production

Berapa Tabungan Haji Setiap Bulan? Begini Hitungannya

 

 
 
 
 

Berapa Tabungan Haji Setiap Bulan? Begini Hitungannya

 

Menapakkan kaki di tanah suci sekaligus melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu impian bagi siapapun yang ingin menunaikan serta menyempurnakan kewajiban sebagai umat muslim dalam ajaran agama Islam. Namun, melangsungkan ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan biaya yang relatif besar. Untuk berangkat ke Tanah Suci, tentunya Anda memerlukan biaya ongkos pesawat pulang-pergi dan biaya akomodasi selama Anda melaksanakan ibadah di sana. 

Biaya untuk melaksanakan ibadah haji saat ini dimulai dari kisaran Rp 35.000.000-an. Dari estimasi biaya tersebut, Anda dapat melakukan simulasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi tabungan haji Anda. Jika Anda memilih skema pencapaian dana hingga 3 tahun, maka Anda setiap bulannya dapat mengalokasikan dana kurang lebih sekitar Rp 970.000-an per bulannya, dengan catatan Anda membayar setoran awal di angka Rp 300.000-an 

Tips dalam memiliki tabungan haji

Sebagai sebuah impian, tentu alangkah baiknya jika dapat terealisasi. Untuk membantu Anda dalam merealisasikan impian beribadah di Tanah Suci, Anda bisa mempersiapkan tabungan umroh dan haji terlebih dahulu.

  1. Temukan info rinci tentang biaya haji

    Sebelum Anda memutuskan untuk memiliki tabungan haji, akan lebih bijak jika Anda melakukan riset ataupun survey terlebih dahulu terkait biaya yang dibutuhkan. Melakukan riset sebelum membuka tabungan haji dapat memudahkan Anda dalam melakukan kalkulasi serta simulasi yang dibutuhkan. Sehingga Anda akan mempunyai gambaran yang sesuai dalam menentukan jadwal sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

    Untuk menemukan info rinci terkait biaya haji yang dibutuhkan, Anda bisa langsung mendatangi agen travel haji dengan reputasi terbaik di kawasan Anda. Sebagai alternatif, sebelum mulai membuka tabungan haji, Anda juga bisa menanyakan biaya haji yang dibutuhkan, mulai dari ongkos, akomodasi, serta biaya hidup sehari-hari kepada anggota keluarga, kerabat, atau teman yang sudah pernah menunaikan ibadah di Tanah Suci. Catat segala informasi yang diberikan secara detail. Hal ini diperlukan, tidak hanya agar Anda terhindar dari misinformasi, namun juga sebagai panduan Anda sebelum dan sesaat Anda melakukan ibadah haji nanti.

  2. Mantapkan niat dalam beribadah

    Tujuan utama Anda dalam memiliki tabungan haji adalah beribadah. Oleh karena itu, pastikan bahwa niat Anda memang sudah mantap untuk beribadah ke Tanah Suci. Hal ini diperlukan, agar Anda semata-mata ingin membuka tabungan haji memang untuk melaksanakan kewajiban Anda sebagai seorang muslim yang taat. Selain itu, dengan niat yang kuat, Anda pun akan lebih mudah dan ikhlas untuk dapat mengalokasikan dana ke dalam tabungan haji yang Anda miliki. Dengan niat yang mantap dan perhitungan tabungan haji yang tepat, akan hadir keniscayaan untuk Anda dapat pergi ke Tanah Suci lebih cepat.

  3. Membuka tabungan haji yang sesuai

    Demi melancarkan impian Anda untuk dapat pergi beribadah ke Tanah Suci dengan aman, tentu Anda harus mempersiapkan sebuah tabungan haji khusus. Memiliki tabungan haji secara skema menabung sama saja dengan Anda menabung pada umumnya. Anda mengalokasikan dana secara berkala untuk memenuhi segala yang Anda perlukan untuk melancarkan rencana Anda berangkat ke Tanah Suci. 

    Dalam membuka tabungan haji, Anda perlu teliti dalam menentukan tawaran program-program yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga Anda telah mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap saat hendak membuka tabungan haji. Pelajari tentang skema alokasi tabungan yang ditawarkan agar tidak mengganggu kondisi finansial Anda untuk dibutuhkan pada pos lainnya. Selain itu, pelajari juga mengenai fitur tambahan, keuntungan, serta kemudahan dalam bertransaksi pada tabungan haji yang akan Anda miliki. 

