production

Persiapkan Biaya Umroh Sejak Dini

 

 
 
 
 

Persiapkan Biaya Umroh Sejak Dini

 

Umroh merupakan ibadah yang diimpikan oleh umat muslim untuk bisa terlaksana. Pasalnya, menapakkan kaki di tanah suci sekaligus melaksanakan ibadah umroh atau haji merupakan salah satu impian bagi siapapun yang ingin menunaikan serta menyempurnakan kewajiban sebagai umat muslim dalam ajaran agama Islam. Namun dalam mempersiapkan biaya umroh, Anda memerlukan jumlah dana yang tidak terbilang sedikit. Apalagi sepanjang biaya umroh mendapatkan peningkatan terkait regulasi keamanan dan kesehatan di masa pandemi.

Besaran biaya umroh 

Sebelum berniat untuk menyiapkan biaya umroh untuk tahun ini maupun tahun-tahun berikutnya, alangkah baiknya Anda lebih dulu memahami mengenai peraturannya terlebih dahulu. Mahalnya biaya umroh semenjak masa pandemi ini terjadi karena adanya ketentuan karantina selama 14 hari. Ketentuan karantina selama 14 hari tersebut diterbitkan oleh pemerintah Arab Saudi selaku tuan rumah kegiatan ibadah umroh untuk berbagai umat muslim di berbagai negara, termasuk Indonesia yang hendak menjalankan ibadah umroh.

Dengan ketentuan tersebut, tentu kebutuhan mempersiapkan biaya umroh pun akan meningkat. Beberapa pihak agen perjalanan yang juga mengurusi kesiapan umat muslim Indonesia untuk keberangkatan umroh memprediksi bahwa setiap orang perlu setidaknya mempersiapkan uang sebanyak Rp 10 juta sebagai dana tambahan biaya umroh termasuk untuk memenuhi segala kebutuhan di masa karantina. Sedangkan untuk biaya umrohnya sendiri biasanya terbagi dari ketentuan program dari beberapa agen perjalanan tersebut.

  1. Biaya umroh reguler

    Penawaran program dengan biaya umroh reguler ini merupakan program yang umum ditemukan di berbagai agen perjalanan di Indonesia. Sesuai dengan namanya yang reguler, Anda akan mendapatkan fasilitas kelas reguler, tapi dengan beberapa manfaat yang akan membantu ibadah umroh di Tanah Suci jadi lebih nyaman. Untuk biaya umroh reguler ini, biasanya biaya tersebut mencakup untuk kegiatan ibadah umroh selama 9 hingga 13 hari di Tanah Suci. 

    Setiap calon peserta umroh akan diterbangkan menuju kota Mekah dan Madinah di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umroh. Untuk fasilitas penginapan umrohnya sendiri akan ditempatkan pada hotel bintang 4 dengan lokasi yang dekat menuju pusat ibadah umroh. Sehingga tidak memakan waktu yang banyak untuk aspek persiapan dan transportasi setiap harinya. Bagi Anda yang berminat untuk melakukan ibadah umroh di program reguler, biaya yang Anda butuhkan berkisar dari Rp 23.000.000 hingga Rp 30.000.000.

  2. Biaya umroh premium

    Di luar program umroh reguler, agen perjalanan biasanya juga akan menawarkan program dengan biaya umroh premium. Secara mendasar, biaya umroh ini tentu akan mencakup pada segala kebutuhan Anda semasa menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci dalam jangka waktu yang sama dengan program reguler. Namun ada sedikit hal yang berbeda dan bisa jadi catatan bagi Anda yang berminat untuk memilih program ibadah dengan biaya umroh premium. Untuk biaya umroh premium, yang membedakan dengan program reguler adalah lokasi dan kualitas dari hotel tempat Anda menginap di Tanah Suci. 

    Dengan memilih program umroh premium, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menginap di hotel dengan lokasi yang sangat dekat dengan Masjidil Haram dan masjid Nabawi. Untuk kualitas hotelnya sendiri, Anda akan mendapatkan hotel bintang 5 yang tentunya akan memberikan pengalaman dan servis menginap yang berbeda dari program umroh reguler. Untuk menikmati program premium ini, Anda perlu mengeluarkan dana sekitar Rp29.000.000 sampai Rp35.000.000 untuk biaya umroh per orang.

