www.cimbniaga.co.id production

6 Tips Persiapan Touring yang Aman dan Nyaman

 

 
 
 
 

6 Tips Persiapan Touring yang Aman dan Nyaman

 

Touring adalah sebuah kegiatan sekelompok orang yang menempuh jarak jauh beramai-ramai dengan menggunakan kendaraan dan lebih sering dengan motor. Biasanya jika Anda seorang anggota komunitas atau klub motor tertentu sering melakukan kegiatan touring.Perjalanan jauh ini ke luar kota bahkan lintas provinsi dan biasanya dilakukan untuk dengan momen atau agenda khusus dan spesial di hari besar atau hari jadi, atau penyambutan anggota baru.

Melihat dari pengertiannya, tentu saat melakukannya memerlukan persiapan dan tidak bisa dianggap agenda yang sepele. Faktor jarak yang jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam touring tentu diperlukan rencana dan persiapan yang baik demi keselamatan dan kenyamanan seluruh anggota yang melakukannya.

Ada banyak komunitas motor di Indonesia. Biasanya berdasarkan jenis model atau merek motor tertentu, yang penggunanya membentuk komunitas dan klub tertentu. Identitas komunitas dan klub mereka ini biasanya juga dibuat dalam bentuk pakaian seperti jaket, rompi atau kaos yang kemudian digunakan dalam agenda touring mereka untuk memberikan ciri khas dalam perjalanan.

Risiko Saat Touring

Sampai saat ini mungkin pemahaman Anda mengenai touring adalah kegiatan yang membutuhkan banyak energi dan waktu, tapi kegiatan ini juga termasuk menyenangkan apalagi melakukannya bersama dengan banyak rekan yang memiliki minat yang sama.

Melalui kegiatan touring, Anda juga bisa melihat banyak hal selama perjalanan serta menambah pengalaman baru bersama dengan rekan lainnya. Touring bisa menjadi kegiatan refreshing yang seru. 

Namun ada beberapa risiko yang penting untuk diperhatikan saat melakukan touring. Biasanya, agenda touring banyak dilakukan oleh komunitas atau klub di waktu libur panjang. Meski begitu, biasanya ada beberapa komunitas atau klub memilih malam hari jadi waktu mereka mulai perjalanan. 

Waktu malam hari dipilih biasanya dengan tujuan memotong waktu tempuh berkendara karena tidak terkena jam macet. Hal ini sebaiknya dihindari ya, karena pada dasarnya kemampuan manusia menurun di malam hari sejalan dengan visibilitas yang menurun.

Selain itu, lampu kendaraan lain bisa membuat silau dan menyebabkan efek snow blindness. Kemudian, hanya dengan mengandalkan lampu tentu kemampuan manusia mengukur jarak dengan kendaraan lain akan berkurang. Jadi bisa disimpulkan, waktu touring yang terbaik adalah siang hari.

Selain itu risiko touring yang lainnya adalah berkaitan dengan bagaimana cara berkendara berkelompok. Berkendara dalam kawanan seringkali membuat seseorang jadi lebih percaya diri sehingga sering mengambil risiko yang berlebih. Atur sikap bijaksana dengan tepat supaya saat melakukan perjalanan ini bersama kawanan tetap berjalan lancar dan mengikuti aturan berlalu lintas yang baik. Selain emosi, atur juga posisi kendaraan secara diagonal sehingga selalu berada di belakang pengendara satu grup dan tidak keluar rombongan.

Tips Persiapan Touring

Agar beberapa risiko di atas tidak terjadi, ada banyak persiapan yang perlu dipersiapkan dengan baik dan matang sebelum melaksanakan touring. Mari simak beberapa hal berikut ini:

  1. Menentukan Rute Perjalanan

    Rute perjalanan tentu adalah hal utama dan terutama yang harus ditentukan di awal sebelum melaksanakan touring. Jika sudah ditentukan, Anda perlu melakukan riset dengan baik mulai dari jarak, waktu yang diperlukan, kondisi jalan, fasilitas, bahkan jika memungkinkan riset pula bengkel servis dan tempat pengisian bahan bakar untuk membantu ketika hal-hal yang tidak diinginkan terkait kendaraan bisa ditanggulangi. Selain itu penting untuk mencari informasi mengenai rute alternatif jika dalam perjalanannya terdapat kondisi dimana rute utama tidak dapat dilalui.

