production

Cara Memulai Usaha di 2020? Begini Caranya

Cara Memulai Usaha di 2020? Begini Caranya

 

 

Keinginan untuk memiliki sebuah usaha sendiri tentu menjadi impian banyak orang. Namun terkadang, keinginan tersebut terhalang oleh modal besar yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut. Namun seiring berjalannya perkembangan zaman, kini memulai usaha tidaklah lagi menomorsatukan modal besar. Dengan modal kecil dan kekonsistenan memanfaatkan peluang bisnis, Anda sudah bisa memulai usaha Anda sendiri dari mulai dari nol.

Salah satu solusi untuk memulai usaha dengan modal kecil adalah dengan memulai usaha berbasis rumahan. Banyak keuntungan yang didapat dengan memulai usaha rumahan ini. Seperti Anda menghemat uang untuk menyewa tempat usaha dengan memanfaatkan ruang kosong di rumah Anda. Jadi, modal Anda bisa dialokasikan untuk kebutuhan usaha lainnya. Untuk mencapai kesuksesan dalam memulai usaha Anda sendiri, berikut ini ada beberapa cara memulai usaha dari nol yang harus Anda lakukan ketika ingin sukses memulai usaha Anda sendiri.

1. Meminta dukungan penuh dari keluarga

Keluarga menjadi bagian terpenting sebelum memulai usaha, apalagi jika Anda terbilang baru akan merintis bisnis Anda. Cara memulai usaha yang pertama ini terbilang mudah, Anda hanya perlu menjelaskan keinginan Anda untuk memulai usaha dan juga bisa sekaligus meminta dukungan materil dan non materil. Keluarga bisa menjadi bagian dari suksesnya usaha Anda, apalagi keluarga bisa membantu untuk usaha Anda. Jadi, jangan sungkan untuk meminta dukungan penuh dari keluarga Anda, sebagai cara memulai usaha yang menjanjikan.

2. Mempelajari Administrasi keuangan untuk usaha Anda

Cara memulai usaha yang kedua adalah dengan mempelajari ilmu administrasi keuangan. Ilmu administrasi ini tidak hanya bisa Anda dapatkan di instansi resmi, bisa juga Anda dapatkan dari beberapa orang yang telah sukses merintis usahanya. Misalnya keluarga atau teman Anda yang memiliki usaha sendiri. Tujuan dari mempelajari ilmu dasar administrasi ini agar kelangsungan usaha Anda berjalan lancar tanpa adanya masalah administrasi. Selalu lakukan pencatatan administrasi, walaupun nilai usaha Anda tidak begitu besar dan jangan pernah juga mencampurkan keuangan milik pribadi ke dalam usaha Anda.

3. Jauhkan pikiran Anda dari kegagalan

Cara memulai usaha ketiga yaitu jauhkan pikiran Anda dari yang namanya kegagalan berbisnis. Dalam bisnis hanya ada 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Seorang pebisnis tidak akan pernah merasa takut gagal, apalagi jika Anda masih menjadi pebisnis pemula. Pola pikir Anda harus diluruskan dulu sebelum benar-benar melangkah ke cara memulai usaha selanjutnya. Jika dari awal saja Anda sudah merasa tidak yakin dengan usaha yang dijalani, maka dipastikan kedepannya usaha Anda akan mengalami kegagalan. Jadi, tanyakan pada diri Anda sendiri, kuat mana antara berpikir sukses dan gagal sebelum memulai usaha.

4. Tentukan tujuan, visi, dan misi usaha Anda

Cara memulai usaha yang keempat adalah menentukan tujuan, visi, dan misi dari usaha yang akan Anda rintis. Menentukan ketiga hal di atas ini penting untuk menentukan arah tujuan usaha Anda kedepannya. Walaupun usaha yang akan rintis hanya usaha rumahan dengan modal kecil, ketiga hal tersebut tetap harus Anda tentukan. Jadi, pastikan memulai usaha ini Anda memiliki target untuk dicapai, tidak hanya asal jalan apalagi tujuannya hanya mengikuti trend yang ada. Tanpa adanya tujuan, visi, dan misi, Anda akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha yang akan Anda jalani.

5. Hitung kebutuhan modal

Cara memulai usaha yang kelima ini yaitu masuk ke menghitung kebutuhan modal usaha Anda. Besar atau kecilnya modal Anda dalam memulai usaha, Anda tetap harus menghitung kebutuhan modal usaha tersebut. Karena Anda tidak akan memulai usaha Anda, jika modal yang Anda miliki belum cukup. Hitunglah kebutuhan modal secara teliti, apa saja kebutuhan paling penting untuk memulai menjalankan usaha Anda. Hindari pembelian kebutuhan usaha Anda yang dirasa belum perlu. Cara memulai usaha yang kelima ini bertujuan agar memiliki gambaran yang jelas mengenai modal untuk memulai usaha tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan banyak hal soal modal sebelum benar-benar melangkah memulai usaha.

