production

Kenali dengan Baik Definisi dan Jenis-jenis Pinjaman Tunai

 

 
 
 
 

Kenali dengan Baik Definisi dan Jenis-jenis Pinjaman Tunai

 

Pinjaman tunai adalah salah satu produk dari perusahaan atau lembaga pembiayaan yang memberikan fasilitas pinjaman kepada calon konsumen baru (peminjam atau debitur). Beberapa waktu belakangan ini, pinjaman tunai berupa uang misalnya, banyak dipilih masyarakat karena setidaknya bisa menjadi solusi atau langkah tercepat untuk berbagai kebutuhan masyarakat yang meningkat.

Pinjaman tunai memang sangat memudahkan karena bisa langsung diakses dan lebih fleksibel. Umumnya, pinjaman tunai mencakup dua hal, yaitu dengan menyertai agunan maupun tanpa menyertai agunan. Jika pinjaman tunai dengan menyertai agunan, maka peminjam diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan, sedangkan jika pinjaman tunai tanpa menyertai agunan berarti tidak ada jaminan apa pun yang dilibatkan.

Di balik itu, ada banyak lembaga pembiayaan yang dapat memberikan fasilitas semacam ini, salah satunya adalah bank. Anda dapat memilih bank yang tepat untuk mendapatkan pinjaman tunai sehingga Anda tidak perlu meminjam dana dari sumber tertentu yang memberikan porsi bunga tinggi. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu memahami juga dua jenis pinjaman tunai tadi.

Pinjaman Uang Tunai dengan Menyertai Agunan

Pinjaman tunai dengan menyertai agunan atau jaminan. Beberapa lembaga di antaranya meliputi tiga produk pembiayaan, yaitu kredit multiguna, pegadaian, dan perusahaan pegadaian milik swasta.

  1. Kredit multiguna

    Kredit multiguna adalah salah satu produk kredit dari perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman tunai kepada peminjam (debitur) dengan memberikan jaminan tertentu. Dengan jaminan itu, besarnya pinjaman yang diperoleh dapat disesuaikan dengan harga barang atau properti yang dijaminkan peminjam. Persyaratan umum bagi peminjam kredit multiguna adalah memiliki pendapatan bulanan yang sesuai dengan produk kredit multiguna yang dipilih. Selain itu, usia pemohon kredit harus berada di atas 21 tahun hingga di bawah 55-60 tahun pada saat masa pelunasan.

  2. Tempat gadai

    Jika Anda mau melakukan pinjaman tunai, maka Anda bisa mengajukan pinjaman tunai ke tempat gadai. Jenis pinjaman di tempat gadai cukup beragam dan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Untuk mengajukan pinjaman tunai di tempat gadai, Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku, seperti beberapa persyaratan yang harus dipenuhi peminjam seperti memiliki kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), surat nikah bagi yang sudah menikah, dan STNK atau BPKB kendaraan bermotor.

    Anda bisa memilih tempat gadai yang di bawah naungan BUMN maupun tempat gadai swasta. Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda harus melihat dulu status tempat gadai tersebut, apakah sudah memiliki izin dan terdaftar di OJK atau belum. Jika sudah, maka Anda diperbolehkan untuk meminjam, kalau belum maka tinggalkan saja.

    Di tempat gadai swasta, sebenarnya persyaratan yang diberikan hampir sama, cukup menyerahkan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), surat nikah bagi yang sudah menikah, dan STNK atau BPKB kendaraan bermotor.

Pinjaman Uang Tunai Tanpa Menyertai Agunan

Kredit tanpa menyertai agunan merupakan salah satu bentuk dari pinjaman tunai yang sudah banyak dikenal masyarakat. Bentuk kredit ini meliputi kredit tanpa agunan (KTA), pinjaman tunai online, dan cash advance kartu kredit.

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

    KTA adalah salah satu produk perbankan yang banyak diminati publik. Jenis pinjaman tunai satu ini tak perlu menjaminkan aset sebagai agunan. Biasanya peminjam menggunakan produk KTA untuk melunasi biaya pendidikan anak, biaya berobat, liburan, dan sebagainya.

    Untuk menggunakan pinjaman KTA, peminjam harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti menyerahkan fotocopy identitas diri (KTP), fotocopy kartu kredit, fotocopy nomor pokok wajib pajak (NPWP), slip gaji atau surat keterangan penghasilan, fotocopy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan rekening koran bank.

