production

Rumah Minimalis Sederhana: Ciri-ciri dan Tipe Huniannya

 

 
 
 
 

Rumah Minimalis Sederhana: Ciri-ciri dan Tipe Huniannya

 

Rumah minimalis sederhana menjadi tipe hunian yang semakin banyak dicari di era sekarang. Terutama bagi pasangan keluarga muda yang baru saja menikah. Berbagai macam desain rumah minimalis sederhana pun tersedia di pasaran sehingga bisa mengakomodasi keinginan dan kebutuhan masyarakat.

Semakin banyaknya rumah minimalis sederhana diminati disebabkan oleh beberapa faktor. Selain lebih hemat tempat, rumah minimalis sederhana tidak membutuhkan dana besar dibanding hunian mewah. Perawatan rumah minimalis sederhana pun bisa lebih murah.

Desain rumah seperti ini semakin diminati juga karena konsepnya yang mengutamakan efisiensi dan fungsional, tetapi tetap bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Nyatanya, konsep rumah minimalis sederhana tak sebatas hanya pada desain arsitektur saja, melainkan juga memperhatikan desain interior, pemilihan perabotan, warna, hingga pengaturan cahaya.

Ciri-ciri Rumah Minimalis Sederhana

Maraknya penggunaan desain rumah minimalis sederhana membuat kebanyakan gaya properti yang saat ini disediakan di pasaran sangat dekat dengan tema desain hunian minimalis. Berikut ciri-ciri dari rumah minimalis sederhana.

  1. Tata Ruang yang Sederhana

    Rumah minimalis sederhana memiliki ciri tata ruang yang sederhana, polos, dan efisien dengan volume ruang bertingkat. Bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada keleluasaan pandangan adalah ciri khas dari denah rumah minimalis.

  2. Fungsi Jendela Kaca yang Dioptimalkan

    Karakteristik rumah minimalis yang dapat Anda lihat dari luar adalah intensitas penggunaan kaca. Memang saat kita menemukan rumah minimalis, biasanya mata kita akan langsung tertuju pada kaca jendelanya yang besar dan lebar.

    Jendela besar ini dimaksudkan agar udara dan sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, tingkat kelembaban dalam rumah akan selalu terjaga. Selain itu, pencahayaan alami juga mampu memberi penekanan dan nilai estetika lebih pada furnitur yang terpapar cahaya.

  3. Minim Sekat dan Pembatas Ruangan

    Dengan mengoptimalkan jendela kaca, membuat rumah minimalis sederhana tidak memiliki banyak sekat atau pembatas. Sekat, pilar, atau pembatas akan membuat ruangan semakin sempit saat tidak benar-benar dibutuhkan sehingga tak sesuai dengan konsep minimalis yang mengutamakan efisiensi ruang. 

    Dengan begini, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur biasanya berada di satu tanah luas yang hanya dipisahkan furniture. Tetapi untuk ruang pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi tetap dipisahkan dalam ruangan tersendiri.

  4. Menggunakan Furniture Minimalis

    Dengan konsep memanfaat ruang, rumah minimalis sederhana biasanya menggunakan furnitur yang menunjang konsep minimalis. Biasanya di sebuah ruang keluarga hanya akan ada perabot esensial seperti sofa, rak, dan meja. Bentuk perabotnya pun tidak akan terlalu besar dengan banyak dekorasi. Dengan begitu, furnitur-furnitur ini akan mampu menonjolkan fungsi sementara tetap menggunakan space seminimal mungkin.

  5. Warna Dinding Bersih dan Eksterior Sederhana

    Dinding rumah minimalis sederhana biasanya didominasi warna putih atau abu-abu. Kedua warna ini terlihat sangat bersih dan netral yang bisa menjadi pilihan tepat untuk memperkuat desain rumah minimalis yang sederhana, modern, dan elegan. Selain penggunaan warna yang bersih, biasanya desain eksterior pada rumah minimalis sederhana pun berbentuk simpel seperti garis tegas tanpa dekorasi apapun.

Penjelasan dari ciri rumah minimalis sederhana ini mematahkan opini masyarakat awam yang menganggap hunian minimalis dengan desain interior menarik akan membuang biaya. Hal ini besar kemungkinan karena anggapan bahwa rumah seperti ini memerlukan desain interior yang rumit.

Padahal, desain interior minimalis memiliki banyak jenis. Anda pun perlu untuk pandai dalam memilih jenis interior rumah minimalis sederhana yang seperti apa yang akan digunakan untuk desain rumah minimalis sederhana Anda.

