www.cimbniaga.co.id production

5 Tips Memilih Bengkel untuk Servis Mobil

 

 
 
 
 

5 Tips Memilih Bengkel untuk Servis Mobil

 

Servis mobil adalah hal esensial dalam bagian memiliki kendaraan beroda empat ini. Jangan hanya tahu bagaimana memanfaatkan mobil, namun harus diimbangi dengan bagaimana merawat mobil. 

Servis mobil berkala, tentu memiliki manfaat yang berguna. Tidak hanya bertujuan untuk menjaga kondisi mobil selalu dalam keadaan prima, tapi dengan rajin servis mobil harga jualnya di kemudian hari akan jadi lebih tinggi.

Servis mobil penting untuk dilakukan secara menyeluruh dan rutin. Sehingga ketika ditemukan komponen yang rusak kita bisa segera mengganti atau mengatasi sebelum menjadi kerusakan yang lebih besar atau fatal.

Pada dasarnya servis mobil bergantung pada intensitas penggunaan mobil untuk membantu aktivitas dan mobilitas pemiliknya. Selain itu, bergantung pula pada bagaimana si pemilik merawat mobilnya sejak dari rumah.

Meski digunakan dengan intensitas yang sering namun selalu dirawat dengan baik saat di rumah, hal ini bisa berpengaruh akan banyaknya bagian yang harus diganti atau diatasi dalam servis mobil. 

Cara Merawat Mobil di Rumah:

Berikut adalah beberapa langkah perawatan mobil di rumah yang bisa Anda lakukan:

  1. Memastikan bahan bakar dalam keadaan cukup

    Menurut anjurannya, mobil harus selalu berada dalam kapasitas bahan bakar yang cukup, setidaknya setengah dari kapasitas maksimum bahan bakar. Selain untuk kondisi mesin, membiasakan hal ini akan lebih menghemat waktu karena tidak harus selalu mengisi bahan bakar apalagi saat kondisinya tergesa-gesa.

  2. Memilih lokasi parkir yang aman

    Perawatan mobil di rumah juga dilakukan dari tempat memarkir mobilnya. Perhatikan lokasi parkir untuk kebaikan kondisi bodi eksterior. Hindari lokasi parkir di bawah pohon. Walaupun teduh ada risiko tertetes getah pohon, ada ranting yang patah, sehingga bisa menyebabkan lecet pada cat mobil.

  3. Memastikan area bawah ruang mesin

    Selain lokasi parkir, area bawah atau sisi lantai tempat mobil diparkir perlu diperhatikan. Terutama di bagian bawah ruang mesin.

    Perhatikan jika ada tetesan cairan yang jatuh ke lantai, seperti pelumas mesin, minyak rem, radiator coolant atau cairan lainnya. Jika kondisi ini terjadi, ada baiknya Anda konsultasikan dengan pihak bengkel resmi atau melaporkannya saat servis mobil.

  4. Melakukan rotasi ban

    Saat diparkir beban yang ditanggung oleh ban mobil cukup berat tentunya. Jika kondisinya mobil tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, hal ini dapat menimbulkan masalah tire flat atau permukaan ban yang rata pada satu sisi. 

    Untuk mencegah hal ini, jika mobil tidak digunakan sering, ada baiknya Anda sebagai pemilik meluangkan waktu untuk mengendarai mobil dengan jarak dekat di sekitaran rumah hanya untuk merotasi ban dan tidak bertumpu pada satu bagian saja saat diparkir lagi.

  5. Memanaskan mesin mobil

    Mesin mobil pada dasarnya harus selalu terlumasi dengan baik. Sehingga sangat penting dianjurkan untuk memanaskan mesin mobil setidaknya satu kali dalam rentang dua sampai tiga hari. Selain untuk melumasi mesin, Anda juga bisa memastikan keadaan mobil dilihat dari suara atau getaran yang ditimbulkan. Apakah ada kejanggalan atau masih normal.

  6. Memeriksa kebersihan dan keamanan area ruang mesin

    Meski ada kap mesin, tapi memastikan tidak ada kotoran atau benda asing di dalam mesin mobil penting untuk dilakukan. Bersihkan mesin dari daun kering, kotoran hewan atau sampah lainnya.

