www.cimbniaga.co.id production

9 Tips Mengembangkan Bisnis Kontraktor Rumah

 

 
 
 
 

9 Tips Mengembangkan Bisnis Kontraktor Rumah

 

Kontraktor rumah adalah pihak yang bertanggung jawab untuk melaksanakan semua atau sebagian pekerjaan konstruksi rumah. Dalam hal ini kontraktor rumah akan bertanggung jawab menyediakan semua material, tenaga kerja, peralatan; termasuk kendaraan dan alat, serta layanan untuk membangun rumah. 

Kata kontraktor ini asalnya dari kata kontrak yang merujuk pada surat perjanjian atau kesepakatan. Dalam perjanjian atau kesepakatan ini akan ditentukan keterampilan atau layanan yang diberikan untuk jangka waktu tertentu.

Peluang Bisnis Kontraktor Rumah

Seiring berjalannya waktu, banyak ditemukan town house, cluster atau komplek rumah yang tersebar di banyak daerah. Dalam hal ini maka sejalan pula dengan kebutuhan kontraktor rumah dalam proyeknya. 

Tidak hanya bergantung pada di sana, pada dasarnya jasa kontraktor rumah selalu dibutuhkan. Karena rumah memerlukan renovasi di periode waktu tertentu dan tidak sedikit orang yang saat merenovasinya membutuhkan desain rumah yang baru mengikuti tren yang sedang ada. 

Bisnis kontraktor rumah ini juga tampak menguntungkan karena tidak hanya bekerja sama dengan satu customer individu, namun bisa juga menjadi partner bisnis untuk developer perumahan yang banyak bermunculan di banyak daerah.

Layanan Kontraktor Rumah

Pada umumnya ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh kontraktor rumah secara umum. Antara lain layanannya adalah beberapa hal berikut ini:

  1. Jasa desain

    Setelah berdiskusi dengan pemilik rumah, kontraktor rumah perlu melakukan survei lahan. Prosesi selanjutnya adalah kontraktor rumah akan memberikan jasa desain proyek secara detail interior dan eksterior. Desain ini akan dibuat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan dan budget pemilik rumah.

  2. Bangunan dan material

    Kontraktor rumah wajib bertanggung jawab penuh terhadap pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi, dan pembuatan sumur resapan. Jika diperlukan, kontraktor akan memanfaatkan berbagai alat berat demi kelancaran proyek.

  3. Renovasi

    Dalam layanan ini, kontraktor rumah akan melakukan renovasi atau remodeling seperti pembongkaran dan perbaikan bangunan. Bahkan, kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas bangunan.

Tips Mengembangkan Bisnis Kontraktor Rumah

Buat Anda yang saat ini baru ingin mengembangkan atau tengah menjalankan bisnis kontraktor rumah, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengumpulkan banyak pengalaman

    Bisnis kontraktor rumah akan menjadi sukses jika disertai dengan bekal pengalaman yang cukup. Mulai dari mengerjakan proyek rumah yang minimalis, sederhana, hingga mewah. Dengan banyaknya referensi ini akan menumbuhkan kepercayaan yang tinggi bagi calon client.

  2. Menentukan Nama

    Nama adalah doa, jadi wajib bagi Anda menentukan nama jasa kontraktor rumah dengan pilihan yang tepat. Pilih nama yang padat dan tidak terlalu panjang sehingga mudah untuk diingat oleh banyak orang.

  3. Merancang Rencana Bisnis

    Meski sudah jelas kontraktor rumah punya layanan apa saja, penting bagi Anda menyiapkan rencana bisnis selama periode tertentu. Hal ini untuk memberi arah berjalannya bisnis dengan evaluasi pada periode tertentu untuk menilai hasil kerja dan melihat sisi mana yang perlu dikembangkan. Jika perlu buat target tertentu sehingga selalu ada arah yang jelas dari berjalannya bisnis ini di perjalanannya.

  4. Memastikan Izin Usaha

    Legalitas perizinan bisnis kontraktor rumah diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan. Sebagai bentuk legalnya Anda bisa memilih untuk mendirikan suatu CV atau PT. Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), CV itu ialah perusahaan yang tidak memiliki aturan badan hukum yang terlalu ketat. Sementara suatu PT atau Perseroan Terbatas adalah perusahaan yang memiliki aturan badan hukum yang cukup ketat diatur.

