production

Cara Mengelola Keuangan yang Efektif Selama Masa Pandemi

 

 
 
 
 

Cara Mengelola Keuangan yang Efektif Selama Masa Pandemi

 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda harus mengetahui cara mengelola keuangan. Dengan kata lain, Anda juga dituntut untuk pandai mempraktikan cara mengelola keuangan. Pandemi yang membuat berbagai hal menjadi sulit dalam beberapa waktu ke belakang, menuntut kita untuk bisa lebih efektif dalam mengelola keuangan.

Jika tidak bisa mengaplikasikan cara mengelola keuangan, hal ini akan berpotensi membuat Anda kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

Tidak hanya itu, harga dari bahan pokok dan kebutuhan hidup lainnya juga semakin meningkat setiap tahunnya. Sementara jumlah pendapatan kita cenderung stagnan. Oleh sebab itu sangat penting untuk Anda bisa mengaplikasikan cara mengelola keuangan dengan sebaik mungkin.

Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar? Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan secara efektif.

Cara Mengelola Keuangan: Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Cara mengelola keuangan yang pertama adalah memahami apa itu kebutuhan dan keinginan. Bagi Anda yang sudah berkeluarga atau masih lajang, sudah pasti ada kebutuhan-kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Contohnya kebutuhan untuk keperluan sehari-hari seperti makan hingga alokasi pendidikan apabila Anda sudah memiliki buah hati. Namun, pada praktiknya, cara mengatur keuangan tidak hanya digunakan untuk kebutuhan yang bersifat wajib melainkan juga digunakan untuk belanja yang berdasar dari keinginan semata.

Terkadang kita malah mengalokasikan dana lebih banyak bukan pada kebutuhan tapi keinginan. Padahal, banyak dari keinginan kita yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan. Contohnya seperti membeli fesyen terbaru, gadget terkini, liburan, hingga barang-barang lainnya yang bersifat sekunder dan tersier yang bisa memakan dana tidak sedikit.

Meski begitu, semua hal tersebut tidak dilarang untuk dipenuhi. Artinya, Anda baru boleh mengalokasikan dana untuk hal-hal tersebut setelah kebutuhan primer. Apa saja kebutuhan primer? Yang pertama jelas kebutuhan untuk hidup sehari-hari seperti makan, transportasi, ataupun cicilan rumah.

Jadi, cara mengelola keuangan yang pertama perlu Anda lakukan adalah pahami perbedaan kebutuhan dan keinginan. Penuhi dulu kebutuhan utama Anda baru alokasikan keuangan untuk keinginan pribadi yang lainnya.

Cara Mengelola Keuangan: Hitung Seluruh Pendapatan

Untuk cara mengelola keuangan yang efektif, yang perlu Anda lakukan adalah menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama satu bulan. Pendapatan yang dimaksud di sini bukan hanya dari penghasilan gaji bulanan, tapi juga termasuk insentif yang Anda dapat bila menerima upah lembur hingga keuntungan bila Anda berinvestasi, atau mengambil proyek freelance.

Ini penting dilakukan agar Anda bisa membagi alokasi penghasilan yang Anda miliki ke kebutuhan yang harus Anda penuhi. Ingat, yang pertama harus dipenuhi adalah kebutuhan yang bersifat primer. Dengan menghitung seluruh pendapatan, cara mengelola keuangan menjadi lebih mudah.

Cara Mengelola Keuangan: Buat Daftar Pengeluaran Prioritas Bulanan

Cara mengelola keuangan berikutnya adalah membuat daftar pengeluaran prioritas selama sebulan. Daftar ini membantu Anda dalam cara mengelola keuangan secara efektif. Dengan membuat daftar prioritas, alokasi dan pengeluaran dana menjadi lebih tertata.

Pengeluaran yang masuk daftar prioritas antara lain biaya makan sehari-hari, belanja dapur, tagihan listrik, tagihan air, biaya transport kerja, pendidikan anak apabila sudah memasuki usia sekolah jika Anda sudah berumah tangga dan memiliki Anda, hingga cicilan kendaraan atau rumah.

Selain membantu cara mengelola keuangan, daftar ini akan menjadi pengingat bahwa kebutuhan prioritas harus terpenuhi terlebih dahulu baru kemudian bisa dialokasikan untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

Cara Mengelola Keuangan: Siapkan Dana Darurat

Cara mengelola keuangan berikutnya adalah mempersiapkan dana darurat. Dalam menjalani kehidupan tidak semuanya bisa berjalan mulus sesuai yang direncanakan. Banyak hal yang tiba-tiba saja terjadi di luar rencana Anda.

