www.cimbniaga.co.id production

Memahami Peluang Bisnis Kedai Kopi di Masa Kini

 

Kedai kopi memiliki peluang bagus bagi Anda yang berencana merintis bisnis sendiri. Sebab, beberapa tahun belakangan ini tren minum kopi semakin meningkat sehingga tak heran jika kedai kopi semakin bermunculan di mana-mana. Apalagi penikmat kopi tidaklah sedikit, baik remaja, dewasa, atau bahkan yang sudah tua sekalipun menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. Peluang inilah yang harus Anda manfaatkan saat menjalani bisnis kedai kopi kekinian. Dengan pasar yang begitu luas, Anda bisa menyasar siapa saja target konsumen dan hal ini bisa membuat bisnis Anda laris manis. 

Namun, dibalik pasar yang begitu luas, persaingan bisnis kopi di Indonesia justru semakin ketat, sehingga Anda memerlukan strategi jitu agar produk yang Anda jual disukai oleh pelanggan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui kelebihan, risiko, dan faktor pendukung pengembangan bisnis kedai kopi agar mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

Keuntungan Menjalani Bisnis Kedai Kopi

Berikut adalah beberapa keuntungan menjalani bisnis kedai kopi yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Mendapatkan omzet harian

    Sedikit berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis kedai kopi cenderung memudahkan Anda untuk mendapatkan omset atau keuntungan harian. Biasanya omzet harian bisa meningkat saat hari libur atau akhir pekan tiba. Selain itu, faktor jam buka kedai kopi pun bisa mempengaruhi omzet yang Anda dapatkan. Sebab kebiasaan orang minum kopi di pagi hari memungkinkan Anda meraih omset yang lebih besar. Tak heran jika banyak kedai kopi yang sudah buka sejak pagi hari, tepatnya pukul 07:00. Melihat peluang yang cukup menjanjikan ini, Anda juga diharapkan bisa menyusun strategi promosi yang tepat sasaran, misalnya dengan memanfaatkan media sosial. 

  • Perputaran modal yang cepat

    Keuntungan bisnis kedai kopi selanjutnya yaitu perputaran modal yang cepat. Hal ini tentunya berkaitan dengan hasil penjualan dalam sehari. Anda bisa menghitung pemasukan per hari dan pemasukan tersebut bisa diputar lagi sebagai modal untuk keesokan harinya. Sisi positifnya, Anda jadi mengetahui keuntungan dan kerugian yang didapatkan pada hari tersebut agar bisa segera menentukan tindakan evaluasi dan menyusun strategi bila terjadi kerugian. 

    Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan, meskipun perputaran modalnya cukup cepat, Anda juga tetap harus waspada dengan resiko kerugian yang bisa saja muncul. Maka dari itu, bila ada sekali kerugian yang muncul, maka Anda harus segera mengambil aksi. 

  • Target pasar yang luas

    Seperti yang Anda ketahui, bisnis kedai kopi ini memiliki pasar yang sangat luas. Hampir sebagian besar kalangan dapat dipastikan menyukai kopi dan produk olahannya. Oleh karena itu, bisnis kedai kopi termasuk salah satu bisnis yang memiliki pasar luas dan menjanjikan. Namun, untuk meraup untung yang besar, Anda juga harus menyediakan kopi yang nikmat, mengutamakan kualitas, tempat yang nyaman, harga sesuai dengan rasa, serta pelayanan yang baik. 

  • Hanya butuh menu sederhana

    Berbeda dengan bisnis kuliner lain, umumnya kedai kopi hanya menyediakan menu sederhana bagi pelanggannya. Jika Anda ingin memulai bisnis kedai kopi, Anda harus bisa menawarkan menu sederhana yang dikemas secara unik dan modern. Hal ini penting agar bisnis Anda dapat menarik minat calon pelanggan. 

    Selain kopi, Anda juga bisa menyajikan menu sederhana lain, seperti makanan ringan yang cocok untuk menemani waktu ngopi, misalnya dengan menjual cake, kentang goreng, potato chips, dan makanan ringan lainnya. 

