production

Contoh Peluang Usaha di Desa Yang Bisa Diikuti

Contoh Peluang Usaha di Desa Yang Bisa Diikuti

Memiliki bisnis sendiri merupakan cita-cita kebanyakan orang. Dengan membangun bisnis sendiri, orang-orang mendapatkan waktu yang lebih fleksibel dan tentunya membuka kesempatan untuk meraih pundi-pundi penghasilan yang jauh lebih besar dibandingkan bekerja dengan orang lain. Untuk merintis sebuah bisnis, setiap calon wirausahawan membutuhkan kemampuan untuk melihat peluang yang ada di sekitarnya. Selain itu, mereka juga harus mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis mereka, salah satunya ialah sisi geografis dimana bisnis tersebut akan dijalankan.

Beragam Peluang Usaha di Desa

Banyaknya masyarakat yang melakukan perpindahan dari desa ke kota –atau yang biasanya disebut sebagai urbanisasi– membuat perkotaan menjadi semakin hiruk pikuk. Akibatnya, banyak orang yang tertarik menggerus lahan miliknya untuk dibangun menjadi tempat tinggal, seperti perumahan dan apartemen. Selain itu, banyaknya lapangan pekerjaan menjadi tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang memenuhi kota.

Salah satu faktor yang mendorong terjadinya urbanisasi adalah adanya persepsi  tentang peluang bisnis di kota-kota besar yang lebih menjanjikan dibandingkan di desa. Padahal, ada banyak peluang usaha di desa yang dapat dirintis dan dapat meraup keuntungan yang tidak kalah besar dengan peluang usaha di kota. Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha di desa yang dapat Anda coba.

  1. Peternakan

    Peternakan merupakan peluang usaha di desa yang hampir tidak mungkin dapat dibangun di kota. Mengapa demikian? Alasannya adalah usaha peternakan membutuhkan lahan yang cukup luas, apalagi jika hewan yang diternak merupakan hewan-hewan yang memiliki ukuran besar seperti sapi, kambing, dan kerbau. Semakin sempitnya lahan di perkotaan membuat peluang usaha di desa seperti peternakan menjadi suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Terlebih lagi harga tanah di kota semakin melonjak di setiap tahunnya, tidak seperti di desa yang harga tanahnya masih bisa dijangkau.

    Kesempatan untuk membuka bisnis peternakan menjadi peluang usaha di desa yang menjanjikan karena hasil ternak dibutuhkan oleh masyarakat luas, baik yang di desa maupun yang berada di kota. Hewan ternak seperti ayam, sapi, dan kambing, dagingnya dimanfaatkan sebagai lauk makanan sehari-hari. Selain itu, ayam juga menghasilkan telur yang dapat dijual. Sedangkan, sapi juga menghasilkan susu yang dapat dikonsumsi oleh manusia ataupun diolah menjadi produk lainnya, seperti keju, yogurt, dan mentega.

  2. Perkebunan

    Membuka peluang usaha di desa dengan membangun perkebunan harus memiliki sistem pengairan yang baik supaya tumbuhan yang ditanam dapat berbuah manis saat masa panen. Selain kurangnya lahan, perkotaan memiliki permasalahan pada sistem drainasenya karena banyaknya gedung perkantoran dan perumahan di perkotaan membuat sistem drainase menjadi rumit. Hal tersebut membuat usaha perkebunan sulit didirikan di kota-kota besar sehingga lebih cocok dijalankan di pedesaan yang tentunya memiliki sistem drainase yang lebih baik.

    Sama halnya dengan peternakan, hasil perkebunan juga merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Contohnya, hasil dari perkebunan sayur-mayur yang dijadikan sebagai lauk setiap hari. Ada juga perkebunan yang menghasilkan bahan rempah untuk bumbu masakan, seperti perkebunan bawang, cabe, dan jahe. Oleh karena itu, bisnis perkebunan bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha di desa dengan potensi keuntungan yang besar.