Model Rumah Sederhana

Setelah memahami ciri-ciri dari rumah minimalis sederhana, berikut ini model-model rumah minimalis dengan luas tanah sebagai referensi untuk Anda yang berminat untuk memiliki hunian dengan konsep minimalis.

  1. Rumah Sederhana Tipe 21

    Di Indonesia, para developer cenderung membedakan jenis rumah yang mereka bangun kemudian dipasarkan dengan nama berdasarkan luas bangunan. Salah satunya adalah model rumah sederhana tipe 21, yang memiliki luas bangunan 21 m². Panjang dan lebar bangunannya bisa beragam, contohnya ukuran 6 meter x 3,5 meter yang menjadi bangunan seluas 21 m².

    Model rumah sederhana tipe 21 biasanya terdiri dari 1 kamar tidur yang dapat ditempati 2 orang, sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur, serta sebuah kamar mandi. Rumah ini cocok untuk para pasangan muda yang belum memiliki anak. Jangan lupa, supaya rumah terlihat lapang, gunakan furniture yang modelnya minimalis, seperti meja TV, rak display, dan sofa minimalis.

  2. Rumah Sederhana Tipe 36

    Untuk rumah minimalis sederhana tipe ini memiliki luas bagunan 36 m². Perbedaannya dengan tipe 21 adalah rumah ini memiliki 2 kamar tidur dan ruang tamu yang lebih luas.

  3. Rumah Sederhana Tipe 45

    Model rumah sederhana yang memiliki luas bangunan 45 m² cocok untuk dihuni keluarga kecil yang memiliki satu atau dua orang anak. Model rumah sederhana tipe 45 memiliki teras depan rumah yang dapat dijadikan garasi satu unit mobil dan taman kecil pada halaman belakang.

    Antara ruang keluarga dan ruang makan ditempatkan terpisah. Biasanya, ada desain dapur kecil terletak pada bagian belakang rumah. Ada juga variasi rumah tipe 45 dengan 3 kamar tidur tanpa halaman belakang.

  4. Rumah Sederhana Tipe 54

    Tipe 54 merupakan model rumah sederhana kelas menengah yang unggul dari segi luas bangunan. Model rumah sederhana tipe 54 biasanya dibangun dua lantai, dimana terdapat dua kamar tidur di lantai dasar dan satu kamar tidur di lantai atas, serta ekstra ruang tamu di lantai dua. Terlepas dari bangunan yang luas, harga dari model rumah sederhana tergolong terjangkau.

  5. Rumah Sederhana Tipe 60

    Bagi Anda yang mencari rumah yang terkesan elegan namun dengan harga yang masih terjangkau, model rumah sederhana tipe 60 adalah jawabannya. Bangunan seluas 60 m² yang terdiri dari 2 lantai ini sedikit lebih luas dari model rumah sederhana tipe 54, memiliki 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi serta teras di bagian belakang rumah yang lebih luas.

Meski punya konsep simpel, Anda bisa menyesuaikan bentuk atau desain rumah minimalis sederhana sesuai dengan kemampuan finansial. Apapun pilihannya, rumah minimalis sederhana jelas bisa menjadi jawaban dari keinginan Anda untuk memiliki hunian impian di tengah semakin mahalnya harga rumah atau tanah.

Tak bisa dimungkiri pula jika biaya memiliki peran besar dalam merealisasikan impian Anda memiliki rumah minimalis sederhana. Tentu saja dalam membutuhkan dana yang sesuai Anda juga membutuhkan waktu dalam pengumpulan dananya.

Bagi Anda yang belum memiliki rumah sendiri, CIMB Niaga menghadirkan solusi melalui KPR, salah satunya KPR berbasis syariah. Dengan KPR Syariah, pembiayaan untuk mewujudkan rumah idaman semakin lancar sesuai prinsip syariah dengan akad Murabahah dan Musyarakah Mutanaqishah (MMQ). Program KPR CIMB Niaga syariah ini terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu KPR iB Fix CIMB Niaga dan KPR iB Flexi CIMB Niaga. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut tentang KPR CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

KPR Xtra Flexy iB

Pembiayaan Kepemilikan Rumah dengan Prinsip Syariah yang fleksibel

KPR Xtra CIMB Niaga

Berbagai solusi ideal yang ekstra untuk wujudkan hunian idaman

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian