555
www.cimbniaga.co.id

Shania Haroen
Tokopedia
shania.haroen@tokopedia.com