Contoh yang sering terjadi adalah musibah seperti kecelakaan, PHK, hingga krisis ekonomi yang berskala besar, atau juga kondisi sulit karena pandemi seperti sekarang. Apabila salah satu dari hal tersebut terjadi, maka sumber penghasilan Anda bisa saja terganggu bahkan bisa lebih buruk dari itu. Saat itulah manfaat memiliki anggaran dana darurat bisa dirasakan.

Untuk itu, sebagai cara mengelola keuangan yang penting bagi Anda adalah untuk mempersiapkan dana darurat. Caranya, selain untuk kebutuhan pokok, sisihkan sebagian dari penghasilan Anda setiap bulan untuk dana darurat. Besarannya relatif bisa 10-30 persen dari penghasilan yang Anda dapat tiap bulannya. Ingat, uang yang Anda sisihkan setiap bulan adalah untuk dana darurat yang hanya digunakan sewaktu-waktu atau dalam keadaan darurat.

Cara Mengelola Keuangan: Hindari Pembelian dengan Sistem Cicilan

Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah menunda keinginan untuk membeli barang yang belum dibutuhkan. Tunda dulu juga keinginan punya handphone baru atau barang lainnya yang dikira tidak terlalu penting, walaupun pilihan pembayaran ada yang bersistem cicilan.

Di saat kondisi pandemi seperti saat ini, berhemat dan menyimpan setiap uang jauh lebih penting daripada membeli sesuatu yang bersifat tersier adalah langkah yang tepat dalam cara mengelola keuangan.

Meski Anda sudah memiliki tabungan atau dana darurat untuk membeli hal ini, lebih baik jika Anda menunda keinginan tersebut sampai masa kritis selesai. Cara mengelola keuangan ini bisa Anda lakukan juga dengan cara menjauhkan atau menyimpan terlebih dulu kartu kredit atau apa pun yang bisa memicu keinginan untuk berbelanja.

Cara Mengelola Keuangan: Alokasikan untuk Tabungan, Asuransi, dan Investasi

Selain mengalokasikan penghasilan untuk dana cadangan atau darurat, Anda juga perlu mengalokasikan penghasilan untuk keperluan di luar kebutuhan rutin. Antara lain pengeluaran untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Ketiganya termasuk dalam cara mengelola keuangan yang baik.

Ketiganya memiliki manfaat yang tidak sedikit. Asuransi bermanfaat untuk melindungi diri dari biaya kesehatan. Sementara investasi bisa digunakan sebagai tabungan jangka panjang sehingga uang yang Anda miliki tidak habis begitu saja. Untuk tabungan, seperti kita ketahui, jelas berguna untuk keperluan saat ini dan masa depan. Penghasilan yang Anda simpan di tabungan bisa digunakan untuk pengeluaran sehari-hari ataupun keperluan mendadak.

Saat memutuskan untuk menabung, Anda harus mengetahui tempat terbaik untuk menyimpan uang yang Anda miliki, yakni bank. Menabung di bank selain memiliki beberapa keuntungan juga menjamin keamanan uang yang Anda miliki. Selain itu, dengan menabung di bank, pengeluaran keuangan Anda bisa lebih mudah terpantau dan terkontrol.

Tak perlu ragu memilih di mana bank Anda bisa menyimpan uang. Saat ini, banyak bank yang menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan dalam membuat tabungan maupun berinvestasi. Salah satunya Bank CIMB Niaga.

Di CIMB Niaga, ada beragam jenis tabungan yang ditawarkan. Anda bisa menentukan jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan dan dapatkan berbagai keuntungan seperti bebas biaya admin, tarik tunai, dan transfer serta kesempatan meraih bonus Poin Xtra. Tertarik untuk dengan layanan tabungan di CIMB Niaga? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jenis tabungan CIMB Niaga lainnya serta syarat dan ketentuan berlakunya silakan klik di sini.

Produk Terkait

Tabungan CIMB Niaga Xtra

Kini dengan XTRA PROTEKSI, Anda dapat mempersiapkan diri Anda dan keluarga dengan perlindungan menyeluruh untuk Asuransi Jiwa & Asuransi Kesehatan secara GRATIS melalui Tabungan CIMB Niaga.

Fortuna Golden Plan

Merupakan produk asuransi jiwa yang senantiasa melindungi Anda dan keluarga dari berbagai risiko tidak terduga yang bisa saja muncul dalam langkah menuju masa depan. Melalui produk ini, Anda akan mendapatkan proteksi jiwa yang tepat sekaligus jaminan atas berbagai risiko yang muncul, sehingga Anda dan keluarga leluasa mengejar cita-cita dan terlindungi dengan baik.

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.