production

Begini Cara Menabung di Bank yang Efektif dan Untuk Masa Depan

Begini Cara Menabung di Bank yang Efektif dan Untuk Masa Depan

Setiap orang tentu ingin memiliki masa depan yang baik. Untuk mencapainya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menabung. Memiliki tabungan menjadi hal yang wajib dilakukan sebagai bentuk investasi di masa depan. Saat ini, banyak cara dan jenis yang bisa dilakukan dalam menabung, misalnya di bank. Cara menabung di bank kini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Banyak hal positif yang didapat dengan menabung di bank. Antara lain keamanan yang lebih terjamin dan kemudahan proses dan transaksinya. Beberapa kemudahan yang bisa Anda peroleh dari bank antara lain layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta internet banking dan mobile banking yang memungkinkan Anda melakukan transaksi keuangan dari mana dan kapan saja.

Sebagian dari kita mungkin masih ada yang beranggapan bahwa menabung di bank merupakan hal yang ribet, repot, atau bahkan sulit. Agaknya, anggapan itu mesti diluruskan kembali. Sekarang, untuk membuat tabungan di bank sudah jauh lebih mudah.

Cara menabung di Bank

  1. Persiapkan data-data diri

    Cara menabung di bank yang pertama adalah mempersiapkan semua kartu atau surat identitas diri. Identitas ini digunakan sebagai syarat administratif oleh bank bagi calon nasabah. Identitas diri yang dimaksud antara lain KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar. Untuk sebagian bank, ada yang meminta syarat administratif lainnya seperti NPWP atau Kartu Keluarga (KK).

  2. Menyiapkan setoran awal

    Setelah melengkapi syarat administrasi, cara menabung di bank selanjutnya adalah menyerahkan setoran awal. Di langkah ini, setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda tergantung jenis tabungan yang Anda pilih. Pada umumnya, jumlah untuk setoran awal berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

  3. Pilih bank yang sesuai dengan kriteria Anda

    Berikutnya, Anda tinggal pergi ke bank yang Anda tuju. Tidak perlu ke kantor pusat atau kantor cabang utama, membuka rekening juga bisa dilakukan di kantor cabang pembantu yang terdekat dengan domisili Anda. Tak perlu khawatir, saat tiba di bank, Anda akan dibantu oleh petugas keamanan atau security mengenai prosedur atau cara menabung di bank.

    Namun, saat ini, sudah ada bank yang menyediakan layanan membuka rekening melalui aplikasi bank yang bersangkutan atau ATM setor tunai. Jika memilih cara ini, tentu Anda tidak perlu datang langsung ke bank. Tinggal ikuti syarat dan ketentuan yang tertera pada aplikasi dan juga ATM setor tunai tersebut.

  4. Mengisi formulir

    Cara menabung di bank berikutnya, Anda hanya perlu menyampaikan tujuan Anda untuk membuat rekening. Selanjutnya, Anda akan mendapat nomor antrean yang akan dipanggil oleh customer service.

    Setelah giliran Anda dipanggil, customer service akan meminta Anda mengisi formulir pembuatan rekening. Di tahapan ini, perhatikanlah dengan baik penjelasan dari customer service mengenai produk dan jenis-jenis tabungan yang akan Anda pilih. Termasuk keuntungan dan fasilitas yang akan Anda dapat.

  5. Memiliki rekening

    Setelah semua proses dan syarat terpenuhi, maka Anda telah memiliki rekening atau tabungan di bank sesuai dengan jumlah setoran awal yang Anda sertakan. Anda akan mendapat fasilitas seperti kartu ATM untuk kemudahan transaksi. Fasilitas lainnya yang juga bisa Anda peroleh adalah internet banking dan mobile banking.

    Setelah memiliki rekening, Anda bisa menabung lewat dua cara yakni menabung melalui teller di bank atau dengan menyerahkan setoran lewat ATM non tunai.

Tips menabung efektif

Setelah tahu cara menabung di bank yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah bagaimana agar tabungan Anda bisa terisi. Menabung merupakan investasi untuk saat ini dan masa depan. Tabungan yang Anda miliki bisa berguna apabila Anda mengalami kejadian tak terduga yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, tentu saja tabungan akan berguna untuk kebutuhan kehidupan Anda dalam beberapa waktu ke depan semisal biaya pendidikan anak.

