production

Persiapkan Masa Depan dengan 7 Tips Menjalani Cara Hidup Hemat

 

 
 
 
 

Persiapkan Masa Depan dengan 7 Tips Menjalani Cara Hidup Hemat

 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kekuatan finansial adalah dengan berhemat. Namun, nyatanya masih banyak yang sulit menerapkannya. Terkadang, bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan, menemukan cara hidup hemat lebih sulit daripada mempersiapkan masa depan melalui investasi aset. Padahal, jika keduanya dilakukan secara selaras, tidak hanya akan menambah kekuatan, perkembangan finansial Anda pun memiliki kemungkinan untuk bergerak dengan stabil.

Tidak dapat dipungkiri, di era yang serba digital saat ini, godaan untuk menjalankan cara hidup hemat untuk Anda yang tinggal di perkotaan terbilang cukup sulit. Pasalnya, Anda akan sangat mudah mengakses informasi terkait hal-hal yang dapat menarik perhatian, misalnya barang atau gadget terbaru, hingga tempat makan yang unik dan instagramable. Sebagaimana yang diketahui, bahwa untuk terus-terusan memenuhi keinginan daripada kebutuhan akan membawa dampak yang kurang baik untuk kondisi finansial Anda. Apalagi jika Anda mempersiapkan keuangan untuk kebutuhan di masa depan. Oleh karena itu, pengendalian diri jadi kunci utama untuk menjalankan cara hidup hemat demi masa depan yang lebih baik untuk tetap dapat hidup secara aman dan nyaman di kawasan perkotaan.

Pengendalian diri dari cara hidup hemat ini tidak serta merta sekadar mengatur keinginan Anda saja, namun Anda perlu juga membuat rencana terbaik yang sesuai agar kesehatan finansial Anda pun terjaga dengan baik, terutama untuk Anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Pasalnya, jika Anda tidak benar-benar serius mengendalikan diri untuk mulai belajar tentang cara hidup hemat, bisa-bisa Anda berada di kondisi yang merugikan dan sulit untuk merealisasikan masa depan yang Anda inginkan. Untuk membantu Anda menjalani cara hidup hemat, berikut rekomendasi tips-tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga masa depan Anda.

7 Tips Dalam Menjalankan Cara Hidup Hemat di Perkotaan

  1. Buatlah skala prioritas

    Jika Anda ingin memulai cara hidup hemat, Anda bisa coba untuk membuat skala prioritas untuk kebutuhan dan keinginan Anda. Anda bisa buat skala prioritas ini untuk kebutuhan ke dalam bentuk daftar yang perlu Anda penuhi setiap bulannya. Pastikan untuk menaruh daftar-daftar kebutuhan di tingkatan yang paling atas, seperti belanja makanan bulanan, biaya transportasi, serta pembayaran utilitas lainnya. Sekiranya hal tersebut sudah bisa Anda penuhi, barulah Anda bisa mulai menambahkan daftar keinginan di dalam skala prioritas tersebut. Jangan lupa, bahwa Anda pun harus bijak dalam membuat daftar tersebut, jangan sampai keinginan Anda malah melebihi kebutuhan agar tidak terlihat sebagai pribadi yang boros.

  2. Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan

    Selain membuat daftar skala prioritas, demi melanjutkan cara hidup hemat yang optimal, Anda juga perlu membuat neraca keuangan. Neraca keuangan ini bisa berupa daftar atau tabel yang menjelaskan perincian pendapatan dan pengeluaran Anda. Secara umum, sebaiknya Anda mengalokasikan terlebih dulu pendapatan yang Anda punya untuk kebutuhan esensial di dalam hidup Anda. Jika Anda menemukan dari daftar kebutuhan saja pengeluaran Anda lebih besar daripada pendapatan, segera temukan alternatif dengan nilai yang lebih rendah agar kebutuhan Anda terpenuhi semuanya. Alangkah tidak bijak, jika Anda memaksakan untuk memenuhi keinginan di saat kondisi pendapatan Anda tidak memungkinkan untuk menutupi pengeluaran Anda.