  2. Menyiapkan alat komunikasi dan peta petunjuk

    Dalam melaksanakan touring, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan smartphone sebagai alat komunikasi. Sebab sering kali tidak semua jalur punya jangkauan sinyal komunikasi yang selalu baik. Sebaiknya siapkan alat komunikasi seperti HT, atau bluetooth communicator yang biasanya terpasang pada helm. Selain itu, bawa juga peta lembaran dan tidak mengandalkan peta di smartphone saja untuk berjaga-jaga di suatu kondisi tertentu.

  3. Persiapkan kendaraan dengan baik

    Servis kendaraan yang akan dipakai saat touring. Cek ban, gas, klakson, pengapian dan rem masih berfungsi dengan baik. Jika diperlukan, bawa suku cadang penting dan ringan sehingga saat diperlukan Anda sudah memilikinya. Isi bahan bakar penuh sebelum berangkat sehingga tidak memakan waktu selama perjalanan. Selain bagian-bagian dari kendaraan, perhatikan juga surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK untuk selalu dibawa saat touring.

  4. Persiapkan kesehatan fisik dan mental

    Memperhatikan kesehatan diri adalah hal yang penting. Pastikan Anda tidur yang cukup dan makan makanan sehat serta rutin berolahraga untuk mempersiapkan touring jarak jauh. Jika diperlukan bawa vitamin dan obat-obatan ringan. Persiapkan mental juga untuk menghadapi rute dan medan yang baru akan dilalui sehingga dapat terlewati dengan baik.

  5. Membawa barang bawaan secukupnya

    Hitung baik-baik pakaian yang dibutuhkan saat touring. Jangan membawa terlalu banyak barang sehingga menyusahkan diri saat perjalanan. Jangan lupa bawa charger dan power bank yang sangat dibutuhkan selama touring.

  6. Mempersiapkan dana touring

    Sekalipun rute touring terlihat berjarak dekat, memperkirakan dana yang dibutuhkan selama touring penting untuk dilakukan. Sekalipun sudah merencanakan dana touring dengan baik dan tepat, sebaiknya Anda tetap memiliki dana cadangan untuk suatu kondisi tertentu yang mungkin bisa terjadi. 

    Melakukan perhitungan untuk biaya bahan bakar, penginapan, tiket wisata, uang makan, bahkan rencanakan juga biaya servis ketika sudah pulang. Siapkan uang tunai dan juga uang di tabungan sehingga dana touring aman terkendali.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan touring. Selain menyenangkan, touring juga memberikan beberapa keuntungan atau manfaat lain bagi Anda, seperti mengetahui destinasi wisata baru, kenal dengan teman-teman baru, menghilangkan stres, badan jadi lebih aktif, dan lain sebagainya. 

Untuk mempersiapkan dana touring dengan baik, OCTO Savers dari CIMB Niaga hadir sebagai solusi tabungan yang tepat bagi Anda. Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari OCTO Savers, di antaranya bebas biaya bulanan, bebas biaya transfer ke bank lain, bebas biaya tarik tunai di semua jaringan ATM, bebas biaya top up e-wallet, serta kemudahan bertransaksi kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet melalui aplikasi OCTO Mobile.

Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan kemudahan bagi Anda yang ingin menabung harian, mingguan, atau bahkan bulanan untuk raih goal impian Anda. Dalam hal ini, jika Anda sedang membutuhkan alat pendukung untuk mengoptimalkan hobi yang digeluti, Anda bisa menabung menggunakan GOAL Savers agar bisa mengumpulkan uang untuk membeli alat atau barang tersebut. 

GOAL Savers membantu Anda lebih disiplin untuk menabung secara harian, mingguan, atau bulanan untuk mencapai goal impian, setoran yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kemampuan, menabung otomatis dari rekening, dan bisa memantau perkembangan goal impian di GOAL Savers melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri untuk bisa menabung lebih mudah dan aman bersama CIMB Niaga. Temukan informasi lengkapnya di sini

Produk Terkait

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.