    Jika kondisi mesin kotor, maka lama kelamaan hal ini dapat memengaruhi kerja dan keamanan ruang mesin. Selama masih terjangkau, bersihkan mesin dengan baik.

  7. Rajin mencuci mobil

    Diparkir di rumah saja, mobil sangat mungkin terpapar debu dan kotoran. Apalagi jika intensitas pemakaiannya sering. Cobalah mencuci mobil sendiri secara periodik sehingga Anda bisa mengamati kondisi eksterior mobil sekaligus menjaga tampilan cat mobil dengan baik.

  8. Selalu menjaga kebersihan interior mobil

    Kabin mobil penting juga untuk selalu diperhatikan. Bila perlu rutin semprotkan cairan desinfektan untuk kebersihan. Buang sampah yang tertinggal dan jangan lupa rutin menjemur karpet di bawah mobil. Jangan lupa berikan pengharum khusus mobil sehingga udara di dalam tidak lembab.

  9. Selalu mencatat nomor darurat

    Meski di rumah mungkin saja terjadi kejadian yang tidak terduga. Anda perlu memiliki nomor telepon darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu saat membutuhkan servis mobil di rumah.

Tips Memilih Bengkel untuk Servis Mobil

Jika sudah menunaikan semua perawatan mobil di rumah dengan baik untuk meminimalisir banyaknya bagian yang perlu diperbaiki dalam servis mobil, sekarang saatnya Anda memilih tempat servis mobil yang tepat. 

Untuk servis mobil yang berkala penting untuk melakukan servis mobil di bengkel resmi mobil Anda. Sebab pada dasarnya bengkel resmi akan menjamin keaslian suku cadang dan ada jaminan garansi selama servis mobil berlangsung. Selain itu, akan ada rekapan servis mobil yang dicatat di setiap bengkel resmi. Sehingga memudahkan Anda saat mengklaim asuransi dan kondisi mobil selalu teramati dengan baik.

Nah selain itu Anda bisa memperhatikan beberapa hal ini pula ya:

  1. Pilih bengkel untuk servis mobil yang dekat dari rumah untuk menghemat jarak dan waktu.
  2. Pilih bengkel untuk servis mobil yang memiliki fasilitas ruang tunggu yang aman dan nyaman.
  3. Pastikan bengkel untuk servis mobil Anda, memiliki teknisi profesional dan bersertifikat
  4. Pilih bengkel yang memiliki suku cadang lengkap sehingga tersedia ketika saat servis mobil ternyata dibutuhkan penggantian.
  5. Pastikan bengkel untuk servis mobil memiliki standar prosedur dan pengecekan kualitas yang terstruktur dan transparan.

Saat servis mobil tentu ada biaya yang dibutuhkan. Anda perlu mempersiapkannya dengan baik agar dana servis mobil ini tidak mengganggu budget yang lainnya. OCTO Savers dari CIMB Niaga hadir sebagai solusi tabungan yang tepat bagi Anda. Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari OCTO Savers, di antaranya bebas biaya bulanan, bebas biaya transfer ke bank lain, bebas biaya tarik tunai di semua jaringan ATM, bebas biaya top up e-wallet, serta kemudahan bertransaksi kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet melalui aplikasi OCTO Mobile.

Selain itu, agar servis mobil dapat dilakukan dengan optimal dan menyeluruh, Anda bisa merencanakannya dengan menabung menggunakan GOAL Savers agar bisa mengumpulkan uang untuk membeli spare part atau biaya servis mobil tersebut. Anda bisa menabung harian, mingguan, atau bahkan bulanan untuk mewujudkan rencana Anda. 

Dengan begitu, Anda jadi lebih disiplin saat menabung dana untuk meningkatkan performa mobil dan tampilan mobil, setoran rutin fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan barang impian, menabung secara otomatis dari rekening, dan Anda juga bisa memantau perkembangan goal impian di GOAL Savers melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri untuk bisa menabung lebih mudah dan aman bersama CIMB Niaga. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Mastercard Platinum

Bebas biaya iuran tahunan

Syariah Platinum

Rewarding your sharia journey