production

6 Langkah Tepat Untuk Tingkatkan Bisnis Kopi Anda

 

 
 
 
 

6 Langkah Tepat Untuk Tingkatkan Bisnis Kopi Anda

 

Bisnis kopi, terutama bisnis minuman kopi kekinian jadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Sejak beberapa tahun ke belakang, demand konsumen terhadap minuman kopi kekinian semakin hari semakin meningkat. Melihat dari meningkatnya konsumen terhadap kebutuhan minum kopi, menjadikan bisnis kopi jadi sebuah lahan yang cukup membawa keuntungan secara pengalaman dalam mengembangkan usaha serta meningkatkan kekuatan finansial Anda. 

Dalam meningkatkan bisnis kopi, tentu saja Anda memerlukan riset yang cukup mendalam demi mengembangkan sebuah bisnis. Pasalnya karena banyaknya persaingan, bisnis kopi yang Anda lakukan memerlukan keunggulan atau keunikan tersendiri yang dapat menarik perhatian calon pelanggan Anda. menggunakan hasil riset sebagai pembeda bisnis kopi Anda dengan yang lainnya tidak hanya mampu menghadirkan ciri khas, namun juga dapat mudah diingat bagi para pelanggan untuk menentukan minuman kopi yang cocok dengan suasana hati.

 

Langkah-langkah untuk kembangkan bisnis kopi Anda

Selain riset, masih ada beragam langkah yang bisa lakukan untuk meningkatkan bisnis kopi kekinian di masa sekarang. Anda juga bisa memaksimalkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis kopi Anda secara online sehingga semua orang dari luar daerah bisa mengetahui tentang bisnis kopi yang sedang Anda geluti. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan bisnis kopi kekinian.

1. Temukan konsep yang menarik

Sesaat melakukan riset untuk bisnis kopi Anda, konsep merupakan hal utama yang perlu Anda pikirkan terlebih dahulu. Sebagaimana yang telah diinformasikan sebelumnya, Anda membutuhkan ciri khas yang membedakan bisnis kopi kekinian Anda dengan para kompetitor lainnya. Konsep yang menarik dari bisnis kopi ini tidak hanya berkutat pada jenis dan nama minuman atau makanan yang dijual saja. Anda juga bisa membangun atmosfer yang berbeda dari gaya bangunan serta interior yang Anda usung untuk tempat bisnis kopi Anda nantinya. Selain itu, konsep juga bisa membantu menentukan target pasar yang sesuai. 

Misal Anda merancang konsep bisnis kopi Anda untuk orang-orang yang ingin bekerja atau belajar di luar rumah, tentu perlu adanya ruang yang nyaman serta pilihan interior dan musik yang bisa menunjang aktivitas pelanggan Anda. Anda juga bisa membuat tempat khusus untuk meeting misalnya. Jika Anda ingin menghadirkan konsep alam, Anda bisa menghadirkan area outdoor yang dihiasi oleh berbagai macam tanaman yang indah. Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset secara menyeluruh demi menemukan konsep yang sesuai guna menghadirkan keuntungan terhadap bisnis kopi Anda nantinya.

2. Temukan supplier biji kopi berkualitas

Dalam menjalankan bisnis kopi, tentu saja kualitas sajian kopi menjadi hal yang bakal jadi penentu apakah bisnis kopi Anda akan digemari oleh konsumen yang gemar minum kopi atau tidak. Maka dari itu, memilih supplier biji kopi berkualitas merupakan sebuah kewajiban yang perlu Anda penuhi sesaat ingin menjalankan bisnis kopi kekinian. Menemukan supplier biji kopi yang berkualitas tentu akan meningkatkan cita rasa sajian minuman kopi kekinian untuk dinikmati oleh para penikmat kopi. 

Dengan maraknya bisnis kopi di kota-kota besar di Indonesia, tentu supplier biji kopi berkualitas akan memasang harga yang cukup tinggi agar produknya bisa sampai ke tempat Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Anda juga bisa bertanya kepada teman Anda yang lebih dulu meningkatkan bisnis kopi. Siapa tau dengan referensi yang ada, Anda bisa menemukan supplier biji kopi berkualitas sesuai dengan modal Anda. Seiring berjalannya bisnis kopi yang digeluti, Anda juga perlu menambah wawasan tentang kualitas biji kopi serta jenis dan karakteristiknya, agar Anda bisa menghadirkan inovasi di kemudian hari dan tetap membuat pelanggan betah menikmati minuman kopi kekinian di tempat bisnis kopi Anda berada. 