6. Pilihlah jenis usaha sesuai minat

Cara memulai usaha yang keenam adalah poin yang sangat penting. Mengapa? Karena sebelum memulai usaha Anda harus menentukan bidang usaha Anda sesuai minat yang dimiliki. Tujuannya agar usaha yang akan Anda jalani ini akan lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalani. Dengan dilandasi minat tersebut, Anda akan merasa lebih semangat dan pekerjaan membangun usaha ini juga akan terasa lebih ringan. Cara memulai usaha ini dengan minat yang sesuai bidang Anda, dan hindari memilih usaha yang tidak sesuai dengan minat Anda. Misalnya Anda punya skill dan hobi memasak, sudah jelas Anda akan memilih memulai usaha kuliner dan semacamnya. Dari hobi yang Anda miliki, bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

7. Tentukan waktu untuk memulai usaha

Cara memulai usaha yang ketujuh ini Anda sudah bisa menentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha. Jangan menentukan waktu secara asal-asalan, karena memulai usaha bukan perkara main-main. Jangan juga terburu-buru, karena memulai usaha memerlukan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja Anda bisa mengalami kerugian. Misalnya, saat mendekati bulan suci Ramadhan, usaha yang paling tepat adalah berjualan busana muslim dan kue-kue lebaran. Dari contoh tersebut Anda bisa memiliki gambaran jelas soal waktu yang tepat untuk memulai usaha. Jadi, pilihlah waktu yang tepat untuk memulai usaha Anda.

8. Tentukan keunikan dari produk atau jasa usaha Anda

Cara memulai usaha yang kedelapan ini juga tidak kalah penting dengan cara memulai usaha yang lainnya. Karena, di dunia bisnis ada yang namanya persaingan, jadi dengan cara memulai usaha yang satu ini Anda harus menentukan keunikan dari produk atau jasa di usaha Anda. Tujuannya agar Anda bisa melewati proses persaingan bisnis tersebut. Apalagi sekarang ini persaingan semakin ketat, sehingga setiap produk atau jasa yang dipasarkan harus memiliki daya tarik lebih dan menarik hati konsumen. Selain itu, dengan menentukan keunikan produk atau jasa usaha Anda, para konsumen akan lebih mengingat produk Anda dibanding dengan produk brand lain yang serupa.

9. Buatlah strategi promosi yang tepat untuk produk atau jasa

Cara memulai usaha kesembilan ini harus Anda pikirkan matang-matang dan tepat sasaran. Membuat strategi promosi yang tepat untuk usaha Anda merupakan hal wajib. Tujuannya untuk memperkenalkan produk usaha Anda ke calon konsumen. Semakin tepat promosi yang Anda lakukan, semakin banyak orang yang mengetahui produk di usaha Anda. Apalagi zaman semakin canggih dan mudah dalam mempromosikan apapun. Itu menjadi nilai plus yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda.

10. Lakukan evaluasi untuk terus memberikan yang terbaik

Cara memulai usaha yang terakhir ini bisa dibilang cara memulai usaha yang kerap kali jarang diterapkan di bisnis. Padahal, cara memulai usaha yang terakhir ini cukup penting dalam kunci kesuksesan usaha Anda. Evaluasi usaha yang Anda jalani bertujuan agar Anda bisa terus belajar mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Dengan begitu, Anda akan terus meningkatkan kinerja dan selalu ingin terus memberikan yang terbaik untuk konsumen usaha Anda. Hal tersebut juga sangat berpengaruh dengan konsumen produk Anda, karena kepuasan yang didapat oleh para konsumen menjadikan mereka ingin terus kembali dan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jadi, jangan sepelekan evaluasi di bisnis Anda.

Setelah melakukan seluruh cara memulai usaha di atas, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pengelolaan keuangan secara tepat di usaha Anda yang tengah berjalan. Dengan begitu, usaha yang sedang Anda kelola dapat berkembang sukses dan modal yang sudah Anda pertaruhkan bisa kembali seiring datangnya keuntungan.

Mengingat soal modal, kini CIMB Niaga dengan program Xtra Dana menyediakan solusi pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) untuk Anda usia 21-55 tahun yang ingin memulai usaha. Anda bisa memanfaatkan modal pinjaman yang ditawarkan CIMB Niaga sebagai salah satu cara memulai usaha di tahun 2020 ini. Jika Anda tertarik, klik KTA untuk informasi lebih lanjut.