production

Mobile Banking, Pilihan Tepat untuk Transaksi Cepat

Mobile Banking, Pilihan Tepat untuk Transaksi Cepat

Kemajuan teknologi memang selalu memudahkan manusia dalam beraktivitas di waktu yang cepat. Selain itu, hasil yang didapatkan juga menjadi jauh lebih banyak. Di pabrik, satu mesin mampu mencetak puluhan sampai ratusan produk berkat bantuan teknologi.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak metode tradisional yang sudah ditinggalkan karena hampir semua orang sudah ‘melek’ untuk menggunakan alat teknologi. Di zaman dahulu, para petani membajak sawah dengan mengandalkan kekuatan sapi atau kerbau. Kini, para petani menggunakan metode yang modern yaitu mengganti kemampuan hewan dengan mesin pembajak sawah, seperti kultivator, rotavator, bajak subsoil, garu sisir, dan garu piring, untuk menghemat waktu saat membajak dan mengolah tanah.

Seiring berjalannya waktu, teknologi juga terus berkembang. Fitur-fitur yang sudah ada akan terus diperbaharui, misalnya telepon genggam. Awalnya, manusia berkomunikasi dengan perantara surat. Setelah itu, Antonio Meucci menciptakan telepon untuk pertama kalinya di tahun 1849. Alat ini dipakai sebagai alat komunikasi jarak jauh dengan sambungan listrik. Tidak berhenti di situ, perkembangan alat komunikasi terus maju hingga terciptalah telepon yang dapat dibawa kemana-mana meski tidak ada sambungan listrik yang disebut telepon genggam atau telepon seluler.

Dari waktu ke waktu, telepon genggam yang hanya digunakan untuk berkomunikasi berubah menjadi teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal sehingga, kini, telepon genggam lebih akrab disebut sebagai smartphone. Memotret pemandangan dengan hasil yang tidak kalah bagus dengan kamera, mengakses internet dimana saja dan kapan saja, serta berkomunikasi sambil menatap wajah lawan bicara merupakan sedikit contoh dari sekian banyak fitur canggih smartphone. Selain itu, jika beberapa tahun lalu kamu harus pergi ke ATM atau bank terdekat untuk bertransaksi, sekarang, kamu tidak perlu lagi membuang waktu untuk melakukan hal tersebut. Berkat adanya mobile banking, kamu dapat melakukan transaksi apapun melalui smart phone yang kamu miliki.

Apa Perbedaan Mobile Banking dengan SMS Banking dan E-banking?

Kadang kala, orang-orang merasa malas untuk mencetak pemasukan dan pengeluaran di buku rekening karena lokasi bank yang cukup jauh dan penuhnya antrean yang berakibat keuangan kita menjadi tidak dikelola dengan baik. Di situasi lainnya, mereka mungkin saja kerap kali dikenakan denda telat membayar biaya listrik, air, dan kartu kredit sebab banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan menghalangi mereka untuk pergi ke ATM. Situasi-situasi tersebut dapat terjadi akibat mereka tidak memanfaatkan fasilitas sms banking, e-banking, atau mobile banking. Beberapa orang masih merasa asing dengan ketiga istilah tersebut, padahal fitur-fitur itu cukup membantu dalam mengontrol dunia perbankannya.

Baik sms banking, e-banking, maupun mobile banking, mempunyai tujuan utama yang sama, yaitu menyambung nasabah bank dengan dunia perbankannya via telepon genggam, seperti mendapatkan informasi saldo, transfer ke rekening lain, dan melakukan pembayaran. Namun, masing-masing fitur memiliki cara dan keunikannya masing-masing.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa melakukan transaksi dengan menggunakan layanan SMS. Layanan ini mungkin terdengar kuno karena mayoritas orang zaman sekarang bertukar pesan melalui media lain, bukan sms. Namun, ini bisa menjadi jalan keluar untuk mereka yang belum memiliki telepon genggam dengan sambungan internet atau ketika mereka sedang tidak dapat mengakses internet.