3. Pilih lokasi strategis

Lokasi juga punya peranan penting dalam bisnis kopi Anda. Memilih lokasi yang baik dan strategis akan memudahkan Anda dalam menentukan target konsumen yang tepat, sekaligus mempercepat perkembangan bisnis kopi yang akan Anda geluti. Anda bisa sesuaikan lokasi dengan konsep yang telah Anda temukan dari hasil riset perihal bisnis kopi yang Anda inginkan. Dari situ Anda bisa lebih yakin untuk menemukan lokasi strategis. Akan sangat baik, jika Anda memilih lokasi strategis yang berdekatan dengan perkantoran atau universitas. Orang-orang yang berada di perkantoran atau universitas cenderung membutuhkan asupan kopi demi menunjang kegiatannya sehari-hari agar memberikan hasil yang optimal, serta dapat meningkatkan prospek bisnis kopi yang sedang Anda geluti

4. Tentukan target konsumen

Dalam menentukan target konsumen, Anda perlu lebih dahulu menentukan konsep serta lokasi dari bisnis kopi Anda yang akan dikembangkan nantinya. Berangkat dari situ, konsumen Anda akan menyesuaikan dengan citra dan lokasi dari bisnis kopi Anda. Tidak ada salahnya dalam menentukan target konsumen tertentu, baik masyarakat di kalangan menengah atau menengah ke atas. Hampir seluruh target konsumen yang Anda tentukan akan diharapkan untuk menghadirkan dampak positif dalam keberlangsungan bisnis kopi Anda. Dengan memiliki target konsumen yang sesuai, secara perlahan Anda pun akan melakukan inovasi pada tempat bisnis kopi Anda nanti yang dapat meningkatkan kenyamanan konsumen dalam menikmati suasana serta sajian kopi berkualitas yang dihidangkan.

5. Hitunglah modal secara rinci

Selanjutnya, dalam meningkatkan atau menghadirkan sebuah perkembangan dalam usaha apapun tentu Anda membutuhkan modal. Dengan banyaknya pesaing dan Anda menginginkan konsep bisnis kopi yang berbeda, maka modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perhitungan terhadap modal bisnis kopi Anda secara rinci. 

Setidaknya untuk meningkatkan bisnis kopi, Anda perlu mempersiapkan perhitungan modal meliputi alat atau mesin pembuat kopi, biaya supplier kopi, biaya pengeluaran bahan-bahan pendukung makanan dan minuman, kebutuhan dapur, biaya sewa dan renovasi, furnitur, keamanan, gaji pegawai, serta biaya promosi. Tanpa perhitungan yang tepat bisa-bisa Anda bukannya mendapatkan untung, malah jadi merugi dalam menjalankan bisnis kopi. Namun, jika dirasa Anda hanya membutuhkan modal tambahan untuk memenuhi sisa perhitungan modal untuk lebih mengembangkan bisnis kopi yang sedang digeluti, Anda bisa melakukan pinjaman dengan program KTA yang mudah dan cepat.

6. Lakukan promosi

Satu langkah lainnya demi meningkatkan prospek bisnis kopi yang sedang Anda geluti, tentu saja Anda harus melakukan promosi. Apalagi jika Anda menghadirkan inovasi dengan cara mengubah konsep yang berbeda dari sebelumnya. Promosi melalui media sosial bisa Anda lakukan secara gratis maupun berbayar. Untuk yang gratis, Anda bisa memaksimalisasi promosi dengan menggunakan platform media sosial yang cukup digemari oleh para konsumen. Sedangkan yang berbayar, Anda dapat melakukan kolaborasi bersama influencer atau artis untuk meningkatkan awareness serta menjangkau potensi konsumen yang lebih luas lagi.

Mungkin Anda telah memahami langkah-langkah yang baik untuk mengembangkan bisnis kopi Anda saat ini, namun inovasi atau langkah tersebut harus terhalau akibat modal yang belum sesuai. Demi memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis kopi, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui program KTA dari CIMB Niaga. Bersama program KTA CIMB Niaga, Anda berkesempatan untuk dapat menikmati fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari CIMB Niaga dengan persyaratan dan ketentuan yang mudah untuk dipahami dan dipenuhi.

Dapatkan juga akses mudah dengan layanan pengajuan aplikasi di semua cabang, call center, melalui OCTO Mobile, serta website CIMB Niaga.Temukan info selengkapnya tentang produk KTA CIMB Niaga di sini.

 

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan