production

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Syariah?

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Syariah?

Setiap harinya manusia pasti tidak terlepas dari kegiatan transaksi untuk belanja kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan tersier. Banyaknya kebutuhan yang perlu dibeli kadang kala membuat kita sedikit pusing karena pengeluaran yang tidak selaras dengan kondisi keuangan. Berbeda dengan kebutuhan tersier, seperti perhiasan, kendaraan mewah, dan wisata ke luar negeri, yang dapat ditunda, kebutuhan primer harus tetap dipenuhi agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan layak.

Supaya kebutuhan tetap bisa terpenuhi tanpa harus memikirkan membludaknya pengeluaran, Anda harus pandai mengatur strategi keuangan. Keuangan yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan di kemudian hari. Untuk mengatur keuangan, Anda bisa dengan mengurutkan kebutuhan sesuai prioritasnya, menyisihkan gaji untuk uang darurat, ataupun menggunakan fasilitas kartu kredit.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran berbentuk kartu. Meskipun sama-sama sebagai alat pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit tidak dapat digunakan untuk menyimpan uang. Dasarnya, kartu kredit digunakan sebagai kartu pinjaman terhadap bank yang tagihannya dapat dibayar di akhir bulan. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan cicilan dari pinjaman tersebut sesuai kurun waktu yang Anda tetapkan.

Menggunakan kartu kredit sudah pasti lebih aman sebab Anda tidak perlu menenteng sejumlah uang di dalam dompet Anda. Manfaat kartu kredit yang lainnya adalah prosesnya cepat dan nyaman. Cukup dengan satu gesekan, barang yang Anda beli sudah terbayarkan. Dengan menggunakan kartu kredit, pengeluaran Anda juga dapat terpantau dengan baik karena setiap bulannya Anda akan menerima lembar tagihan secara rutin.

Kartu kredit memang memiliki berbagai manfaat yang menggiurkan, namun sebagian orang masih ragu untuk menggunakannya karena khawatir terjebak riba. Sekarang, Anda tidak perlu risau lagi sebab sudah ada kartu kredit syariah sebagai jalan keluarnya.

Kartu kredit syariah memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan kartu kredit konvensional, namun kartu kredit syariah memegang prinsip-prinsip syariah yang berarti ketentuan dan ketetapannya berdasarkan hukum Islam. Hadirnya kartu kredit syariah tentunya disambut baik oleh khalayak ramai sebab membantu mereka yang membutuhkan kartu kredit namun khawatir akan riba.

Prinsip Syariah di dalam Kebijakan Kartu Kredit Syariah

Oleh karena kartu kredit syariah memiliki prinsip syariah, terdapat akad-akad yang sesuai dengan prinsip syariah di dalamnya, yaitu:

  1. Akad Kafalah (Akad Penjaminan)

    Dalam akad ini, penerbit kartu (bank) sebagai penjamin dari pemegang kartu (nasabah) atas semua transaksi yang dilakukan dengan merchant. Oleh sebab itu, penerbit kartu berhak mendapatkan ujrah (imbalan) karena sudah berlaku sebagai penjamin.

  2. Akad Qardh (Akad Pinjam-meminjam)

    Akad ini digunakan saat pemegang kartu diberikan pinjaman oleh penerbit kartu melalui penarikan tunai dari ATM.

  3. Akad Ijarah (Akan Pembiayaan Jasa)

    Di akad ijarah, penerbit kartu dianggap sebagai penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu. Dengan demikian, iuran keanggotaan harus dibayar oleh pemegang kartu.

Keuntungan Kartu Kredit Syariah

Selain menjunjung prinsip syariah, ada beberapa alasan lainnya mengapa Anda perlu menggunakan kartu kredit syariah.

  1. Gratis Iuran Bulanan/Tahunan

    Salah satu ketentuan yang terdapat dalam pemakaian kartu kredit konvensional adalah wajib membayar iuran bulanan/tahunan. Namun, kartu kredit syariah memiliki ketentuan yang berbeda, yaitu tidak adanya iuran bulanan/tahunan selama memegang kartu. Ini berarti bahwa Anda terbebas dari mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar iuran bulanan/tahunan. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang yang mulai tertarik untuk memiliki kartu kredit syariah.

