production

CIMB Niaga Tanamkan Literasi Keuangan Siswa melalui AMDB

CIMB Niaga Tanamkan Literasi Keuangan Siswa

23 Jan 2020

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung Program Pemerintah dalam mendorong peningkatan literasi keuangan siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA melalui Program Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB). Sepanjang 2019, Program AMDB diikuti 5.217 siswa dari 38 sekolah di 10 kota di Indonesia, yaitu Pontianak, Banyuwangi, Yogyakarta, Pekanbaru, Semarang, Purwakarta, Ambon, Kendari, Denpasar dan Palangkaraya.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, kecerdasan finansial merupakan bekal penting bagi generasi muda. “Karena itu melalui AMDB 2019 kami terus memberikan edukasi literasi keuangan agar para siswa memahami pentingnya menabung sejak dini,” kata Fransiska pada Akuntabilitas Program AMDB 2019 di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Di samping itu, sejak 2019 AMDB memberikan edukasi tentang kewirausahaan melalui Junior Entrepreneur Short Class dan mengadakan Junior Entrepreneur Competition bagi siswa SMA/SMK yang pada hari ini akan diumumkan pemenangnya dengan total hadiah sebesar Rp50 juta.

AMDB juga menggugah kepekaan sosial dan lingkungan para siswa melalui kegiatan berbagi kepada sesama dengan mengumpulkan donasi, baik berupa uang tunai secara langsung maupun melalui penjualan botol plastik bekas. Donasi yang berhasil dihimpun setelah ditambahkan dari CIMB Niaga mencapai Rp307.835.504,-.

Donasi akan disalurkan kepada 3 (tiga) SMA/SMK yang fokus pada pengembangan kurikulum entrepreneur dan 3 (tiga) yayasan sosial yang peduli terhadap pengembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam bentuk bantuan pendidikan. Adapun ketiga sekolah dan yayasan tersebut adalah SMK Kesehatan Jakarta, SMK Negeri 17 Jakarta, SMA Negeri 57 Jakarta, Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) Santi Rama, Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala dan Yayasan Thisable Enterprise.

Pada tahun 2020, AMDB akan dilaksanakan di 11 kota di Indonesia dan menjadi bagian dari rangkaian perayaan 65 Tahun CIMB Niaga. Kegiatan akan difokuskan pada pengenalan digital banking dan talkshow kewirausahaan sebagai keberlanjutan dari kegiatan sebelumnya.

Konsistensi CIMB Niaga dalam menghadirkan program AMDB selama 9 tahun terakhir berhasil mengedukasi 43.238 siswa. ”Kami berharap program yang kami selenggarakan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara lebih luas, sehingga tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia terus meningkat,” tutur Fransiska.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 466 jaringan kantor per 30 September 2019, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 392, kantor kas dan payment point sebanyak 17 unit, 30 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.449 karyawan (konsolidasi) per 30 September 2019. 

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 September 2019, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,7 miliar. 

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id