  2. Pinjaman online

    Jika Anda membutuhkan dana ekstra tanpa agunan, maka pinjaman tunai online bisa menjadi pilihan. Ini adalah fasilitas pinjaman dana oleh penyedia jasa keuangan yang sifatnya berbasis online. Pinjaman jenis ini bisa diselesaikan dengan cepat, bahkan tanpa perlu keluar rumah. Anda cukup menjangkaunya lewat aplikasi online yang telah tersedia di berbagai tipe ponsel atau aplikasi smartphone. Anda tidak perlu mengantre di bank lagi, bahkan semua pinjaman online itu menawarkan berbagai macam bunga, tenor, dan besaran pinjaman yang berbeda-beda.

    Biasanya persyaratan pinjaman tunai online ini meliputi kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP), minimal keterangan usia peminjam, Kartu Keluarga (KK), buku tabungan, dan peminjam memiliki pekerjaan serta berpenghasilan tetap.

  3. Cash advance kartu kredit

    Solusi pinjaman lainnya adalah cash advance kartu kredit. Produk ini merupakan sejumlah dana yang diberikan bank kepada nasabah. Nantinya, nasabah dapat menarik uang dari rekening kartu kredit tersebut dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Produk cash advance kartu kredit selayaknya disediakan oleh bank, baik milik BUMN maupun swasta. Mengenai jumlah uang yang bisa ditarik nasabah akan bervariasi tergantung kepada kebijakan masing-masing bank.

    Sebelum melakukan cash advance kartu kredit, Anda harus memperhatikan tiga hal. Di antaranya memperhatikan biaya yang dikenakan, suku bunga, dan limit kredit dan batas tarik tunai. Dengan memahami produk dan prosedur pinjaman tunai, Anda tentu bisa lebih bijaksana dalam menentukan pilihan. Yang terpenting, pastikan jumlah uang yang dipinjam sesuai dengan kebutuhan dan usahakan untuk bisa melunasi cicilan tepat waktu.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai pinjaman tunai, baik secara definisi maupun jenis-jenis yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin melakukan pinjaman tunai, Anda bisa memilih pinjaman tunai dengan agunan atau tanpa agunan. Anda pun bisa mendapatkan pinjaman tunai dari CIMB Niaga lewat produknya yaitu CIMB Niaga Xtra Dana. Apa pun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. Mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan, dan kebutuhan lainnya

Keuntungan yang ditawarkan Xtra Dana seperti akses mudah untuk layanan pengajuan aplikasi di semua cabang, call center, OCTO Mobile atau website CIMB Niaga. Bunga khusus dan penawaran pinjaman berdasarkan produk yang Anda miliki di CIMB Niaga. Selain itu, pengajuan Xtra Dana cepat dan mudah, karena persyaratan dokumen sederhana dan proses yang cepat. Anda pun dapat mengakses Xtra Dana lewat OCTO Mobile, OCTO Clicks, Phone Banking, hingga jaringan ATM.

Di samping itu, Anda juga dapat mengakses Xtra Dana syariah lewat layanan CIMB Niaga Xtra Dana iB. Xtra Dana iB merupakan solusi untuk berbagai kebutuhan anda, kami hadir melalui personal financing syariah yang merupakan pembiayaan tanpa jaminan dengan prinsip ijarah multi jasa atau murabahah, untuk memenuhi kebutuhan Anda mulai dari pendidikan, wisata halal, perjalanan ibadah, serta pembelian barang impian Anda melalui mitra terpercaya kami. Anda dapat mengakses informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

X-Tra Dana iB: Solusi berbagai kebutuhan melalui personal financing syariah

Solusi untuk berbagai kebutuhan anda, kami hadir melalui personal financing syariah yang merupakan pembiayaan tanpa jaminan dengan prinsip ijarah multi jasa atau murabahah, untuk memenuhi kebutuhan Anda mulai dari pendidikan, wisata halal, perjalanan ibadah, serta pembelian barang impian Anda melalui mitra terpercaya kami

Xtra KasBon

Dengan Tabungan Payroll CIMB Niaga, kini Anda bisa menikmati fasilitas Xtra KasBon yang dapat diambil lewat mesin ATM kapan saja! Xtra KasBon adalah pinjaman yang selalu siap cair di situasi apapun termasuk keadaan mendesak seperti sebelum tanggal gajian.