Risiko Bisnis Kedai Kopi

Di balik banyaknya keuntungan dari bisnis ini, ternyata ada pula risiko yang bisa saja muncul saat menjalani bisnis kedai kopi. Supaya Anda lebih siap dalam membuka bisnis kedai kopi, berikut risiko yang perlu diperhatikan: 

  • Risiko persaingan pasar

    Seperti yang sudah disebutkan, persaingan bisnis coffee shop semakin tinggi sehingga ini menjadi salah satu risiko yang harus Anda perhatikan. Risiko persaingan pasar ini tidak hanya muncul dari para ‘pemain lama’ yang sudah ada, tetapi juga kedai kopi baru yang sudah menarik perhatian banyak kalangan. Persaingan pasar juga mencakup cafe-cafe yang mungkin akan didirikan dekat lokasi bisnis Anda di masa depan.

    Risiko ini sebenarnya sulit untuk diatasi sepenuhnya, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa mengurangi risiko dengan riset secara tepat. Pastikan lagi apakah di lokasi tersebut sudah ada kedai kopi yang mempunyai target pasar yang serupa? 

    Jika Anda sudah menjalani bisnis ini, Anda masih bisa mengurangi risiko persaingan pasar dengan memberikan pelayanan terbaik, konsistensi rasa, kenyamanan tempat, serta membangun program loyalitas kepada pelanggan. 

  • Risiko tidak punya atau salah konsep

    Sebagian orang datang ke sebuah kedai kopi tidak untuk sekedar minum kopi, tetapi datang untuk menikmati suasana, mencicipi menu lain, mengobrol dengan teman, bekerja, meeting, dan keperluan lainnya. Untuk mendukung hal ini, sebuah kedai kopi harus memiliki konsep yang jelas, apakah kedai kopi yang Anda dirikan cocok dijadikan tempat bekerja? Apakah kedai kopi Anda menyuguhkan keindahan alam sehingga membuat pelanggan nyaman? Pastikan juga konsep yang Anda usung sesuai dengan target pasar dari bisnis ini. 

  • Risiko memilih lokasi

    Lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor penting kesuksesan dari bisnis coffee shop. Semakin strategis lokasinya, maka semakin tinggi pula keinginan orang-orang untuk datang ke kedai Anda. Selain itu, lokasi juga berpengaruh terhadap harga sewa yang harus Anda bayarkan dan berapa banyak target pasar potensial yang didapatkan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset lokasi yang mendalam agar bisa mendirikan kedai kopi di lokasi strategis dan sesuai target pasar. 

  • Risiko salah memilih target pasar

    Saat ini banyak sekali kedai kopi dari brand yang berbeda, baik itu dari luar negeri maupun lokal. Setiap brand memiliki target pasar yang berbeda, sehingga Anda juga perlu memperhatikan target pasar yang jelas. Anda sebaiknya memahami dinamika target pasar yang dipilih, seperti berapa tingkat penghasilan mereka, berapa nominal uang yang mereka belanjakan untuk kebutuhan seperti ngopi di cafe.

Faktor Pendukung Pengembangan Bisnis Kedai Kopi

Melansir laman resmi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), sedikitnya ada enam faktor pendukung pengembangan bisnis kedai kopi, di antaranya produk inovatif dan rasa sesuai dengan lidah konsumen, harga yang kompetitif, tempat yang nyaman dan lokasi strategis, promosi yang tepat dan inovatif, serta inovasi dalam penjualan dan distribusi dengan menggunakan platform ride hailing. Platform ride hailing adalah platform jasa transportasi secara online.

Dengan enam kunci tersebut, diharapkan para pengusaha kedai kopi bisa mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi dan pastinya diterima oleh berbagai kalangan. Sebab, minum kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi generasi millennial dan bukan sekadar minuman penghilang rasa kantuk saja. Maka dari itu, diperlukan riset, strategi, dan inovasi yang tepat agar bisnis berjalan dengan baik.

Untuk meningkatkan potensi bisnis yang Anda miliki di industri perusahaan, pengembangan merupakan salah satu hal yang bisa Anda coba. Dalam pengembangan tersebut, tidak jarang Anda membutuhkan modal. Agar proses pengembangan bisnis terlaksana dengan baik, Anda bisa ajukan Pembiayaan Modal Kerja bersama CIMB Niaga. 

CIMB Niaga menawarkan produk Pembiayaan Modal Kerja sebagai fasilitas pembiayaan yang memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek demi membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin. Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga memiliki fleksibilitas dengan menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. 

Proses tersebut juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.