www.cimbniaga.co.id production

Mengenal Insentif dan Manfaat yang Bisa Diperoleh

 

Insentif merupakan istilah yang sering disebut-sebut dan digunakan dalam pekerjaan. Insentif memiliki arti sebagai sebuah kompensasi atau penghasilan tambahan yang diberikan oleh perusahaan bagi para karyawannya karena sudah mencapai bahkan melebihi target yang diingat.

Perlu diingat, insentif adalah hak pekerja dan tidak termasuk dalam gaji pokok. Pemberiannya bersifat stimulus yang bertujuan untuk memacu kinerja karyawan, supaya mereka lebih termotivasi dan bekerja maksimal, karena ada penghargaan yang diberikan bila sudah bekerja keras.

Berbeda dengan gaji yang nominalnya bersifat tetap, jumlah insentif yang didapatkan karyawan tidak tetap dan dipertimbangkan sesuai pencapaian dan gaji pokok karyawan.

Selain insentif, ada juga bonus yang diberikan pada karyawan sebagai tujuan untuk menggenjot motivasi dan produktivitas pekerja. Namun, perlu diketahui, insentif dan bonus adalah hal yang berbeda.

Bila insentif diberikan karena karyawan sudah mencapai target tertentu, bonus diberikan karena perusahaan berhasil mencatatkan keuntungan. Biasanya, pemberian bonus ini sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan. Bonus juga diberikan dengan jumlah yang sama, tergantung atas kinerja perusahaan, peran, penilaian kinerja hingga level jabatan yang dimiliki.

Nah, insentif yang diberikan pada karyawan ini pun terbagi atas dua jenis. Ini terbagi atas insentif finansial dan insentif non-finansial. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Insentif Finansial

    Insentif finansial adalah insentif yang berbentuk uang. Insentif finansial ini tidak sama dengan gaji pokok.

    Insentif finansial juga diberikan melihat keuntungan perusahaan. Tak hanya itu, ini juga bisa diberikan melalui hal-hal yang menyangkut kesejahteraan karyawan, mulai dari jaminan hari tua, kesehatan, dan lainnya.

  2. Insentif Non-Finansial

    Insentif Non-finansial adalah kebalikan dari insentif finansial, dimana imbalan yang diberikan berbentuk selain uang.

    Insentif non-finansial ini bisa berupa promosi jabatan, hubungan yang lebih baik dengan atasan, lingkungan kerja Contoh yang positif. Bahkan, ada juga insentif sosial, dimana hubungan dengan rekan kerja yang lebih positif.

Ada lagi insentif yang diberikan pada individu atau pada masing-masing karyawan, ini diberikan atas prestasi yang berhasil ditorehkan. Tak hanya itu ada pula insentif yang diberikan kepada tim, atas pencapaian yang dilakukan di perusahaan tersebut. Adapun, pemberian insentif pada karyawan ini bisa didasarkan atas beberapa parameter. Ini juga untuk mengurangi potensi kerugian pada perusahaan.

Parameter pertama adalah performa dari pekerja, parameter kedua efisiensi pekerjaan atau seberapa cepat karyawan menyelesaikan pekerjaannya, lama karyawan bekerja di tempat tersebut atau masa baktinya, dan pemberian insentif juga harus melihat dari sisi keadilan dan kelayakan karyawan.

Manfaat Pemberian Insentif

Memberi insentif kepada karyawan diyakini bisa memberikan berbagai benefit. Benefit ini tak hanya dinikmati oleh karyawan tersebut, tetapi juga bisa berdampak kepada perusahaan. Berikut ini beragam manfaat yang didapatkan lewat pemberian insentif:

Manfaat Bagi Karyawan

Dengan memberikan insentif pada karyawan, ini bisa mendorong motivasi dalam bekerja, dan juga bisa dianggap sebagai penghargaan perusahaan atas kinerja mereka.

  1. Mendorong motivasi bekerja

    Insentif yang diterima karyawan akan menjadi motivasi untuk mendorong kinerjanya. Penghasilan tambahan ini juga bisa memicu karyawan untuk memberikan usaha terbaiknya juga meningkatkan kemampuannya di kemudian hari untuk mendapatkan insentif.

