production

Bisnis Kuliner, Bisnis Andalan Para Pengusaha Pemula

Bisnis Kuliner, Bisnis Andalan Para Pengusaha Pemula

Memiliki bisnis sendiri bukan merupakan hal yang mudah. Namun, keuntungan yang didapatkan di dalam membangun bisnis tentunya lebih besar dibandingkan bekerja di suatu perusahaan. Selain keuntungan materi yang sudah pasti jauh lebih banyak, kamu juga berhak untuk mengatur keuangan dan waktu sendiri yang tentunya tidak kamu miliki apabila masih berstatus sebagai karyawan.

Membangun bisnis untuk yang pertama kali pasti menimbulkan rasa khawatir akan kegagalan. Namun, ada beberapa contoh bisnis kuliner yang sekarang ini menjadi incaran masyarakat sekitar yang dapat kamu tiru untuk mengawali bisnis yang kamu punya. Sejatinya, makanan dan minuman merupakan kebutuhan manusia sehari-hari sehingga bisnis kuliner sudah pasti tidak akan pernah mati. Perputaran uang yang cepat dan modal yang cenderung kecil juga menjadi nilai plus mengapa bisnis kuliner cocok untuk para pemula.

Bisnis Kuliner yang Cocok untuk Pemula

  1. Kuliner Khas Tempat Nongkrong

    Jaman sekarang, siapa yang tidak suka nongkrong? Melepas penat setelah bekerja dengan bersenda gurau dan mengobrol bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Ditambah lagi apabila ditemani makanan dan minuman ringan di sela-sela pembicaraan, bincang-bincang tersebut tentunya akan tambah mengasyikan. Apalagi makanan dan minuman yang ditawarkan juga ramah di dompet, terutama untuk anak-anak yang masih duduk di bangku SMA dan kuliah, tempat nongkrong tersebut akan semakin menarik banyak pengunjung. Oleh karena itu, sekarang ini bisnis kuliner yang mengusung konsep tempat nongkrong laku keras di pasaran.

    Mayoritas pengusaha bisnis kuliner tempat nongkrong lebih memfokuskan penjualan di makanan dan minuman ringan sehingga tidak memerlukan modal yang besar untuk bahan bakunya. Ada beberapa menu makanan andalan yang biasanya terdapat di tempat nongkrong, seperti roti bakar, pisang bakar, dan mie instan. Untuk minumannya, tersedia es teh tarik, kopi, dan susu.

    Berminat membuka bisnis kuliner dengan konsep tempat nongkrong tapi budget yang dimiliki pas-pasan? Jangan khawatir karena kamu bisa membuat gerai seperti warkop (warung kopi) sederhana. Namun, jika kamu memiliki dana yang cukup, mendandani tempat nongkrong dengan nuansa kafe merupakan pilihan yang baik.

  2. Boba

    Minuman segar dengan tambahan topping boba atau yang juga akrab disebut bubble selalu mampu jadi penyejuk dahaga. Rasanya yang unik dengan teksturnya yang kenyal, membuat siapapun tertarik untuk melahapnya. Akhir-akhir ini, terdapat fenomena ‘demam boba’ di masyarakat Indonesia. Apapun minumannya, apabila ditambah dengan boba, pasti laris manis.

    Kesempatan ini bisa kamu gunakan sebagai peluang bisnis kuliner. Membuka bisnis kuliner seperti ini tidak perlu modal yang banyak. Kamu hanya butuh sewa satu ruko dengan kursi dan meja secukupnya. Karyawan yang dipekerjakan juga tidak banyak, 1-2 orang karyawan sudah bisa mengawali bisnis kuliner milikmu. Pilihan lainnya yang dapat meringankan modalmu adalah berjualan dengan gerobak serta kamu selaku peracik minumannya sendiri sehingga kamu tidak membutuhkan karyawan tambahan. Sebagai variasi, tambahkan aneka topping minuman lainnya selain boba, misalnya agar-agar, choco chips, dan kacang merah.

  3. Coffee Shop

    Apabila kamu merupakan “penggila” kopi atau memiliki ketertarikan khusus dengan kopi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan hal tersebut. Kamu bisa membuat gerai kopi sebagai pilihan bisnis kuliner yang menjanjikan. Sekarang ini, kopi sudah tidak lagi menjadi kebutuhan orang-orang yang tetap harus terjaga di malam hari, melainkan sudah menjadi trend.

    Walaupun sudah banyak coffee shop yang berjamur di ruas-ruas jalanan, bukan berarti kamu kehilangan kesempatan. Carilah pembeda antara coffee shopmu dengan coffee shop yang lain. Tidak hanya itu, buatlah menu yang lebih bervariatif, misalnya menyediakan susu, coklat, dan teh sebagai pilihan alternatif untuk mereka yang tidak menyukai kopi serta menawarkan makanan pengganjal perut maupun makanan berat. Ingat bahwa konsep utama bisnis kulinermu adalah kopi sehingga kamu harus menyediakan aneka ragam kopi untuk menarik pecinta kopi.

  4. Bakso & Mie Ayam

    Bakso dan mie ayam memang sudah dikenal dari zaman dahulu namun bukan berarti masyarakat Indonesia tidak lagi menyukainya. Dua makanan dengan cita rasa gurih tersebut sudah menempati hati semua kalangan. Oleh sebab itu, bakso dan mie ayam masih tetap exist hingga sekarang.

    Menjual bakso dan mie ayam bisa menjadi opsi yang baik untuk memulai bisnis kuliner sebab hampir semua orang pasti menyukai bakso dan mie ayam. Selain itu, dua makanan tersebut cenderung bersifat berat di perut sehingga dapat menggoda orang-orang yang sedang bosan dengan menu nasi.

    Tempat untuk berjualan bakso dan mi ayam dapat kamu pilih sesuai dengan modal yang dimiliki. Kamu hanya membutuhkan sekitar Rp 5.000.000 untuk memulai bisnis kuliner bakso dan mie ayam di gerobak. Jika kamu lebih berminat untuk membukanya dengan model toko, modal yang diperlukan tentunya lebih besar namun kamu dapat mengakalinya dengan berjualan di rumah.

  5. Salad Buah

    Banyak orang yang mulai memikirkan kesehatan dan bentuk badan ideal. Hal ini terbukti dengan ramainya klub kebugaran dan ludesnya makanan atau minuman sehat, seperti suplemen, susu, dan buah. Seperti yang sudah diketahui, buah merupakan kudapan sehat yang baik untuk tubuh dan cocok dijadikan sebagai asupan pengganti makanan berat yang dilarang ketika melakukan program penurunan berat badan.

    Orang-orang yang menjadikan buah sebagai gaya hidup kerap kali memiliki permasalahan saat memilih buah. Mengkonsumsi buah yang hanya itu itu saja tentunya membosankan, sedangkan ingin memiliki banyak variasi buah membutuhkan dana yang besar untuk digelontorkan. Permasalahan yang mereka alami ini bisa kamu jadikan celah untuk membangun bisnis kuliner, yaitu bisnis salad buah.

    Sebagai permulaan, kamu cukup menyediakan lima macam buah yang disukai banyak orang pada umumnya, seperti stroberi, melon, apel, buah naga, dan anggur. Selain aneka buah, kamu juga bisa menambahkan agar-agar sebagai variasi. Untuk sausnya, sediakan mayonnaise, plain yoghurt, susu kental manis, dan taburan keju. Harga yang ditawarkan bisa kamu sesuaikan dengan ukuran mangkuk plastik.

    Membangun bisnis kuliner dengan salad buah hanya menggelontorkan modal kecil dengan untung yang terbilang besar. Bayangkan saja satu buah naga bisa kamu potong-potong untuk empat mangkuk. Kamu juga tidak membutuhkan karyawan dan tempat sewa karena kamu dapat menekuninya sendiri di rumah.

Cara Ampuh Memajukan Bisnis Kuliner

Di dunia bisnis kuliner, cita rasa tentunya menjadi penentu sukses atau tidaknya bisnis tersebut. Namun di balik itu, terdapat beberapa faktor yang juga jadi penentu. Misalnya saja kamu membuka coffee shop di dalam gang, hal ini dapat menyebabkan sepi pembeli karena apa yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, pilihlah tempat yang strategis dan cocok dengan bisnis kuliner yang kamu pasarkan.

Tidak ada salahnya mengadakan promo, seperti beli satu gratis satu atau pemotongan harga, di perjalanan awal merintis bisnis kuliner. Promo yang seperti ini dapat dijadikan sarana penarik pengunjung untuk mencicipi menu yang kamu tawarkan. Setelah mereka selesai berkunjung, mereka tidak akan sungkan untuk kembali lagi apabila cita rasa dan kenyamanannya pas di hati mereka.

Jangan sia-siakan kemajuan teknologi yang ada. Sekarang ini, orang-orang dapat memesan makanan dan minuman melalui online delivery platform. Dengan mudahnya, mereka dapat melihat-lihat bisnis kuliner apa saja yang terdapat di sekitar mereka lalu memesannya secara online. Buatlah kerja sama dengan platform tersebut sebagai tempat promosi dan memudahkan para pembeli untuk mengorder pesanan. Hal ini tentunya akan memberikan nilai tambah pada bisnis kuliner yang kamu punya.

Untuk membangun bisnis kuliner yang sukses, kamu harus memiliki modal yang cukup untuk bahan baku, penyewaan tempat, dan karyawan. Bisnis yang dipaksakan dapat berakibat hasil yang tidak maksimal sehingga menghasilkan kerugian yang cukup besar. Namun, kamu tidak perlu khawatir apabila hendak membangun bisnis kuliner tapi belum memiliki modal sebab kamu bisa mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) di bank CIMB Niaga. Berkat akses yang mudah, persyaratan dokumen yang mudah dan cepat, bisnis kulinermu akan menjadi kenyataan bukan lagi impian. Syarat dan ketentuan cek di sini.