  3. Biaya umroh hemat

    Tahukah Anda di luar program umroh reguler, Anda masih punya kesempatan untuk mendapatkan program dengan biaya umroh hemat? Program umroh hemat ini tetap mengutamakan kebutuhan Anda dalam beribadah. Meskipun jadi pilihan program umroh yang relatif terjangkau, Anda tidak perlu khawatir ibadah Anda akan terganggu.Namun ada satu hal yang perlu Anda pahami lebih dahulu sebelum memilih program dengan biaya umroh hemat satu ini. Dengan rentang biaya umroh yang lebih terjangkau dibandingkan program yang lain, Anda akan mendapatkan lokasi penginapan yang berbeda. 

    Perlu dicatat, ketika Anda memutuskan untuk memilih program dengan biaya umroh hemat ini Anda akan mendapatkan lokasi hotel yang cukup jauh dari tempat ibadah. Hal ini terjadi karena biasanya hotel dengan lokasi yang agak jauh ini menawarkan harga yang lebih terjangkau. Namun Anda tidak perlu khawatir. Pastikan kepada agen perjalanan terpercaya mengenai ketersediaan shuttle dari tempat menginap Anda menuju tempat ibadah umroh, baik di kota Mekkah atau Madinah. Meskipun masuk ke dalam program yang paling terjangkau untuk saat ini, biaya umroh yang dibutuhkan masih terhitung cukup besar. Untuk program umroh hemat ini, Anda perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp 23.000.000 per orangnya. 

  4. Biaya umroh plus

    Selain ketiga program umroh yang esensial seperti di atas, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan program umroh plus. Sesuai dengan nama programnya yang terkesan spesial, tentu saja Anda memerlukan biaya umroh yang relatif lebih mahal dibandingkan program umroh premium. Kata plus dalam program ini mengacu pada kesempatan Anda untuk menambahkan paket liburan seusai menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci. Paket liburan yang ditawarkan dalam program umroh plus ini biasanya berlokasi di Turki serta Dubai. 

    Meskipun sama-sama program umroh plus, biaya umroh dari program ini berbeda dari destinasi liburan yang ditawarkan. Jika Anda memilih untuk membeli program umroh plus ke Turki biaya umroh yang ditawarkan oleh agen perjalannya biasa berkisar Rp 37.000.000 sampai Rp 41.000.000 per orang. Untuk program umroh plus ke Dubai Anda perlu mempersiapkan biaya berkisar dari Rp 41.000.000 hingga Rp 43.900.000 per orang. Meskipun jadi pilihan yang termahal di antara program umroh lainnya, program ini bisa jadi pilihan yang menarik bagi Anda yang juga menginginkan pergi liburan ke luar negeri bersama keluarga.

Mengetahui bahwa biaya umroh memiliki jumlah yang cukup besar, alangkah baiknya jika Anda lebih dahulu membuat rencana dan mulai menabung sejak dini. Pasalnya, dengan mempersiapkan rencana umroh dan menabung sejak dini, Anda tidak akan merasa terbebani secara finansial, karena dapat menabung dengan jumlah yang relatif kecil setiap bulannya. Dengan menabung, Anda juga bisa lebih leluasa untuk memilih biaya umroh berdasarkan program yang Anda inginkan.

Alangkah baiknya Anda menabung biaya umroh di rekening terpisah agar alokasi dana bisa tertata secara rapi. Bagi Anda yang membutuhkan rekening khusus untuk menabung biaya umroh, Anda bisa memilih Goal Savers iB dari CIMB Niaga Syariah. Goal Savers iB dari CIMB Niaga Syariah menawarkan kemudahan dalam bentuk fleksibilitas cara menabung bagi Anda. Anda bisa mengatur cara menabung untuk harian, mingguan, serta bulanan untuk merealisasikan biaya umroh yang Anda butuhkan. Anda bisa membuka dan memantau tabungan Goal Savers iB Anda melalui OCTO Clicks dan OCTO Mobile dengan mudah. Temukan info lengkapnya di sini.

 

Referensi:

https://kemenag.go.id/read/kemenag-resmi-tetapkan-biaya-referensi-umrah-rp20juta-dkgkq

https://puskeshaji.kemkes.go.id/berita/2021/7/30/ini-biaya-umroh-jika-aturan-karantina-14-hari-diterapkan

Produk Terkait

GOAL Savers-iB

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

X-Tra Dana iB: Solusi berbagai kebutuhan melalui personal financing syariah

Solusi untuk berbagai kebutuhan anda, kami hadir melalui personal financing syariah yang merupakan pembiayaan tanpa jaminan dengan prinsip ijarah multi jasa atau murabahah, untuk memenuhi kebutuhan Anda mulai dari pendidikan, wisata halal, perjalanan ibadah, serta pembelian barang impian Anda melalui mitra terpercaya kami