  2. Menumbuhkan rasa dihargai

    Insentif yang diberikan kepada karyawan juga bisa membantu mereka menumbuhkan rasa dihargai perusahaan. Pasalnya, usaha yang mereka keluarkan selama bekerja diapresiasi, dan diukur baik secara kualitatif dan kuantitatif.

  3. Mendapatkan pendapatan di luar gaji

    Sesuai pengertiannya, insentif yang merupakan penghasilan tambahan menjadi sebuah kesempatan bagi karyawan untuk mendapatkan pendapatan lebih di luar gaji pokok. Ini bisa membantu karyawan untuk mendapatkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan dirinya.

Manfaat bagi perusahaan

Beragam manfaat yang didapatkan perusahaan dengan menebar insentif antara lain:

  1. Kinerja karyawan meningkat

    Pemberian insentif bagi para karyawan akan mendorong motivasi karyawan dalam pekerjaannya. Hasilnya, kinerja karyawan akan meningkat yang juga berdampak positif bagi perusahaan. 

  2. Karyawan lebih giat dan disiplin

    Insentif dari perusahaan juga bisa mendorong karyawan untuk lebih giat dan disiplin dalam menjalankan pekerjaannya. Dengan cara ini, produktivitas karyawan meningkat dengan sumber daya manusia yang lebih bersaing. Dengan insentif ini, bisa juga muncul rasa balas jasa dan bahkan bisa mendorong mereka melakukan sesuatu di luar tugasnya dengan senang hati.

  3. Karyawan semakin menghormati pimpinan

    Insentif yang diterima pekerja juga bisa mendorong rasa hormat mereka kepada pimpinan. Pasalnya, pimpinan dianggap menghargai kinerja bawahannya, yang akhirnya memunculkan rasa hormat.

  4. Meningkatkan rasa memiliki karyawan pada perusahaan

    Rasa kepemilikan karyawan pada perusahaan bisa semakin besar dengan pemberian insentif ini. Pasalnya, dengan cara ini, perusahaan tidak hanya menuntut karyawannya untuk bekerja, tetapi turut memberi penghargaan atas setiap prestasi yang diraih. Hubungan antar karyawan pun bisa semakin baik.

  5. Mengurangi jumlah karyawan yang mengundurkan diri

    Dengan menyalurkan insentif, ini pun bisa membantu perusahaan untuk mencegah atau mengurangi karyawan yang ingin mengundurkan diri. Pasalnya, dengan karyawan yang merasa kinerjanya dihargai akan membuat karyawan nyaman dengan perusahaannya dan memutuskan bertahan di tempat tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Insentif atau tambahan penghasilan di luar gaji utama yang Anda dapatkan pun bisa Anda tabung, dan dimanfaatkan untuk mencapai sebuah tujuan yang Anda inginkan. Supaya tabungan Anda tak tercampur dengan dana lainnya, Anda pun bisa memanfaatkan GOAL Savers yang dihadirkan oleh CIMB Niaga.

GOAL Savers merupakan fitur menabung secara otomatis yang bisa diatur secara bulanan, mingguan, bahkan secara harian untuk mencapai goal impian.

Keunggulan dari GOAL Savers ini yakni membantu Anda menabung secara disiplin, jumlah setoran yang Anda tabung pun sangat fleksibel tergantung pada kemampuan finansial dan tujuan Anda, pendebetan tabungan pun dilakukan secara otomatis dan saat jatuh tempo, pencairannya akan dilakukan secara otomatis. Sebagai informasi, metode jatuh tempo ini ditentukan dari target waktu atau target dana yang Anda tetapkan. Selanjutnya, Anda bisa memantau perkembangan GOAL Savers Anda dengan mudah 24/7 melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks

GOAL Savers bisa menjadi tempat menyalurkan hasil insentif Anda secara rutin, mulai dari harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Selain itu, Anda bisa melakukan setoran tunai secara fleksibel yang disesuaikan dengan kemampuan.

Tak hanya GOAL Savers, Anda pun bisa mendapatkan berbagai fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda di super app OCTO Mobile. Lewat OCTO Mobile, Anda bisa memilih berbagai tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tarik tunai tanpa kartu, bisa melakukan transfer ke berbagai bank, top-up e-wallet, investasi, pembayaran dengan mudah hingga membayar tagihan tanpa takut repot. Temukan informasinya di sini.

Produk Terkait

Tabungan Berjangka Goal Savers

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!