production

Inilah Manfaat Bayar BPJS Online yang Perlu Anda Tahu

 

 
 
 
 

Inilah Manfaat Bayar BPJS Online yang Perlu Anda Tahu

 

Perkembangan internet dan teknologi secara keseluruhan, hadir sebagai sebuah solusi untuk terus dapat memberi kemudahan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu manfaat yang cukup signifikan memberi dampak positif dalam kehidupan adalah transaksi perbankan secara digital. Tidak hanya soal transfer uang, tapi pembayaran tagihan pun kini bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari saja, misalnya bayar BPJS online.

Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS kesehatan merupakan sebuah layanan penjaminan sosial yang dirancang untuk memudahkan akses kesehatan rakyat Indonesia. Keikutsertaan BPJS kesehatan ini bersifat wajib bagi seluruh warga negara Indonesia dan juga warga negara asing yang telah menetap di Indonesia selama kurun waktu 6 bulan. Melalui kehadiran BPJS Kesehatan, pemerintah ingin memberi kepastian bahwa seluruh orang di Indonesia bisa terlindungi dengan jaminan kesehatan yang adil, komprehensif, dan merata.

Jaminan kesehatan yang baik tentu tidak hadir secara gratis. Layaknya asuransi, BPJS Kesehatan juga mewajibkan para pesertanya atau pemilik manfaatnya untuk membayar iuran setiap bulan. Layanan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini cukup menarik minat masyarakat. Pasalnya, biaya iuran per bulan yang ditangguhkan untuk para penerima manfaat program BPJS Kesehatan terbilang lebih murah dari biaya asuransi. Dari segi transaksi iuran, Anda pun bisa bayar BPJS secara online. Bayar BPJS online ini tidak hanya berlaku menggunakan transaksi internet banking saja. Banyak kanal yang bisa Anda pilih untuk dapat melakukan bayar BPJS online. Salah satunya adalah dengan OCTO Clicks.

Manfaat BPJS Kesehatan bagi Anda

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk terus diperhatikan dan dijaga. Pasalnya, jika ada masalah dalam kesehatan sedikitpun, akan sangat mudah memengaruhi produktivitas sehari-hari yang rentan untuk membuat rencana Anda jadi terbengkalai. Sebagai peserta yang aktif bayar BPJS online, Anda tentu perlu mengetahui manfaat-manfaat yang ditawarkan pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh pihak Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan.

1. Bayar iuran murah tiap bulan

Bagi Anda yang merupakan peserta BPJS Kesehatan dan sering bayar BPJS online, Anda tentu paham betapa terjangkaunya harga iuran atau premi yang ditangguhkan. Jika dibandingkan dengan jaminan kesehatan pihak lainnya, BPJS Kesehatan menawarkan iuran yang paling murah saat ini.

Pembayaran premi atau iuran dihitung berdasarkan kelas yang Anda pilih. Jika Anda memilih untuk berada di bawah layanan BPJS Kesehatan kelas 1, Anda perlu membayar iuran sebesar Rp 150.000 yang ditagihkan selama satu bulan sekali. Untuk Anda yang berada di bawah layanan kelas 2, besaran yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah Rp. 100.000 dan untuk penerima layanan BPJS Kesehatan kelas 3 sebesar Rp 42.000.

Perlu dicatat bahwa hitungan besaran tagihan ini adalah biaya per orang saja. Maka Anda perlu akumulasi biaya keseluruhan dari jumlah anggota yang tercatat pada kartu keluarga Anda saat melakukan bayar BPJS Online.

2. Tidak perlu medical check up

Berbeda dengan layanan jaminan kesehatan lainnya yang mengharuskan Anda untuk melakukan medical check up sebelum jadi peserta pelayanannya. BPJS Kesehatan membuka kesempatan bagi seluruh penduduk Indonesia dari berbagai kalangan untuk dapat ikut bagian merasakan manfaatnya.

Biasanya, layanan jaminan kesehatan di luar BPJS Kesehatan akan menghitung premi atau iuran bulanan Anda berdasarkan hasil medical check up dan umur. Namun, BPJS Kesehatan menawarkan sistem yang lebih adil dan setara untuk penagihan biaya bulanannya. Jadi Anda bisa bayar BPJS online tanpa harus khawatir dengan angka yang cukup besar nantinya.

3. Jaminan seumur hidup

Keuntungan bagi Anda sebagai peserta BPJS kesehatan yang rutin bayar BPJS online adalah proteksi seumur hidup. Proteksi seumur hidup ini akan memberikan rasa aman bagi Anda di saat-saat genting dan sedang membutuhkan akses kesehatan. Anda yang bayar BPJS online secara rutin akan dapat menikmati jaminan proteksi seumur hidup BPJS Kesehatan di mana saja dan kapan saja.

4. Hampir semua penyakit ditanggung BPJS

BPJS Kesehatan juga menawarkan kelebihan yang cukup berguna bagi para pesertanya yang bayar BPJS online secara rutin. Kelebihan tersebut hadir dalam bentuk jaminan kesehatan yang menanggung hampir seluruh jenis penyakit. Tentu saja berita tersebut akan membuat Anda sebagai salah satu peserta yang rutin bayar BPJS online akan merasa lega karena mendapat jaminan yang sifatnya holistik.

Namun perlu dicatat, bahwa BPJS Kesehatan tidak menanggung jaminan kesehatan yang bersifat, estetika, alternatif, infertilitas, dan juga komplementer. Informasi terkait jaminan kesehatan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan ini mengacu pada pedoman Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2014.

5. Akses fasilitas kesehatan yang mudah

Sudah jadi peserta BPJS Kesehatan. Sudah rutin bayar BPJS online. Selanjutnya yang jadi harapan bagi setiap peserta adalah akses yang mudah untuk fasilitas kesehatan. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. BPJS Kesehatan menawarkan akses yang mudah bagi seluruh pesertanya yang rutin bayar BPJS online.

Saat Anda mendaftarkan diri Anda dan keluarga untuk mengikuti program BPJS Kesehatan, Anda dapat memilih tempat pelayanan kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal Anda sebagai fasilitas kesehatan primer yang bisa Anda datangi setiap saat butuh bantuan pelayanan kesehatan.

Jika Anda membutuhkan pelayanan lanjutan di rumah sakit, pihak fasilitas kesehatan primer tersebut juga akan senantiasa membantu Anda untuk membuatkan surat rujukan untuk diteruskan ke rumah sakit pilihan Anda.

Keuntungan bayar BPJS Online

Di masa pandemi seperti ini, mengurangi hingga menghindari kontak dengan orang lain merupakan hal penting yang akan membuat diri Anda dan keluarga aman, serta membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sosial Anda. Untuk tetap memberikan rasa aman dan menjaga kesehatan setiap para pesertanya, BPJS Kesehatan juga menawarkan opsi melakukan bayar BPJS online. Selain memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan Anda dan keluarga, ada manfaat lainnya yang cukup menguntungkan Anda saat bayar BPJS online.

1. Efisiensi waktu

Melunasi tagihan BPJS Kesehatan dengan cara bayar BPJS online akan sangat berdampak dengan produktivitas Anda sehari-hari. Pasalnya dengan bayar BPJS online, Anda bisa menghemat waktu dalam pembayaran tagihan dan tidak perlu repot-repot pergi dan antre ke kantor BPJS Kesehatan yang akan memakan waktu.

2. Rincian tagihan yang tercatat rapi

Dengan melakukan transaksi bayar BPJS Online, Anda juga bisa mencatat pengeluaran Anda perbulannya. Melalui gawai, Anda hanya perlu mengakses fitur riwayat transaksi pembayaran BPJS Kesehatan Anda dan dapat memulai memindahkan riwayat tersebut ke dalam catatan keuangan pribadi Anda.

Untuk kemudahan bayar BPJS online, OCTO Clicks dari CIMB Niaga merupakan solusi yang Anda butuhkan. Selain bisa bayar BPJS online, OCTO Clicks juga menawarkan fitur transaksi perbankan lengkap, seperti transfer secara real-time, bayar tagihan lainnya seperti PLN, pulsa, kartu kredit, KTA, dan masih banyak lainnya hanya dengan sentuhan jari. Temukan informasi dan keuntungan tentang OCTO Clicks CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.