  2. Cicilan Tetap

    Apabila Anda membeli sesuatu seharga minimal Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) dengan menggunakan kartu kredit syariah, Anda bisa mengajukan cicilan tetap dengan biaya yang ringan. Jangka waktu angsurannya beragam, yaitu 3, 6, 12, dan 36 bulan. Anda tidak perlu khawatir perihal riba sebab kartu kredit syariah tidak mengenakan skema bunga untuk cicilan Anda. Berkat layanan cicilan tetap dari kartu kredit syariah ini, Anda dapat mengelola keuangan dengan mudah sebab Anda diberikan hak untuk memilih jangka waktu angsuran sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda.

  3. Nilai Tukar yang Bersaing

    Keuntungan dari nilai tukar kompetitif bisa didapatkan oleh pemegang kartu kredit syariah ketika melakukan transaksi dengan mata uang asing, terutama apabila Anda pergi umroh/haji serta sedang dalam perjalanan Syariah. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan untuk berbelanja atau bertransaksi di luar negeri dapat dihemat.

  4. Quick Pay

    Manfaat penggunaan kartu kredit syariah lainnya ialah satu lembar tagihan kartu kredit  yang sudah berisi tagihan bulanan, seperti listrik, telepon, handphone, TV kabel bahkan internet. Anda dapat membayar tagihan-tagihan tersebut sekaligus dalam satu waktu. Anda tidak perlu lagi dijatuhkan denda akibat terlambat membayar tagihan karena ada tagihan bulanan yang terlewat.

  5. Oto Pay

    Anda  dapat membayar tagihan kartu secara otomatis melalui rekening tabungan maupun rekening koran. Selain itu, pembayaran tagihan kartu setiap bulannya juga dapat ditentukan oleh Anda secara bebas. Pilihannya adalah pendebetan 10% untuk minimum payment atau 100% untuk full payment.

  6. Cash Back Setiap Bulan

    Setiap orang pasti tertarik apabila mendengar kata cash back. Melakukan pembayaran ketika berbelanja pun langsung terasa ringan. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan mudahnya melalui penggunaan kartu kredit syariah saat melakukan kegiatan belanja. Apabila Anda memiliki kredit yang lancar dan tidak diblokir, Anda akan mendapatkan cash back hingga 5% di setiap bulannya.

  7. Poin Xtra

    Selain cash back, hal lain yang menarik ketika melakukan kegiatan belanja dengan memanfaatkan kartu kredit syariah ialah mendapatkan poin tambahan. Satu Poin Xtra bisa didapatkan dengan transaksi ritel kelipatan Rp 5.000 (lima ribu rupiah). Setelah poin terkumpul, Anda bisa menukarkannya dengan pilihan hadiah yang memikat hati, seperti kupon belanja, mileage penerbangan, dan hadiah-hadiah lainnya di Katalog Poin Xtra.

  8. Transaksi Tarik Tunai

    Kehabisan uang tidak lagi menjadi penghalang Anda untuk berbelanja di dalam negeri maupun luar negeri. Anda bisa tarik tunai di ATM dan bank lain yang memiliki logo khusus di seluruh dunia secara cepat dan mudah dengan menggunakan kartu kredit syariah.

Dengan menggunakan kartu kredit syariah, transaksi maupun belanja tidak lagi menjadi kegiatan yang menguras dompet. Keuntungan yang ditawarkan dari kartu kredit syariah juga sangat menarik. Anda bisa memperoleh keuntungan itu semua dengan mengajukan kartu kredit syariah di CIMB Niaga. Ada dua jenis kartu kredit syariah yang ditawarkan, yaitu Kartu Kredit Syariah CIMB Niaga Gold dan Kartu Kredit Syariah CIMB Niaga Platinum. Bagi CIMB NIaga, kenyamanan nasabah adalah hal yang paling penting sehingga pengajuan kartu kredit syariah memiliki proses yang cepat dan syarat yang mudah dipenuhi. Baca syarat dan ketentuan lebih lanjut di sini.