Berbeda dengan sms banking, e-banking dan mobile banking dapat diakses apabila telepon genggam terkoneksi dengan jaringan internet. Meskipun melalui internet, kedua layanan tersebut dijamin keamanannya dari pihak bank. Bedanya, kamu harus membuka website bank yang kamu percayai untuk menggunakan layanan e-banking. Sedangkan untuk mobile banking, cukup dengan membuka aplikasi bank yang sudah kamu download untuk melakukan transaksi kemana pun. Selain itu, kamu membutuhkan nomor token apabila hendak mentransfer uang ke rekening lain melalui e-banking. Untuk mobile banking, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan nomor token karena setiap rekening milik nasabah lain, baik satu bank maupun berbeda bank, yang sudah terdaftar dengan mudahnya dapat dipilih. Dari sisi penampilan, mobile banking pun lebih menarik dan lebih mudah dimengerti dibandingkan e-banking.

Berbagai Fitur Menarik Mobile Banking

Sekarang, mengakses mutasi rekening, melakukan transaksi, dan mentransfer uang sudah bukan lagi hal yang sulit dan merepotkan untuk dilakukan. Berkat fitur-fitur canggih yang dimiliki mobile banking, dunia perbankan menjadi lebih mudah diakses. Apa saja fitur-fitur tersebut? Simak di bawah ini.

  1. Buka Rekening Pertama
    kamu mau membuka rekening untuk yang pertama kali tapi tidak ingin mengantre lama dan membuang waktu di bank? kamu bisa memanfaatkan mobile banking untuk melakukan hal ini. Cukup dengan mengunggah foto KTP dan NPWP, kamu bisa membuka rekening pertama dengan mudah dan praktis.
  2. Buka Deposito dan Tabungan Berjangka
    Sama seperti membuka rekening pertama, deposito dan tabungan berjangka juga dapat dibuka dalam sekejap mata. Proses yang cepat dan akses yang mudah tentu akan membuat kamu nyaman saat menggunakan fitur ini.
  3. Layanan Transfer yang Lengkap
    Berbekal mobile banking, kamu bisa melakukan transaksi dengan metode apapun, mulai dari real-time, SKN (Sistem Kliring Nasional), dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Tidak hanya itu, kamu juga bisa transfer valuta asing ke dalam dan luar negeri melalui mobile banking.
  4. Isi Saldo untuk Berbagai Hal
    Sekarang, kamu tidak perlu pergi ke tukang pulsa hanya untuk membeli pulsa atau mengisi paket data telepon genggam kamu. Dengan menggunakan mobile banking, pulsa dan paket data dapat terisi dengan mudahnya. Biayanya otomatis terpotong dari saldo rekening kamu. Selain itu, fitur ini juga dapat kamu nikmati untuk mengisi saldo PLN dan e-wallet, seperti Gopay, OVO, dan Linkaja!
  5. Transaksi Mudah Kemanapun
    Waktunya bayar tagihan? Jangan khawatir karena sudah ada mobile banking yang bisa menjadi kawan setia kamu untuk membayar kartu kredit, KTA (Kredit Tanpa Agunan), PLN, dan masih banyak lagi. Hadirnya mobile banking buat kamu tidak lagi kena denda karena terlambat bayar tagihan.
  6. Penolong Ketika Kartu Debit Ketinggalan
    Apabila kamu menggunakan mobile banking, kartu debit ketinggalan bukan lagi menjadi suatu masalah. kamu bisa bertransaksi di merchant manapun hanya dengan scan QR yang terdapat di mobile banking. Selain itu, tarik dan setor tunai juga tetap dapat dilakukan meski tanpa kartu.
  7. Mudahnya Mengakses Mobile Banking
    Mobile banking memiliki tingkat keamanan yang dijamin tinggi sehingga kamu tidak perlu gelisah saat menggunakannya. Tidak akan ada sembarang orang yang bisa membuka mobile banking milik kamu sebab aplikasi ini dilengkapi dengan akses biometrik. kamu bisa mengaturnya dengan memakai sidik jari atau Face ID.
  8. Atur Sendiri Tampilan Mobile Banking
    Supaya lebih menarik, kamu bisa mengubah tampilan mobile banking sesuka hatimu. Terdapat beberapa tema keren yang bisa kamu pilih dan ubah. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengotak-atik menu pilihan sesuai prioritas.

Semua layanan tersebut dapat kamu nikmati apabila kamu memiliki mobile banking CIMB Niaga, Go Mobile. Layaknya seperti sebuah mesin ATM di dalam telepon genggam, Go Mobile mempermudah dan mempercepat semua transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun. Tidak ada lagi kata terlambat membayar tagihan maupun khawatir kartu debit tertinggal. Go mobile, satu perangkat dengan beragam manfaat.