production

CIMB Niaga Laporkan Laba Bersih Konsolidasi Rp2,0 Triliun pada 2020

CIMB Niaga Laporkan Laba Bersih Konsolidasi Rp2,0 Triliun pada 2020

19 Feb 2021

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga atau “Bank”; IDX: BNGA), hari ini melaporkan perolehan laba bersih konsolidasi (audited) sebesar Rp2,0 triliun pada 2020 (“FY2020”), menghasilkan earnings per share Rp80,72.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, "Tahun 2020 merupakan tahun yang menentukan dalam sejarah CIMB Niaga di tengah tantangan yang dihadapi industri perbankan sebagai dampak dari COVID-19. Tidak ada yang lebih penting pada tahun 2020 dibandingkan kelangsungan usaha Perseroan. Langkah tersebut kami wujudkan dengan memprioritaskan kesejahteraan karyawan, membantu nasabah agar usaha mereka dapat terus berjalan dan kebutuhan finansial tetap terpenuhi, serta turut mendukung program Pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional.

Selain itu, kami tetap fokus mengembangkan bisnis Bank dengan menyediakan layanan perbankan terbaik bagi nasabah, mengerahkan sumber daya manusia yang andal, dan memanfaatkan teknologi digital agar Perusahaan dapat beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan usaha. Lebih dari 65 tahun CIMB Niaga telah melayani masyarakat, dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk serta layanan perbankan yang prima bagi nasabah, melalui penyempurnaan dan inovasi tanpa henti."

Capital Adequacy Ratio (“CAR”) dan Loan to Deposit Ratio (“LDR”) CIMB Niaga tercatat baik masing-masing sebesar 21,92% dan 82,91% per 31 Desember 2020.

Dengan total aset sebesar Rp280,9 triliun per 31 Desember 2020, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Total penghimpunan dana pihak ketiga (“DPK”) tercatat sebesar Rp207,5 triliun dengan rasio CASA sebesar 59,62%. Adapun Giro dan Tabungan mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 14,1% year-on-year (“Y-o-Y”) dan 14,4% Y-o-Y, sejalan dengan komitmen Bank untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

Jumlah kredit yang disalurkan sebesar Rp174,8 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh bisnis Consumer Banking yang tumbuh 1,7% Y-o-Y. Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) tumbuh 5,9% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) meningkat sebesar 4,5% Y-o-Y.

“Dalam situasi pandemi COVID-19, kami bersyukur dianugerahi sebagai ‘The Most Helpful Bank during COVID-19 in Indonesia’ dari The Asian Banker. Penghargaan ini menunjukkan komitmen kami untuk senantiasa mendukung dan membantu nasabah dalam menghadapi pandemi,” kata Tigor.

Di segmen perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB  Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp31,9 triliun dan DPK sebesar Rp29,8 triliun per 31 Desember 2020.

Ke depan, CIMB Niaga akan terus fokus pada kualitas aset, mengelola biaya, dan pertumbuhan CASA, memperbesar bisnis Consumer serta usaha kecil dan menengah (“UKM”), dan melakukan inovasi terhadap layanan digital. “Kami juga fokus pada percepatan strategi Forward 23+ khususnya customer journey, meningkatkan produktivitas, dan mencari peluang-peluang baru di tengah pandemi COVID-19,” tambah Tigor.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 31 Desember 2020, 95,0% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya, CIMB Niaga terus berupaya untuk meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 451 jaringan kantor (termasuk 33 Mobile Branch dan 38 Digital Lounge). Per 31 Desember 2020, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.316 ATM, 266.935 Electronic Data Capture (“EDC & QR”), dan 934 Cash Deposit dan Recycle Machines.

Penghargaan

Pada periode yang berakhir 31 Desember 2020, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan, diantaranya Best Bank in Mortgage and Satisfaction, Loyalty, & Engagement (“SLE”) Awards 2020 dari Majalah Infobank; IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020 dalam kategori Sustainability untuk Konservasi Bambu dan Penghitungan Karbon Bambu Tabah; dan Corporate & Investment Banking Awards 2020 untuk tiga kategori, yaitu Corporate & Investment Bank of the Year – Indonesia, Syndicated Loan of the Year – Indonesia dan Project Infrastructure Finance Deal of the Year – Indonesia.

CIMB Niaga juga dianugerahi penghargaan The Red Hat APAC Innovation Awards 2020 winner for Indonesia; The Asset Asian Awards 2020 untuk dua kategori, Best Bank for Investment Solutions, Rates – Indonesia dan Best Bank for Investment Solutions, FX – Indonesia; World Finance Digital Banking Awards 2020 untuk dua kategori yaitu Best Mobile Banking Apps in Indonesia dan Best Consumer Digital Banks in Indonesia; The Best Governance, Risk and Compliance (“GRC”) Overall For Corporate Governance & Risk Management 2020 (Foreign Banking) dalam The Best GRC & Performance Excellence Award 2020; Investor Best Syariah Awards 2020 sebagai UUS terbaik dalam kategori aset di atas Rp5 triliun; Environmental, Social, dan Governance (“ESG”) Award 2020 dari BeritaSatu Media Holdings; dan The Liquidity Risk Technology Implementation of the Year 2020 dari The Asian Banker.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Desember 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 380, 38 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 33 unit. CIMB Niaga memiliki 12.899 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2020.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD10,8 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations and Reputation Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 
Website: www.cimbniaga.co.id