production

Bayar BPJS Kesehatan Rutin? Nikmati 4 Manfaat Ini

 

 
 
 
 

Di masa pandemi seperti saat ini, kesehatan jadi isu yang cukup penting untuk selalu diingat. Kehadiran BPJS Kesehatan adalah salah satu upaya yang baik demi menjaga kesehatan seluruh warga negara Indonesia dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, bayar BPJS Kesehatan secara rutin dan tepat waktu merupakan salah satu upaya dalam menjaga hak mendapatkan fasilitas kesehatan yang mumpuni untuk digunakan kapan saja dan di mana saja.

Bayar BPJS Kesehatan merupakan sebuah hal wajib yang dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia yang memiliki fasilitas BPJS Kesehatan. Berbicara tentang BPJS Kesehatan, sebelum mengetahui tentang mekanisme bayar BPJS Kesehatan ada baiknya untuk mengenal lebih dulu mengenai salah satu program kesehatan masyarakat dari Pemerintah Indonesia tersebut. 

 

Pengertian BPJS Kesehatan

Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan atau yang lebih dikenal dengan secara umum dengan nama BPJS kesehatan merupakan sebuah layanan penjaminan sosial yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Layanan jaminan sosial dalam aspek kesehatan ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses kesehatan pada seluruh rakyat Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia memiliki kewajiban untuk ikut serta menjadi peserta atau pemegang jaminan layanan BPJS kesehatan. Tidak hanya berlaku bagi warga negara Indonesia, warga negara asing atau WNA pun wajib memiliki layanan BPJS Kesehatan bagi mereka yang telah menetap di Indonesia selama kurun waktu 6 bulan. Dengan kewajiban tersebut, maka bayar BPJS Kesehatan perlu dilaksanakan agar setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan layanan kesehatan yang terjamin. 

Jaminan kesehatan yang baik tentu tidak hadir secara gratis. Layaknya asuransi, BPJS Kesehatan juga mewajibkan para pesertanya atau pemilik manfaatnya untuk membayar iuran setiap bulan. Oleh karena itu, melalui kehadiran BPJS Kesehatan, pemerintah ingin memberi kepastian bahwa seluruh orang di Indonesia bisa terlindungi dengan jaminan kesehatan yang adil, komprehensif, dan merata. Kepastian tersebut akan bisa terlaksana jika seluruh peserta penerima layanan kesehatan mampu bayar BPJS Kesehatan secara rutin dan teratur. 

Layanan kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini cukup menarik minat masyarakat. Pasalnya, biaya iuran atau tagihan bayar BPJS Kesehatan dalam satu bulan yang ditangguhkan untuk para penerima manfaat program ini terbilang lebih murah dari biaya asuransi. Dari segi transaksi iuran, Anda pun bisa bayar BPJS Kesehatan secara online. Bayar BPJS Kesehatan secara online ini tidak hanya berlaku menggunakan transaksi melalui offline atau online merchant saja. Banyak kanal yang bisa Anda pilih untuk dapat melakukan bayar BPJS Kesehatan secara online. Anda bisa melakukan bayar BPJS Kesehatan secara online melalui internet banking, salah satunya adalah dengan melalui OCTO Clicks.

 

Manfaat BPJS Kesehatan bagi Anda

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk terus diperhatikan dan dijaga. Jika tidak dijaga dengan baik, maka hal kesehatan akan sangat mudah memengaruhi produktivitas dalam kegiatan sehari-hari sehingga terjadi penurunan. Jika sudah terpengaruh oleh dampak negatif dari kesehatan, maka bisa saja segala rencana yang telah Anda persiapkan bisa jadi terbengkalai dan harus dirancang ulang dan membutuhkan waktu yang lama. Sebagai peserta yang aktif bayar BPJS Kesehatan secara rutin, penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat-manfaat yang ditawarkan pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh pihak Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan.

1. Tagihan bulanan yang terjangkau

Bagi Anda yang merupakan peserta yang rutin bayar BPJS Kesehatan, Anda tentu mengetahui tentang tagihan bulanan dengan nilai yang terjangkau dibebankan pada Anda setiap bulannya. Jika dibandingkan dengan jaminan kesehatan dari pihak layanan lainnya, BPJS Kesehatan menawarkan  beban tagihan bulanan yang paling terjangkau hingga saat ini, sehingga mempermudah Anda dalam urusan bayar BPJS Kesehatan secara rutin.

Tagihan bulanan yang dibebankan kepada Anda terkait bayar BPJS Kesehatan ini memiliki rincian yang bervariasi. Variasi harga bayar BPJS Kesehatan ini mengacu pada perhitungan berdasarkan kelas jaminan yang Anda pilih. Jika Anda masuk ke dalam kategori kelas 1, maka tagihan bayar BPJS Kesehatan yang perlu Anda bayar saat ini adalah Rp 150.000. Sedangkan Anda yang terdaftar sebagai penerima layanan BPJS Kesehatan kelas 2, setiap bulannya anda perlu bayar BPJS Kesehatan yang dimiliki dengan besaran Rp 100.000. Lalu untuk penerima layanan kelas 3, besaran bayar BPJS Kesehatan yang ditangguhkan adalah sebesar Rp 35.000. Tarif bayar BPJS Kesehatan tersebut berlaku per Januari 2021 menurut Perpres Nomor 64 tahun 2020.

Perlu diingat bahwa nominal bayar BPJS Kesehatan tersebut berlaku untuk satu nama yang dihitung dari anggota yang terdaftar dalam kartu keluarga Anda. Jika Anda memiliki 5 nama yang terdaftar dalam kartu keluarga, maka besaran tagihan bayar BPJS Kesehatan tersebut perlu dikali 5. Total hasil perkalian tersebut nantinya akan masuk sebagai tagihan keseluruhan untuk bayar BPJS Kesehatan setiap bulannya.

