www.cimbniaga.co.id production

2 Hal Perbedaan Tunangan dan Lamaran

 

 
 
 
 

2 Hal Perbedaan Tunangan dan Lamaran

 

Tunangan adalah sebuah tradisi yang lazim dilakukan oleh pasangan yang akan menuju pelaminan. Tunangan secara arti adalah komitmen kedua pasangan untuk mantap melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius. Sering kali masyarakat Indonesia menganggap jika tunangan sama artinya dengan lamaran. 

Secara garis besarnya, tunangan adalah momen kesepakatan pasangan untuk menjadi suami istri, bisa dilakukan secara intim berdua saja atau dilakukan di depan banyak orang. Berbeda dengan lamaran, adalah momen untuk meminang seseorang menjadi pengantinnya.

Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak perbedaan antara tunangan atau lamaran jika dilihat dari beberapa hal berikut ini:

  1. Perbedaan dalam prosesi acara

    Meski tunangan dengan lamaran sama-sama ada proses memberikan cincin ke pihak perempuan, ada perbedaan yang dilalui dalam prosesi acaranya.

    Pada umumnya, proses dari tunangan adalah hanya saling bertukar cincin saja. Sementara acara lamaran tidak hanya memberikan cincin, namun juga membawa seserahan atau mahar untuk calon mempelai wanita dengan pertemuan keluarga. Seserahan yang dibawa oleh calon mempelai pria bisa sebuah pakaian, tas, ataupun barang yang disukai pihak perempuan.

    Namun tidak jarang ada juga yang membawa bawaan tunangan, lho. Selain cincin, bawaan tunangan adalah seperti bunga atau bingkisan sederhana dan dibawa sebagai penghormatan keluarga.

  2. Perbedaan dalam waktu penyelenggaraan

    Jika dilihat dari urutannya, yang dilakukan adalah tunangan, lamaran kemudian hari pernikahan. 

    Namun biasanya banyak pasangan yang melewatkan waktu tunangan dan langsung ke prosesi lamaran. Sehingga momen tunangan sebagai komitmen untuk menuju pernikahan digabung dalam momen lamaran di hadapan keluarga.

Syarat Prosesi Tunangan di Dalam Acara Lamaran

Karena kebanyakan pasangan memilih untuk menggabungkan momen lamaran dan tunangan dalam satu kali acara, berikut beberapa syarat yang diperlukan dalam prosesnya:

  1. Cincin tunangan

    Cincin adalah salah satu syarat dalam prosesi tunangan. Cincin adalah bentuk komitmen antara kedua belah pihak sebagai pasangan untuk mantap melanjutkan hubungan ke pelaminan. 

    Beberapa tradisi ada yang memerlukan cincin tunangan sepasang untuk disematkan perempuan dan laki-laki. Tapi beberapa tradisi ada yang hanya menyematkan cincin tunangan kepada perempuan. Semua ini kembali pada referensi masing-masing pasangan.

  2. Seserahan

    Sebenarnya untuk syarat tunangan yang ini sifatnya adalah pilihan. Biasanya seserahan dibawa oleh pihak laki-laki untuk pihak perempuan. Menjadi pilihan, karena jika sudah dibawakan saat tunangan maka seserahan tidak diperlukan lagi di hari pernikahan. Atau seserahan ini terpisah antara tunangan dan di hari pernikahan. 

    Seserahan ini adalah barang-barang yang dibutuhkan menjelang hari pernikahan untuk kebutuhan perempuan, mulai dari make up, sepatu, pakaian, dan lain-lain.

  3. Kehadiran keluarga

    Di dalam acara lamaran yang digabung dengan prosesi tunangan, kehadiran keluarga dari masing-masing pihak sangat diharapkan sebagai bentuk itikad baik. Selain itu tentu bertujuan untuk membangun relasi dan hubungan yang lebih erat di awal. 

    Mulai dari orangtua dan saudara kandung, namun akan lebih baik jika dihadiri pula oleh sepupu, keponakan, paman dan bibi. Biasanya keluarga akan menggunakan warna pakaian yang sama.

  4. Pemimpin doa

    Dalam prosesi lamaran yang bersamaan dengan momen tunangan, selain beberapa syarat di atas tentu doa adalah esensi utama yang jangan sampai dilupakan. Sebab, doa yang dipanjatkan dalam persiapan menuju pernikahan penting untuk dilakukan demi kelancaran. 

Tradisi Lamaran Menurut Beberapa Adat

Melanjut pada syarat lamaran di atas, berikut adalah beberapa tradisi di dalam acara lamaran berdasarkan beberapa suku adat di Indonesia.

  1. Jawa

    Dalam lamaran adat jawa, diadakan pertemuan resmi di awal antara kedua pihak orang tua dan perlu dilibatkan kehadiran beberapa saksi. Setelah sepakat, dilanjutkan dengan prosesi paningset yang diserahkan pihak calon pengantin laki-laki kepada calon pengantin perempuan paling lambat lima hari sebelum hajat perkawinan diselenggarakan. Biasanya prosesi ini digabungkan dengan upacara midodareni. 

  2. Sunda

    Acara lamaran disebut dengan ngalamar atau narosan. Di mana orangtua kedua calon mempelai akan menentukan tanggal lamaran saat bertemu. Sedangkan pihak pria akan membawa seserahan seperti, cincin, makanan, pakaian untuk calon mempelai wanita, dan bahkan makanan kesukaannya.

  3. Batak

    Pada acara lamaran ini, calon mempelai perempuan akan berada di dalam ruangan terpisah dan tidak keluar sebelum kedua keluarga besar mencapai kesepakatan dan menerima lamaran pihak pria. Keluarga besar dari pihak pria membawa hantaran daging babi atau pinahan lobu dan akan diberikan uang ingot-ingot sebagai tanda pengingat pesta adat berikutnya, sedangkan pihak wanita akan mempersiapkan ikan mas arsik atau dekke yang menandakan siapnya pihak mereka menerima keluarga calon mempelai pria. 

  4. Betawi

    Pada proses lamaran budaya Betawi, pihak pria akan membawa sirih lamaran yang dihias dengan cantik sebagai simbol bahwa pihak pria menghargai pihak perempuan. Saat acara ini akan ada pula juru bicara yang akan mewakili pihak keluarga pria. 

Baik acara tunangan maupun lamaran, tentu ada budget yang diperlukan dalam menyelenggarakannya. Perlu perencanaan tabungan yang matang supaya acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. OCTO Savers dari CIMB Niaga hadir sebagai solusi tabungan yang tepat bagi Anda. Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari OCTO Savers, di antaranya bebas biaya bulanan, bebas biaya transfer ke bank lain, bebas biaya tarik tunai di semua jaringan ATM, bebas biaya top up e-wallet, serta kemudahan bertransaksi kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet melalui aplikasi OCTO Mobile.

Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan kemudahan bagi Anda yang ingin menabung harian, mingguan, atau bahkan bulanan untuk raih goal impian Anda. Dalam hal ini, jika Anda sedang mengumpulkan dana untuk acara tunangan, Anda bisa menabung menggunakan GOAL Savers agar bisa mengumpulkan uang hingga hari tunangan nanti.

Dengan begitu, Anda jadi lebih disiplin saat menabung dan melakukan setoran rutin fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan goal impian, menabung secara otomatis dari rekening, dan Anda juga bisa memantau perkembangan goal impian di GOAL Savers melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri untuk bisa menabung lebih mudah dan aman bersama CIMB Niaga. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Mastercard Platinum

Bebas biaya iuran tahunan

GOAL Savers-iB

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian