www.cimbniaga.co.id production

Apa itu Bank Online? Ini Fitur dan Keunggulannya

 

Saat ini kemunculan bank online di Indonesia semakin berkembang dengan berbagai produk atau layanan yang ditawarkan, bahkan tak sedikit pula bank online yang menghadirkan berbagai penawaran menarik untuk menarik perhatian para nasabah baru. Penggunaan bank online atau bank digital memang jadi pilihan sebagian besar orang di tengah-tengah kebutuhan masa kini yang serba cepat.

Apa Itu Bank Online?

Istilah bank online dan bank digital sering kali diartikan sama, padahal artinya berbeda. Melansir laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), bank online merupakan layanan kegiatan perbankan yang menggunakan sarana elektronik milik bank bersangkutan untuk melakukan berbagai transaksi yang berlaku. Dalam hal ini, bank online dapat diartikan sebagai transaksi perbankan yang berbasis elektronik. Pada bank online, terdapat beberapa layanan atau produk yang ditawarkan, seperti internet banking, OCTO Pay, mobile banking, dan lain sebagainya. 

Sedangkan, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh Bank Umum dijelaskan bahwa bank digital atau digital bank merupakan layanan atau kegiatan perbankan yang menggunakan sarana elektronik atau digital milik bank , dan/atau melalui media digital milik nasabah yang dilakukan secara mandiri. Bank digital memungkinkan para nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan, serta penutupan rekening, termasuk mendapatkan informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan. 

Fitur dan Layanan Bank Online 

Berikut ini beberapa produk dan layanan yang umumnya tersedia pada bank online, di antaranya:

  • Internet banking 

    Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), internet banking adalah fasilitas perbankan yang dapat dinikmati oleh nasabah bank untuk melakukan transaksi melalui jaringan internet kapan saja dan di mana saja. Dengan kehadiran layanan bank online ini, nasabah jadi lebih praktis untuk melakukan transaksi karena tidak perlu lagi membawa dan menghitung uang tunai secara konvensional. Layanan ini pun terbilang aman karena menggunakan PIN atau kode rahasia. 

    Selain itu, kehadiran internet banking juga memudahkan transaksi non finansial (informasi saldo, mutasi rekening, dan lain-lain) dan transaksi finansial (menabung, transfer antar rekening atau bank, pembayaran tagihan, dan lain-lain) tanpa harus datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan. Nasabah cukup menggunakan smartphone dengan akses yang memadai untuk melakukan transaksi. 

    Selain itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menjelaskan setidaknya ada beberapa fitur yang biasanya ditawarkan oleh bank online, khususnya pada layanan internet banking, di antaranya:

    • Informasi rekening dan kartu kredit yang mencakup informasi saldo, riwayat transaksi, hingga daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan berjangka, dan lain-lain. Nasabah juga biasanya bisa melihat informasi kurs di layanan ini.
    • Transfer dana, baik itu antar rekening bank atau antar bank lain.
    • Pembayaran, baik untuk melakukan pembayaran tagihan telepon, kartu kredit, listrik, asuransi, hingga e-commerce. 
    • Notifikasi e-mail untuk setiap transaksi. 
  • Video banking 

    Layanan pada bank online biasanya dihadirkan oleh pihak bank yaitu video banking. Layanan ini memberikan nasabah pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas video banking yang bersangkutan secara virtual. Nantinya petugas bank tersebut dapat melayani dan/atau membantu transaksi finansial atau bahkan keluhan terkait transaksi perbankan Anda. 

    Dengan menggunakan layanan bank online yang satu ini, Anda bisa mengetahui informasi seputar produk dan layanan dari bank tersebut, transfer uang, bayar tagihan, pembelian voucher isi ulang, dan lain sebagainya. 

  • Mobile banking 

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan bahwa mobile banking merupakan salah satu transaksi perbankan melalui smartphone, baik dalam bentuk aplikasi m-banking atau aplikasi bawaan operator seluler. Sama seperti internet banking, layanan bank online yang satu ini cukup praktis digunakan oleh nasabah karena tidak perlu repot membawa dan menghitung uang tunai saat melakukan transaksi seperti transfer. 

    Layanan mobile banking juga terbilang cukup aman karena nasabah baru bisa mengakses aplikasinya setelah mengisi kode akses dan PIN atau password yang sesuai. Dengan begitu, nasabah bisa lebih mudah untuk melakukan transaksi non finansial dan transaksi finansial tanpa harus datang ke kantor cabang bank yang dituju. 

  • Mesin EDC

    Electronic Data Capture atau lebih dikenal dengan singkatan EDC merupakan perangkat elektronik atau mesin yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tanpa tunai. Mesin EDC diterbitkan oleh perbankan dan bisa terkoneksi dengan server perbankan. Dengan adanya mesin EDC, nasabah tidak perlu membawa uang tunai untuk membayar sesuatu. Selain itu, nasabah juga tidak perlu menarik uang tunai terlebih dahulu di mesin ATM. Nasabah cukup menggesekkan atau memasukkan kartu ke mesin EDC untuk melakukan pembayaran.

Keunggulan Bank Online

Memang tak dapat dipungkiri bahwa layanan bank online sangat memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi melalui smartphone. Selain kemudahan ini, ada beberapa keunggulan lain dari layanan bank online, di antaranya: 

  • Lebih efisien

    Dengan adanya layanan bank online, nasabah dan pihak bank sama-sama merasakan keuntungan yang lebih efisien. Nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang bank yang bersangkutan karena cukup melakukan transaksi dari smartphone, transaksi pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tentunya dengan jaringan internet yang memadai. Dengan begitu, segala macam transaksi, baik yang finansial maupun non finansial bisa Anda lakukan dengan lebih efektif dan efisien. Pihak bank juga mendapatkan keuntungan karena bisa melakukan investasi dana untuk pengembangan teknologi.

  • Keamanan terjamin

    Sebagian besar layanan pada bank online memberlakukan kode akses dan PIN/password yang sesuai agar keamanan lebih terjaga. Pastikan Anda tidak menyebarluaskan kode akses dan PIN tersebut ke orang lain. Jika tiba-tiba smartphone hilang, Anda juga bisa langsung menelepon customer service dari bank yang bersangkutan untuk melakukan pemblokiran layanan bank online pada smartphone tersebut. 

  • Ada beragam fitur dan penawaran menarik

    Biasanya layanan bank online menghadirkan beragam fitur dan penawaran menarik untuk para nasabah. Penawaran menarik ini mencakup diskon, cashback, reward point, dan lain sebagainya. Dengan begitu, nasabah juga lebih mudah dan tertarik untuk melakukan transaksi yang praktis melalui bank online. 

Solusi Transaksi Perbankan yang Mudah dan Aman

Salah satu kemudahan transaksi perbankan online yang bisa Anda pilih yaitu OCTO Clicks dari CIMB Niaga. OCTO Clicks menghadirkan sebuah perbankan tanpa batas, Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja hanya dengan beberapa klik. Di dalamnya tersedia beragam fitur transaksi lengkap, mulai dari fitur transfer, bayar tagihan, hingga pembukaan deposito dan reksadana. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan OCTO Mobile dari CIMB Niaga sebagai salah satu layanan bank digital yang menghadirkan berbagai kemudahan. Ada beragam fitur yang bisa digunakan, seperti buka rekening online dengan cashback menarik, bebas biaya transfer ke bank lain, pembayaran dengan QR Code, top up e-wallet, bayar tagihan, tarik dan setor tunai tanpa kartu, investasi, valas, dan lain-lain. Temukan informasi lengkapnya di sini.