production

Daftar Belanja Bulanan dan Strategi untuk Menghemat Biaya Pengeluarannya

 

 
 
 
 

Daftar Belanja Bulanan dan Strategi untuk Menghemat Biaya Pengeluarannya

 

Membuat daftar belanja bulanan menjadi hal penting yang harus dilakukan sebuah keluarga, khususnya oleh ibu. Ini menjadi aspek di mana ibu memegang peranan penting dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Membuat daftar belanja bulanan bisa menjadi langkah ampuh untuk menghemat atau mengontrol biaya pengeluaran. Terdapat beberapa keuntungan juga jika Anda bisa membuat daftar belanja bulanan.

Beberapa di antaranya Anda akan disiplin untuk membeli sesuai dengan daftar kebutuhan keluarga Anda. Anda juga akan lebih berhemat karena akan membeli sesuai kebutuhan yang ada di dalam daftar belanja bulanan.

Anda bisa menyusun daftar belanja bulanan berdasarkan kebutuhan yang pasti dibeli setiap bulannya. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak membeli banyak barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan atau penting.

Hal paling pertama yang harus dilakukan dalam membuat daftar belanja bulanan adalah menyisihkan pos anggaran bulanan untuk tabungan dan dana darurat. Jika Anda masih memiliki kewajiban cicilan, Anda bisa memasukkan hal itu ke dalam daftar alokasi dana dan jangan lupa menganggarkan untuk biaya pendidikan anak.

Setelah membagi anggaran ke dalam beberapa pos, Anda bisa membuat daftar belanja bulanan berdasarkan sisa anggaran yang ada. Lantas, kebutuhan rumah tangga apa saja, sih, yang sebaiknya masuk ke dalam daftar belanja bulanan Anda? Berikut penjelasannya.

Kebutuhan Dapur

Jika Anda terbiasa memasak sendiri di rumah, maka urusan kebutuhan dapur seperti beras dan bahan-bahan lain wajib masuk ke dalam daftar belanja bulanan Anda.

Usahakan untuk membeli kebutuhan dapur yang memiliki jangka waktu penyimpanan cukup lama dan belilah bahan-bahan ini dengan jumlah cukup banyak. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak perlu sering ke supermarket atau warung untuk membeli kebutuhan yang habis sebelum akhir bulan.

Sementara bagi Anda yang tidak terbiasa memasak hidangan sendiri di rumah, Anda bisa mencari alternatif lain dengan mengalokasikan dana daftar belanja bulanan untuk membayar jasa katering atau membeli lauk dari rumah makan.

Pastikan juga bahwa jasa katering atau rumah makan yang Anda gunakan untuk dikonsumsi memiliki kualitas makanan yang sudah teruji.

Bahan Dasar Makanan

Membeli bahan makanan bisa dilakukan di supermarket atau pasar tradisional, bisa juga Anda lakukan di tukang sayur keliling. Anda bisa membuat daftar belanja bulanan untuk bahan makanan sesuai dengan jenis makanan yang biasanya dikonsumsi oleh keluarga Anda.

Sebelum mulai berbelanja, pastikan Anda membuat daftar belanja bulanan yang disesuaikan dengan usia penyimpanan bahan makanan tersebut. Jenis-jenis lauk macam daging, ikan, dan ayam bisa berumur lebih panjang jika disimpan di lemari pendingin.

Lain hal dengan kebutuhan bahan sayuran, Anda sebaiknya tidak menyimpan sayuran dalam jangka waktu lebih dari satu pekan. Pasalnya, kualitas dan nutrisi sayuran akan berkurang saat dikonsumsi oleh anggota keluarga.

Hal serupa juga berlaku untuk buah-buahan yang hendak Anda beli di dalam daftar belanja bulanan. Pastikan buah yang Anda beli tidak disimpan lebih dari satu minggu untuk menjaga kualitasnya.

Selain bahan dasar makanan seperti lauk dan sayuran, Anda juga memasukan olahan makanan dalam daftar belanja bulanan. Anda bisa membeli bakso, nugget, sosis, dan olahan makanan lain yang bisa disimpan untuk jangka waktu cukup panjang.

Alat Kebersihan Rumah dan Pribadi

Jika sudah memasukkan kebutuhan dapur hingga bahan-bahan masakan, kebutuhan lain yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar belanja bulanan adalah peralatan pembersih rumah.

Barang-barang ini mencakup seperti sabun mandi di mana Anda bisa memilih untuk membeli dalam bentuk kemasan isi ulang. Langkah serupa bisa dilakukan untuk kebutuhan kebersihan lain seperti shampo.

Setelah itu, Anda bisa memasukkan barang-barang seperti sabun pencuci pakaian, sabun pembersih lantai. Anda juga bisa memasukkan sabun pembersih kendaraan bermotor untuk menghemat pengeluaran mencuci kendaraan di luar rumah.

Untuk mengetahui berapa banyak yang harus dibeli untuk pos barang ini, Anda bisa melakukan riset dengan melihat berapa banyak sabun mandi hingga sabun pencuci pakaian yang dibutuhkan di rumah dalam satu bulan.

Anda juga bisa melakukan riset di pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang tersebut dengan harga lebih murah untuk menghemat pengeluaran di pos ini.

Kosmetik atau Produk Kecantikan

Anda juga bisa memasukkan kebutuhan kosmetik atau produk kecantikan di dalam daftar belanja bulanan. Bukan tanpa pasal, Anda bisa melakukan hal tersebut untuk mengontrol pengeluaran di sektor ini.

Pastikan Anda memiliki daftar untuk produk kecantikan yang biasa Anda gunakan seperti sabun cuci muka, pelembab wajah dan tubuh, hingga keperluan lain seperti untuk rambut. Jangan lupa juga untuk memasukkan daftar kebutuhan serupa yang biasa digunakan oleh suami Anda.

Tips Merencanakan Daftar Belanja Bulanan

Belanja dengan Jumlah Banyak

Membeli barang dengan jumlah besar sekaligus bisa diambil sebagai alternatif untuk Anda membuat daftar belanja bulanan menjadi lebih hemat. Harga barang dalam jumlah besar, misalnya lusin atau kodi, umumnya jauh lebih hemat daripada membeli satuan.

Cara ini juga bisa membuat Anda menyimpan barang untuk kebutuhan lebih dari satu bulan sehingga Anda tidak perlu berulang-ulang berbelanja. Namun, pastikan barang yang Anda beli dalam jumlah banyak ini memiliki usia penyimpanan yang cukup panjang.

Bandingkan Harga

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus cermat membandingkan harga di pasaran. Dengan lebih teliti memerhatikan harga di berbagai tempat, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk daftar belanja bulanan.

Gunakan Kartu Member

Saat ini banyak pusat perbelanjaan yang menyediakan kartu member atau anggota untuk para pelanggannya. Anda bisa memaksimalkan keuntungan-keuntungan dari kartu member seperti diskon khusus, poin, hingga cashback.

Bijak Menyikapi Bonus dan Cerdik Memanfaatkan Kupon

Banyak pula pusat perbelanjaan saat ini yang menawarkan beragam bonus dan hadian untuk menggaet loyalitas pelanggannya, namun Anda harus bisa bersikap bijak. Hindari bonus dan hadiah bila salah satu barang yang Anda beli tidak terlalu dibutuhkan.

Biasanya Anda akan mendapatkan iming-iming promo membeli dua barang sejenis dengan satu barang serupa. Anda harus bisa mempertimbangkan apakah barang itu merupakan prioritas utama dalam daftar belanja bulanan Anda.

Sementara itu, Anda bisa memanfaatkan kupon yang didapatkan dari pusat perbelanjaan atau internet. Kupon tersebut akan memberi diskon khusus untuk Anda yang bisa membuat biaya daftar belanja bulanan Anda lebih hemat.

Beli Barang yang Anda Butuhkan

Hal ini menjadi sangat penting untuk Anda agar biaya daftar belanja bulanan tidak membengkak. Pastikan Anda membuat skala prioritas tentang kebutuhan yang paling dibutuhkan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli produk yang belum atau tidak dibutuhkan.

Agar Anda semakin mudah ketika berbelanja daftar kebutuhan bulanan dengan sistem pembayaran yang praktis secara online, Anda bisa menggunakan OCTO Clicks dari CIMB Niaga sebagai pilihan pembayaran. OCTO Clicks merupakan fitur transaksi lengkap yang menghadirkan sebuah perbankan tanpa batas dengan transaksi secara online.


OCTO Clicks juga menawarkan fitur transaksi perbankan lengkap, seperti transfer secara real-time, bayar tagihan lainnya seperti PLN, pulsa, kartu kredit, KTA, dan masih banyak lainnya hanya dengan sentuhan jari. Temukan informasi dan keuntungan tentang OCTO Clicks CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.