2. Medical check up tidak diwajibkan untuk daftar

BPJS Kesehatan juga menawarkan keuntungan lainnya yang tidak dimiliki dengan layanan jaminan kesehatan lainnya. Keuntungan ini adalah, Anda tidak perlu melampirkan hasil medical check up ketika mendaftar jadi peserta pelayanan BPJS Kesehatan. Keuntungan tersebut dihadirkan agar layanan kesehatan masyarakat inisiasi pemerintah ini mampu memberikan kesempatan bagi seluruh penduduk Indonesia dari berbagai kalangan untuk ikut serta merasakan manfaat dari BPJS Kesehatan

Selain itu, layanan jaminan kesehatan di luar BPJS Kesehatan biasanya akan menghitung premi atau biaya bulanan pada Anda berdasarkan hasil medical check up dan umur. Namun, BPJS Kesehatan mengadopsi sistem yang lebih adil dan setara bagi para pesertanya. Oleh karena itu, pembagian besaran tagihan bayar BPJS Kesehatan dihitung berdasarkan kelas yang dipilih. 

3. Proteksi kesehatan seumur hidup

Keuntungan lainnya jika Anda merupakan seorang peserta yang melakukan bayar BPJS Kesehatan secara rutin, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan proteksi layanan kesehatan seumur hidup. Proteksi seumur hidup yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan ini akan memberikan rasa aman bagi Anda, selaku peserta dan masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan akses atau pertolongan kesehatan di saat-saat genting dan mendadak. Bagi Anda yang bayar BPJS Kesehatan secara rutin secara rutin, Anda akan dapat menikmati jaminan proteksi seumur hidup BPJS Kesehatan di mana saja dan kapan saja.

4. BPJS Kesehatan Menanggung Hampir Semua Jenis Penyakit

Demi memberikan proteksi secara menyeluruh, BPJS Kesehatan juga menawarkan kelebihan yang bermanfaat bagi seluruh pesertanya yang rutin melakukan bayar BPJS Kesehatan. Kelebihan yang ditawarkan bagi para peserta yang rutin bayar BPJS Kesehatan tersebut hadir dalam bentuk proteksi jaminan kesehatan yang dapat menanggung hampir seluruh jenis penyakit. Informasi tersebut tentu akan memberi rasa lega bagi Anda sebagai peserta yang bayar BPJS Kesehatan secara rutin. Rasa lega tersebut hadir karena Anda memahami bahwa BPJS Kesehatan menawarkan jaminan yang sifatnya menyeluruh atau holistik.

Meskipun mampu menanggung hampir seluruh jenis penyakit, ada beberapa hal yang perlu jadi catatan bagi Anda selaku peserta yang aktif bayar BPJS Kesehatan secara rutin. Layanan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tidak menanggung jaminan kesehatan yang memiliki sifat, estetis, alternatif, infertilitas, dan juga komplementer. Informasi mengenai tanggungan layanan kesehatan BPJS Kesehatan mengacu pada pedoman Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2014.

 

Keuntungan bayar BPJS Kesehatan secara online

Di masa pandemi seperti ini yang masih mengkhawatirkan seperti saat ini, sudah sebaiknya segala kegiatan atau aktivitas dilakukan dari rumah saja. Begitu pun dengan melakukan bayar BPJS Kesehatan. Untuk hal itu, Anda bisa melakukan bayar BPJS Kesehatan secara online demi mengurangi serta menghindari kontak langsung dengan orang-orang. Hal tersebut diperlukan agar rantai penyebaran virus Covid-19 bisa terputus sehingga Anda dan keluarga bisa merasa lebih aman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga, berikut adalah keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan bayar BPJS Kesehatan melalui kanal online.

1. Waktu yang efisien

Jika Anda melakukan bayar BPJS Kesehatan secara online, maka Anda bisa memangkas waktu lebih banyak demi meluangkannya untuk hal yang lebih membutuhkan prioritas. Selain itu, dengan bayar BPJS Kesehatan secara online, Anda tidak perlu repot menghabiskan waktu lama mengantre untuk membayarkan tagihan Anda di kanal atau merchant offline.

2. Pengeluaran yang lebih rinci

Melakukan bayar BPJS Kesehatan secara online juga bisa memudahkan Anda dalam memantau pengeluaran secara lebih rinci. Menggunakan layanan internet banking sebagai kanal bayar BPJS Kesehatan, Anda dengan mudah memiliki akses untuk mengetahui riwayat transaksi Anda sehingga dapat memberikan catatan keuangan yang lebih transparan dan mudah dilacak.

Sebagai salah satu layanan internet banking yang ada di Indonesia, OCTO Clicks dari CIMB Niaga merupakan solusi yang Anda butuhkan untuk transaksi perbankan Anda secara daring. Salah satunya adalah bayar BPJS Kesehatan. Selain bisa digunakan untuk bayar BPJS Kesehatan, OCTO Clicks juga menawarkan fitur transaksi perbankan yang lengkap, seperti transfer secara real-time, bayar tagihan lainnya seperti PLN, pulsa, kartu kredit, KTA, dan masih banyak lainnya yang bisa Anda akses dan gunakan hanya dengan sentuhan jari. Temukan informasi dan keuntungan tentang OCTO Clicks CIMB Niaga di sini.

 

Produk Terkait

OCTO Clicks

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Bancassurance: Berikan perlindungan untuk diri dan keluarga Anda

Reksadana CIMB Niaga