  4. Atur keuangan dengan baik

    Niat yang kuat tentu akan sulit terealisasi jika Anda tidak melakukan aksi yang dapat membuat impian Anda jadi nyata. Apalagi untuk melaksanakan ibadah haji. Sesaat Anda memiliki tabungan haji, agar Anda tetap bisa menabung dengan cermat dan rutin, pastikan bahwa Anda bersedia untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting. Karena biaya yang dibutuhkan dalam menunaikan ibadah haji cukup besar, maka kedisiplinan diri dalam mengatur pengeluaran dan gaya hidup sangat berpengaruh dalam meningkatkan kesempatan Anda berangkat lebih cepat melalui dana yang ada di dalam tabungan haji Anda. 

    Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan demi menjaga tabungan haji tetap terisi dengan lancar adalah mengurangi atau menghentikan konsumsi kopi yang biasa dibeli di kedai-kedai kopi ternama. Sebagai alternatif, Anda bisa tetap menikmati kopi kesukaan Anda dengan cara membuatnya di rumah atau menyiapkan bahan-bahan kopi untuk diseduh di kantor. Selain itu, kurangi juga makan siang di luar. Akan lebih baik, jika Anda membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan siang di kantor. Manfaat yang bisa Anda dapatkan selain makanan yang lebih sehat untuk tubuh Anda, tentu juga dapat menjaga kondisi tabungan haji Anda tetap sesuai rencana.

Mulai menabung dan berangkat sedari dini

Memang kesempatan untuk berangkat haji ini hadir untuk siapa saja. Tua maupun muda. Namun, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan segalanya sedini mungkin. Mulai dari membuka tabungan haji sebagai prioritas Anda di saat Anda masih berumur relatif muda serta masih aktif dan produktif. Ada dua alasan mengapa Anda harus mempersiapkan ibadah haji Anda dari sekarang.

  1. Tubuh yang sehat dan prima

    Di umur yang relatif muda, tentu Anda masih memiliki tingkat kesehatan dan ketahanan tubuh baik. Kondisi tubuh yang prima akan memudahkan Anda dalam menunaikan segala rangkaian ibadah haji dengan nyaman. Kenyamanan tersebut tentunya akan berimbas pada pengalaman yang lebih memuaskan saat berada di Tanah Suci

  2. Kondisi finansial yang berkembang dan waktu yang fleksibel

    Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat melaksanakan ibadah haji di usia yang relatif muda adalah kondisi finansial yang terus berkembang. Kondisi finansial yang masih berkembang serta tanggungan yang belum terhitung banyak, memudahkan Anda dalam menentukan prioritas serta mengalokasikan dana yang ideal pada tabungan haji yang Anda miliki. Dalam aspek waktu pun, Anda akan sangat leluasa memilih jadwal sesuai yang Anda inginkan saat menentukan target keberangkatan ketika membuka tabungan haji. 

    Jika Anda sudah mulai ingin memantapkan hati dan niat dalam membuka tabungan haji untuk kesempurnaan ibadah Anda, kini saatnya menentukan tabungan haji yang sesuai untuk Anda. Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah bisa jadi solusi dari kebutuhan yang Anda cari untuk tabungan haji Anda. Keuntungan memiliki Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah adalah, bebas biaya administrasi bulanan. Selain itu, dengan membuka Tabungan iB Pahala, Anda akan langsung mendapatkan nomor antrian haji yang terkoneksi dengan SISKOHAT Kementerian Agama Republik Indonesia.

Memilih Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah sebagai tabungan haji juga akan memberikan kemudahan Anda saat bertransaksi di Tanah Suci nantinya. Nikmati transaksi tarik tunai bebas biaya di berbagai jaringan ATM Mastercard/Cirrus yang tersebar di seluruh Arab Saudi. Dalam mempermudah kebutuhan transaksi di Tanah Suci, Anda dapat memilih mata uang dolar Amerika (USD). Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah juga terkoneksi dengan OCTO Mobile dan OCTO Clicks, sehingga Anda dapat memantau keuangan tabungan haji Anda di manapun dan kapanpun. Temukan info lengkap mengenai tabungan haji terbaik untuk Anda di sini!

Produk Terkait

Tabungan iB Pahala

Wujudkan beragam impian menjalankan kehidupan penuh kebaikan dengan keluarga tercinta. Nikmati bagi hasil optimal serta dapatkan nomor haji yang online dengan fasilitas SISKOHAT