  5. Melakukan promosi offline

    Penting untuk membuat spanduk atau neon box di kantor kontraktor rumah milik Anda supaya banyak orang bisa melihat dengan jelas. Cantumkan juga semua kontak mulai dari nomor telepon, e-mail bahkan website untuk mempermudah calon klien mencari tahu lebih banyak perusahaan kontraktor rumah milik Anda. Jangan lupa lengkapi dengan company profile dan brosur yang menjelaskan dengan rinci apa saja layanan kontraktor rumah Anda.

  6. Melakukan promosi online

    Bukan hal yang tidak mungkin untuk mengembangkan bisnis kontraktor rumah menggunakan media online. Anda bisa melakukan beberapa hal seperti:

    • Membuat dan mengoptimalkan website bisnis
    • Mengoptimalkan penggunaan sosial media
    • Minta ulasan dari pelanggan
    • Menggunakan Google Maps dan Google My Business
    • Melakukan endorse dengan influencer yang sesuai
  7. Membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak 

    Hubungan yang baik harus dibangun mulai dari kepada pemasok, klien, dan juga arsitek. Untuk membangun relasi yang kuat, sebaiknya, selesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan dengan kualitas yang baik. Sehingga, pihak luar tersebut memiliki keinginan kembali untuk bekerja sama lagi.

  8. Menjaga kualitas dan reputasi

    Langkah ini adalah cara yang paling jelas untuk menjaga bisnis kontraktor rumah yang Anda lakoni. Kualitas harus dijaga sejak awal sehingga nama baik terjaga dan menyebar dengan baik. Caranya, coba kenali terlebih dahulu kepribadian Anda sebagai dasar untuk membangun reputasi.

  9. Memastikan pinjaman usaha industri

    Salah satu tips mengembangkan bisnis kontraktor rumah yaitu mempertimbangkan pinjaman usaha. Bisnis kontraktor rumah memerlukan biaya dan investasi yang sudah cukup besar sejak memulainya. Anggaran dana yang Anda harus siapkan diantaranya dana untuk pembelian bahan baku material, pembayaran sub kontraktor, serta membayar tenaga kerja.

Dengan adanya suatu pinjaman usaha maka hal ini sedikit banyak akan meringankan dan bisa menjamin kelancaran perputaran uang di dalam bisnis jasa konstruksi tersebut agar nantinya bisa berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Untuk memaksimalkan pengembangan bisnis kontraktor rumah, penambahan modal merupakan salah satu upaya yang bermanfaat. Oleh karena itu CIMB Niaga menawarkan produk Pembiayaan Modal Kerja agar Anda bisa lebih mudah merealisasikan proses pengembangan bisnis saat ini. 

Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga adalah sebuah fasilitas pembiayaan yang bertujuan untuk membantu Anda dalam pemenuhan kebutuhan modal kerja jangka pendek demi membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik. 

Selain itu, dengan mengajukan Pembiayaan Modal Kerja akan mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin. Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga memiliki fleksibilitas dengan menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. 

Proses tersebut juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

Asuransi Kesehatan Kumpulan

Memberikan perlindungan asuransi secara khusus dengan menanggung biaya perawatan atau kesehatan karyawan bila terjadi gangguan kesehatan seperti menderita penyakit atau mengalami kecelakaan. Asuransi kumpulan didaftarkan oleh perusahaan untuk diberikan kepada karyawan sebagai employee benefit. Asuransi kesehatan kumpulan dapat didaftarkan dengan jumlah kepesertaan minimal 3 orang karyawan.

Pembayaran Pajak

Layanan Pembayaran Pajak dan penerimaan negara lainnya seperti Cukai (termasuk ekspor dan impor) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Terhubung langsung dengan sistem Modul Penerimaan Negara yang dimiliki pemerintah dengan sistem keamanan yang berlapis sehingga proses pembayaran bisa dilakukan lebih efektif dan efisien.  

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan