production

CIMB Niaga Syariah Permudah Pembayaran Zakat melalui OCTO Mobile

CIMB Niaga Syariah Permudah Pembayaran Zakat melalui OCTO Mobile

22 Apr 2021

JAKARTA. Aplikasi perbankan digital kini tak hanya dapat digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan transaksi perbankan, melainkan juga bisa memfasilitasi pembayaran donasi seperti zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Perbankan pun terus mengembangkan layanan tersebut agar nasabah semakin mudah dalam berbagi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Salah satunya, Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) yang terus mengoptimalkan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk membantu nasabah dalam menyalurkan ZIS melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang terpercaya.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, pada bulan suci Ramadan CIMB Niaga Syariah mengajak masyarakat untuk memperbanyak amal kebaikan dan berbagi berkah kepada sesama. Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan menyediakan layanan pembayaran ZIS yang praktis dan mudah bagi para donatur.

“Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi Syariah, kami memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam membayar ZIS lewat OCTO Mobile. Cukup menggunakan ponsel di genggaman tangan, pembayaran donasi bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja sehingga lebih sehat dan aman dalam situasi saat ini,” kata Pandji di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Bagi masyarakat yang ingin membayarkan ZIS melalui OCTO Mobile dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, login ke aplikasi OCTO Mobile dan pilih menu Pembayaran Tagihan. Kedua, pilih Zakat dan Kebajikan. Ketiga, lengkapi detil termasuk nama yayasan/lembaga, jenis donasi, serta nominal donasi. Terakhir, selesaikan dengan konfirmasi PIN OCTO Mobile.

Untuk pembayaran donasi tersebut, nasabah bisa menggunakan beragam sumber dana seperti Rekening Tabungan, Rekening Ponsel, maupun Poin Xtra. Selain itu, waktu pembayaran donasi juga dapat diatur sesuai keinginan nasabah, baik sekarang, sesuai tanggal, maupun berulang (terjadwal). Dengan waktu transaksi yang dapat ditentukan, OCTO Mobile bisa membantu nasabah untuk melakukan amal secara rutin.

Adapun LAZ mitra CIMB Niaga Syariah yang memiliki layanan pembayaran ZIS di OCTO Mobile sebanyak 15 lembaga, yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Daarut Tauhid Peduli, Baitul Mal Hidayatullah (BMH), PPPA Daarul Qur'an, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Al-Azhar, Rumah Yatim, Griya Yatim Dhuafa, Nurul Hayat, Baziz DKI, Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma), dan Dompet Sosial Madani.

Pembayaran Wakaf di OCTO Mobile

Selain ZIS, CIMB Niaga Syariah sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) juga terus mengembangkan produk dan layanan dalam mempermudah pembayaran wakaf. Melalui OCTO Mobile, nasabah bisa berwakaf melalui uang untuk disalurkan menjadi program yang bersifat produktif atau sosial dari Lembaga Pengelola Wakaf (Nazhir).

Sebagai dukungan kepada Gerakan Nasional Wakaf Uang, CIMB Niaga Syariah juga memasarkan produk wakaf uang Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri SWR002 yang diterbitkan Kementerian Keuangan dan didukung Badan Wakaf Indonesia (BWI) di OCTO Mobile. Sukuk bertenor 2 tahun ini memberikan tingkat imbalan tetap sebesar 5,57% per tahun yang akan disalurkan kepada Nazhir untuk membantu pengembangan investasi sosial dan wakaf produktif di Indonesia.

”Dengan kemudahan layanan melalui OCTO Mobile, kami berharap potensi penghimpunan donasi baik zakat, infak, sedekah, maupun wakaf dapat terus meningkat, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai penerima manfaat. CIMB Niaga Syariah akan terus memberikan customer experience terbaik melalui produk dan layanan inovatif agar nasabah dapat memenuhi beragam kebutuhan finansialnya dari satu aplikasi,” ujar Pandji pada Webinar Berwakaf Itu Keren yang dilaksanakan Kamis, 15 April 2021 lalu.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk memperoleh beragam keunggulan OCTO Mobile lainnya, namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat menikmati fitur-fitur yang dibutuhkan.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Desember 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 380, 38 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 33 unit. CIMB Niaga memiliki 12.899 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2020.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD10,8 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations and Reputation Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 
Website: www.cimbniaga.co.id