  3. Bijak dalam berbelanja

    Dalam menerapkan cara hidup hemat, bijak dalam melakukan pembelanjaan memiliki peran penting agar menjaga kondisi finansial Anda tetap baik. Bijak dalam berbelanja bisa Anda lakukan dengan cara memilih barang-barang pemenuhan kebutuhan yang sedang diskon jika Anda berbelanja di supermarket. Bahkan Anda bisa mengubah pola berbelanja Anda dari supermarket ke pasar. Keuntungan berbelanja di pasar untuk kebutuhan esensial seperti makanan adalah, Anda bisa menawar harga. Jadi, kemungkinan untuk memiliki uang sisa dari budget belanja yang Anda siapkan bisa Anda alokasikan ke pos lainnya, seperti tabungan.

  4. Maksimalkan promo

    Di era yang serba digital, kemudahan dalam menjalani hidup seakan menghampiri Anda. Bahkan untuk hal belanja. Belanja melalui aplikasi online memang nyaman, karena Anda melakukan aktivitas belanja di mana saja. Jika Anda gemar belanja online namun ingin tetap menjalankan cara hidup hemat, Anda perlu teliti dengan promo-promo yang ada, terutama dalam pemenuhan keinginan Anda. Maksimalkan fitur promo saat melakukan belanja online agar Anda tetap mendapatkan hal yang sesuai dengan apa yang diinginkan namun dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

  5. Terapkan gaya hidup minimalis

    Anda yang sudah terbiasa dengan membuat skala prioritas terhadap kebutuhan dan keinginan, lalu sudah dengan cermat memantau pengeluaran Anda, tahapan untuk menjalani cara hidup hemat bisa Anda lakukan dengan mengubah gaya hidup. Agar tetap hemat, Anda bisa menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup yang mementingkan tentang pemenuhan kebutuhan ini dapat membantu pola pikir Anda agar lebih cermat saat melakukan pembelanjaan. Pola pikir cermat dalam berbelanja merupakan salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

  6. Jaga kesehatan

    Tahukah Anda, jika kesehatan juga punya peranan penting agar Anda selalu dapat menjalankan cara hidup hemat untuk tinggal di kawasan perkotaan? Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sehat itu mahal harganya. Jika Anda tidak menjaga kesehatan Anda secara baik, bisa-bisa setiap bulan Anda perlu mengeluarkan uang dengan jumlah banyak untuk biaya pengobatan. Tentu saja hal tersebut bertolak belakang dengan cara hidup hemat. Menjalankan pola hidup yang sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan cara yang mudah untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan keuangan tetap dalam ambang batas yang sehat juga tentunya.

  7. Menabung secara disiplin

    Bagi Anda yang sudah mengikuti beberapa tips sebelumnya secara cermat dan teliti, namun masih merasa kondisi keuangan belum berada di titik aman untuk aman, cobalah untuk menabung. Jika Anda ingin menjalankan cara hidup hemat di perkotaan, menabung merupakan aktivitas yang perlu Anda lakukan. Untuk awal, Anda tidak perlu menabung dengan jumlah 30 hingga 50 persen dari pendapatan Anda. Mulailah dengan jumlah yang cukup terukur namun konsisten. Dengan konsistensi ini nantinya akan Anda pun akan tertarik untuk melakukan peningkatan, agar target finansial Anda di masa depan cepat tercapai. Dengan menabung secara disiplin, Anda memahami pentingnya untuk merealisasikan masa depan yang lebih baik, aman, dan nyaman. Terutama bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan.


Berkomitmen untuk mendukung Anda memiliki masa depan yang cerah, CIMB Niaga memiliki beragam produk tabungan untuk memaksimalkan cara hidup hemat yang sedang Anda jalani saat ini. CIMB Niaga memiliki beragam produk tabungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya mudah untuk menabung dan kemudahan dalam membuka tabungan secara online melalui OCTO Mobile, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya yang akan memberi kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan esensial dalam hidup Anda. Pelajari info lengkap tentang produk tabungan CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

Tabungan CIMB Niaga