www.cimbniaga.co.id production

Menilik Peluang Bisnis Motor Custom yang Menguntungkan

 

 
 
 
 

Menilik Peluang Bisnis Motor Custom yang Menguntungkan

 

Selama beberapa tahun belakangan, tren motor custom sedang diminati oleh sejumlah kalangan. Bahkan, saat ini motor custom sudah bukan lagi digunakan untuk kontes saja, tetapi juga digunakan untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Memodifikasi merupakan salah satu cara untuk merancang atau mengubah motor menjadi berbeda dengan yang lain dan memiliki karakternya tersendiri. 

Kian populernya modifikasi motor ternyata menjadi alternatif bisnis baru karena semakin banyak pula pecinta roda dua mulai menyukai tertarik dengan tampilan dari motor yang sudah dimodifikasi. 

Banyak alasan yang mendasari sebagian orang untuk menyukai motor yang dimodifikasi, salah satunya karena lebih unik dan berbeda dari motor biasa. Tak sedikit pula yang tak mau ambil pusing untuk mengubah motornya secara mandiri. 

Alhasil, banyak di antara mereka yang lebih memilih membeli motor custom sudah jadi, tanpa harus membongkar lagi spare partnya. Itulah mengapa bisnis showroom motor custom semakin dilirik dan peluanganya pun cukup menjanjikan, bahkan bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Bagaimana Tren Motor Custom di Indonesia?

Dunia otomotif di Indonesia memang terus berkembang di setiap tahunnya, termasuk soal motor custom. Bagi sebagian pengendara, motor rakitan ini dibuat untuk menyesuaikan identitas dan jati dirinya sendiri. 

Ada pula yang menganggap motor rakitan membuat tampilan saat mengendara lebih gagah saat melaju di jalanan. Namun, sebenarnya sejak kapan tren motor rakitan ini sudah ada?

Kehadiran motor rakitan sudah ada sejak zaman dahulu. Meski kehadirannya semakin eksis, ternyata perkembangan dunia modifikasi ini pada awalnya terbilang cukup lambat. Hingga awal tahun 2000-an, masih sangat sulit menerapkan kustomisasi secara total pada sepeda motor, padahal saat itu trennya sudah mulai dilirik dan disukai sebagian kalangan. Ternyata kurangnya referensi menjadi salah satu penyebab perkembangan dunia modifikasi lokal melambat. 

Seiring dengan perkembangan era digital dan kemudahan akses informasi untuk mencari referensi, bidang kustomisasi pun bertumbuh dengan baik di Indonesia. Contohnya saja dalam 13 tahun terakhir, tren kustomisasi dan modifikasi sepeda motor terus berinovasi dengan cepat, bahkan bisa merangkul hampir semua model sepeda motor. Apalagi saat ini banyak layanan berbasis digital yang memudahkan para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya secara online. 

Peluang Bisnis Motor Custom di Indonesia

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah sepeda motor yang ada di DKI Jakarta setidaknya mencapai lebih dari 16 juta pada tahun 2021, dengan kenaikan pertumbuhan sekitar 12 persen setiap tahunnya. Jumlah ini baru di dalam satu kota besar, belum lagi digabungkan dengan jumlah motor dari beberapa wilayah kota besar lainnya. Jumlah yang sangat besar inilah yang bisa jadi peluang bagi Anda yang berniat membuka bisnis motor custom.

Melihat peluang yang cukup besar memang terlihat mudah untuk membangun bisnis ini. Meski begitu, untuk merancang motor modifikasi tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berbagai gaya unik nan klasik, mulai dari scrambler, jap style, hingga chopper pun membutuhkan penanganan khusus. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan bisnis motor custom sebagai salah satu lahan pendapatan dalam bidang UKM. 

Industri yang awalnya eksklusif untuk segelintir anak motor ini pun kini mulai dilirik oleh banyak orang dengan beragam latar belakang. Itulah mengapa semakin banyak pelaku bisnis yang mulai melirik usaha motor custom untuk peningkatan finansial. 

Elemen Penting saat Merancang Motor Custom

Guna menunjang bisnis motor custom berjalan sesuai dengan kebutuhan pasar dan tren yang berkembang, maka Anda perlu mengetahui dahulu elemen penting yang harus diperhatikan saat merancang atau membangun motor modifikasi. 

Berikut adalah empat hal yang harus diperhatikan saat merancang motor custom:

  1. Imajinasi

    Sebelum menyediakan beragam jenis motor custom yang dijual ke konsumen, pastikan dulu Anda bisa menentukan konsep yang diinginkan oleh pelanggan. Itulah sebabnya, Anda perlu membayangkan dan memikirkan konsep yang terbaik. 

    Itulah mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, berdiskusi dengan pihak yang sering melihat tren motor custom. Pastikan juga Anda tidak melupakan karakter atau keunikan dari motor modifikasi yang nantinya akan dijual. 

  2. Perhitungan yang tepat

    Saat merencanakan modifikasi motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya keseimbangan antara estetika dan fungsi, kreativitas, serta efektivitas biaya. 

    Pastikan Anda tinjau kembali konsep dan desain motor yang dimodifikasi untuk mengetahui apakah secara estetika motor tersebut akan terlihat menawan. Selain estetika, pastikan juga mengenai fungsi dan efektivitas saat motor digunakan. 

  3. Unik dan identitas

    Keunggulan motor custom dibandingkan motor lainnya adalah identitas dan keunikannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin bisnis motor custom ini diminati oleh banyak kalangan, bahkan kalangan di luar pecinta otomotif, maka Anda perlu menghadirkan identitas yang jelas dan unik dari setiap motor yang dijual. 

Tips Mengembangkan Bisnis Motor Custom

Seperti yang sudah disebutkan, bengkel motor custom menjadi salah satu bisnis UKM yang cukup menjanjikan karena peluangnya sangat besar. Supaya bisnis ini semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, maka Anda perlu memerhatikan beberapa tips berikut ini: 

  • Perluas koneksi dan referensi

    Memodifikasi motor memerlukan referensi yang banyak agar rancangan yang dihasilkan bisa sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain referensi, Anda juga perlu memperluas koneksi agar bisnis yang dijalankan semakin sukses. 

    Selain lokasi yang strategis dan strategi promosi, koneksi yang luas juga sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Salah satu caranya yaitu dengan bergabung ke sejumlah komunitas motor. 

  • Lakukan inovasi

    Modifikasi motor termasuk bisnis yang tidak akan berhenti berkembang. Suatu hal baru mungkin akan berdatangan dan menjadi tren di kemudian hari. Maka dari itu, Anda harus selalu berinovasi dan belajar untuk mengembangkan kemampuan, termasuk saat membuat rancangan motor custom yang sedang diminati oleh banyak orang. 

  • Lengkapi perangkat modifikasi

    Saat mengembangkan bisnis motor custom, itu tandanya Anda harus menyediakan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan. Sebab, peralatan inilah yang menjadi kunci keberhasilan rancangan motor yang dimodifikasi. Akan lebih baik jika Anda sudah menyiapkan peralatan yang lengkap agar memudahkan pekerjaan, termasuk menyiapkan spare part yang dibutuhkan. 

  • Perbanyak sample produk

    Tips mengembangkan bisnis motor custom selanjutnya yaitu membuat sample produk atau portofolio sebanyak mungkin. Sebab, sample produk bisa menjadi salah satu jalan bagi para pelanggan baru untuk tertarik melakukan modifikasi motornya di tempat usaha Anda. 

    Untuk meningkatkan potensi bisnis motor custom, pengembangan merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan. Dalam pengembangan ini, tidak jarang Anda membutuhkan modal yang cukup. Supaya prosesnya berjalan dengan baik, Anda bisa mengajukan Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. 

Pembiayaan Modal Kerja termasuk fasilitas pembiayaan yang dapat memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek demi membantu Anda untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus memudahkan Anda dalam menatausahakan transaksi secara rutin. Fasilitas ini juga memberikan fleksibilitas dengan penawaran tingkat suku bunga yang kompetitif dan tenor selama 12 bulan, serta dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan Anda. Cari tahu informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

Rekening Giro

Giro CIMB Niaga/Giro Islamic Banking (iB) CIMB Niaga hadir menawarkan beragam fasilitas serta keuntungan dalam setiap transaksi Anda baik individu maupun non-individu. Tersedia pilihan Giro Konvensional maupun Giro iB CIMB Niaga dengan pilihan akad Wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil). Dilengkapi dengan keamanan, kenyamanan, serta kemudahan layanan, Giro CIMB Niaga/Giro iB CIMB Niaga siap mendukung untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis Anda.

Virtual Account

Virtual account untuk rekonsiliasi transaksi secara mudah