  3. Perikanan

    Salah satu peluang usaha di desa yang cenderung sulit dilakukan di kota adalah perikanan. Membudidayakan ikan membutuhkan udara yang segar dan air yang jernih. Tanpa dua hal tersebut, ikan yang dikembangbiakan tidak akan memiliki kualitas yang baik. Membuka tambak ikan di kota cenderung memiliki resiko kerugian karena udaranya tercemar polusi dan airnya tercemar limbah.

    Tambak ikan merupakan peluang usaha di desa yang bisa dipertimbangkan keuntungannya. Ikan menjadi komoditas yang banyak diincar oleh berbagai kalangan. Ikan yang bisa dikonsumsi, seperti ikan tuna, ikan gurame, dan ikan mas, diinginkan oleh restoran yang menyajikan makanan laut dan masyarakat. Selain itu, budidaya ikan hias juga bisa dijadikan pilihan sebagai peluang usaha di desa.

  4. Toko Sembako

    Peluang usaha di desa lainnya yang juga menarik untuk dirintis adalah membuka toko sembako. Pada dasarnya, bahan pokok, seperti gula, minyak, beras, dan garam, merupakan kebutuhan krusial yang diperlukan oleh manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Masyarakat perkotaan lebih percaya agen sembako dan supermarket sebagai tempat membeli bahan pokok, sedangkan masyarakat desa lebih condong membeli bahan pokok di toko sembako karena jauhnya akses ke supermarket ataupun agen sembako.

    Mendirikan toko sembako di pedesaan merupakan keputusan bisnis yang menguntungkan karena tidak ada persaingan dari supermarket dan agen sembako. Terlebih lagi apabila Anda memiliki distributor sembako dengan harga yang miring, Anda memiliki kesempatan untuk menurunkan harga barang yang dijual sehingga toko sembako yang Anda buka di desa akan kebanjiran pelanggan.

  5. Konter Pulsa

    Pulsa telah menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh setiap orang di era digital ini. Pulsa digunakan untuk menelepon, mengirimkan pesan, dan membeli kuota internet untuk gawai. Untuk memenuhi kebutuhan pulsanya, masyarakat perkotaan cenderung menggunakan pelayanan yang disediakan oleh e-commerce. Di sisi lain, masyarakat desa lebih nyaman membeli pulsa di konter pulsa. Hal ini dapat terjadi karena kepraktisan pengisian pulsa di konter pulsa serta kurangnya pemahaman tentang pembelian pulsa di e-commerce. Dengan demikian, membuka usaha konter bisa dijadikan sebagai peluang usaha di desa.

    Membuka usaha konter pulsa merupakan peluang usaha di desa yang dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar meskipun modalnya kecil. Selain itu, Anda tidak memerlukan keahlian khusus dan karyawan tambahan untuk mendirikan usaha ini. Cukup sediakan satu buah telepon genggam dan saldo deposit pulsa, Anda sudah bisa menjalankan peluang usaha di desa ini. Anda juga dapat menghasilkan pundi-pundi tambahan dengan menjual aksesoris telepon genggam, seperti charger, softcase/hardcase, serta anti gores, dan kartu perdana.

Untuk merintis berbagai peluang usaha di desa, Anda pasti memerlukan modal yang cukup. Kurangnya modal dapat berakibat pada pembangunan usaha yang tidak maksimal. Misalnya saja, Anda memutuskan untuk merintis toko sembako sebagai peluang usaha di desa namun modal yang dimiliki kurang mencukupi sehingga ada beberapa barang yang terpaksa harus ditiadakan terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membuat toko sembako Anda dianggap kurang lengkap. Namun, sedikitnya modal atau bahkan sama sekali tidak memiliki modal jangan menjadi penghalang untuk Anda membangun peluang usaha di desa.

Jalan keluar paling tepat yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari CIMB Niaga. Syaratnya mudah dan prosesnya cepat. Pelayanan yang diberikan juga baik sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengetahui program ini lebih dalam. Selain modal peluang usaha di desa, Anda juga dapat mengajukan KTA untuk renovasi rumah dan membayar biaya pendidikan anak. Syarat dan ketentuan dapat dilihat di sini.