Berikut beberapa hal yang bisa diterapkan agar cara menabung Anda berjalan efektif.

  1. Buat rencana tabungan

    Cara menabung yang pertama adalah Anda harus tahu secara jelas tujuan Anda dalam membuat tabungan. Dengan mengetahui dan memiliki tujuan yang jelas, keinginan Anda untuk menabung akan semakin kuat. Semisal, Anda ingin menabung karena ingin membeli rumah sehingga Anda tidak akan berhenti menabung sebelum tujuan Anda tercapai.

  2. Membuat rekening terpisah

    Cara menabung yang efektif selanjutnya adalah dengan membuat rekening terpisah. Rekening yang dimaksudkan di sini adalah rekening khusus tabungan di luar rekening tempat penghasilan atau gaji rutin Anda setiap bulannya. Pembagian rekening terpisah ini, dimaksudkan agar tabungan Anda tidak tercampur dengan pengeluaran rutin.

  3. Sisihkan penghasilan secara rutin

    Cara menabung yang efektif berikutnya adalah dengan menyisihkan penghasilan secara rutin. Besarannya relatif, namun sebaiknya, jumlahnya berkisar 5-10 persen dari penghasilan rutin yang Anda dapat tiap bulan, disisihkan ke rekening tabungan Anda.

  4. Gunakan sistem debet otomatis

    Adakalanya rasa malas muncul saat akan menabung. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda perlu menggunakan cara menabung berikut ini agar tabungan Anda bisa terisi secara efektif, yakni sistem debet otomatis auto debet.

    Saat ini, sudah banyak bank yang menyediakan layanan debet otomatis. Dengan layanan ini, secara otomatis penghasilan atau pemasukkan Anda akan terpotong untuk rekening lain yang Anda siapkan sebagai tabungan tertentu. Untuk membuat rekening dengan sistem debet otomatis ini, biasanya nasabah dan pihak bank akan menyepakati terlebih dahulu jumlah pemasukkan yang akan dipotong, juga berapa lama waktu debet otomatis berlaku.

    Sistem debet otomatis ini sangat berguna bagi Anda yang seringkali lupa atau termasuk orang yang boros di awal masa gajian. Karena, pada sistem ini biasanya nasabah tidak dapat melakukan penarikan dalam jangka waktu tertentu.

  5. Hindari kredit

    Cara menabung efektif berikutnya adalah hindari memiliki hutang atau cicilan. Adanya hutang dan cicilan akan memangkas penghasilan yang Anda miliki sehingga alokasi tabungan menjadi berkurang atau bahkan menghilang.

    Untuk mengerem pengeluaran, hindari mencicil barang-barang yang bersifat konsumtif seperti gadget mewah ataupun fesyen terbaru. Keduanya boleh Anda beli dengan catatan kebutuhan pokok dan alokasi tabungan terlebih dahulu terpenuhi.

  6. Pilih jenis tabungan dan bank yang sesuai

Berikutnya, cara menabung yang efektif adalah menyesuaikan jenis tabungan dan bank yang Anda tuju. Hal ini bisa berdampak signifikan dan mempengaruhi efektivitas Anda dalam menabung. Saat ini banyak bank yang menawarkan jenis tabungan, fasilitas, maupun keuntungan kepada calon nasabah. Karena itu, Anda harus jeli memilih di bank mana Anda akan menabung.

Salah satu bank yang menawarkan beragam jenis tabungan dan fasilitas adalah CIMB Niaga. Dengan beragam jenis tabungan, Anda bisa memilih tabungan mana yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Salah satu jenis tabungan yang tersedia di CIMB Niaga adalah Tabungan Mapan.

Tabungan Mapan menawarkan sistem setoran rutin setiap bulan. Selain itu, Anda juga dibebaskan menentukan jangka waktu tabungan dan jumlah setoran rutin bulanan. Kemudahan lainnya adalah setoran rutin bulanan dilakukan secara otomatis oleh sistem, dengan mendebet langsung rekening sumber dana, serta pada saat jatuh tempo dapat langsung ke rekening sumber dana.

Selain Tabungan Mapan, masih banyak lagi jenis tabungan yang ditawarkan oleh CIMB Niaga. Untuk info lengkap dan syarat lainnya, langsung klik di sini.