www.cimbniaga.co.id production

5 Tips Memilih Teknisi Servis AC

 

 
 
 
 

5 Tips Memilih Teknisi Servis AC

 

Pertanyaan ini pantas untuk Anda renungkan sebab jika jawabannya anda sudah jarang melakukan servis AC, ada baiknya lakukan sekarang. Sebab jika AC jarang diservis atau dicek kondisinya, akan berpengaruh dengan kualitas udara di rumah Anda sehingga manfaatnya menjadi tidak maksimal. Selain itu, jarang melakukan servis AC menjadi penyebab utama sering kali banyak orang gonta ganti pembelian AC baru. Tentu ini menjadi keborosan padahal AC adalah salah satu barang elektronik yang harusnya bisa awet digunakan bertahun-tahun.

Manfaat Penggunaan AC

Sebelum membahas bagaimana pentingnya rutin melakukan servis AC, kita bahas dulu bagaimana manfaat penggunaan AC agar lebih paham kenapa kita harus rutin memeriksa kondisinya secara berkala.

  1. Membantu melancarkan gangguan napas

    Menggunakan AC di ruangan dapat mengurangi risiko terkena gangguan pernapasan apalagi untuk kita yang tinggal di perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi. AC dapat menyaring udara dan mencegah polusi masuk ke dalam ruangan. Oleh karenanya servis AC sangat penting manfaatnya terkait hal ini.

  2. Membantu mengatasi heatstroke

    Saat heatstroke, tubuh akan terasa panas bahkan bisa berujung pingsan karena terpapar suhu panas dalam jangka waktu yang lama. AC dapat membantu menurunkan suhu tubuh sehingga tidak berisiko pada hal buruk yang lain dan membuat suhu tubuh kembali normal.

  3. Membantu mengatasi gangguan tidur

    Menggunakan AC di kamar bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun gunakan AC dengan bijak, atau tidak menggunakan suhu terlalu rendah. Atau nantinya akan terasa kedinginan saat tidur.

  4. Meningkatkan kualitas udara

    AC punya kemampuan menyaring polusi dan bakteri sehingga sekaligus mampu meningkatkan kualitas udara di ruangan. Nah, manfaat AC inilah yang berkaitan dengan pentingnya untuk servis AC secara berkala.

  5. Membantu mengurangi asma dan alergi

    Penderita asma atau seseorang yang punya alergi sering kali kambuh karena kualitas udara di ruangan yang kotor. Menggunakan AC dapat menghilangkan polusi, bakteri bahkan pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan keluhan ini kambuh.

  6. Menjaga suhu ruangan bayi

    Untuk Anda yang memiliki bayi, penggunaan AC di kamarnya penting untuk menstabilkan suhu tubuhnya. Sehingga tidur si kecil akan semakin nyenyak dan menghindarkan mereka dari risiko heatstroke atau ruam pada kulit karena keringat.

Cara Merawat AC Supaya Tetap Awet

Selain rutin melakukan servis AC ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan di rumah untuk merawat AC Anda tetap awet:

  1. Menggunakan timer

    Timer membantu AC bisa mati secara otomatis di waktu yang sudah ditentukan. Sehingga penggunaannya tidak terlalu boros dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

  2. Bijak dalam mengatur suhu AC

    Atur suhu AC dengan bijak maksimal di suhu 22 derajat celcius. Sebab, penggunaan di bawah 22 derajat celcius bisa menyebabkan mesin AC menjadi cepat panas.

  3. Cek kebersihan filter AC

    Debu yang menumpuk di filter AC bisa menghalangi udara sehingga fungsi AC terganggu. Jika tampak debu sudah tebal, segera panggil teknisi servis AC.

  4. Cek kumparan kondensor AC

    Selain filter kumparan AC perlu diperhatikan setiap tahun karena debu juga seringkali tertumpuk di sana. Jika dibiarkan hal ini dapat mengurangi fungsi AC yang mampu menyerap panas.

  5. Cek kipas AC

    Periksa secara berkala kondisi kipas AC yang dipasang pada bagian luar rumah. 

Tips Memilih Teknisi Servis AC

Nah, jika semua cara di atas sudah Anda lakukan dengan baik, sekarang waktunya memilih teknisi untuk membantu servis AC Anda. Dalam memilihnya perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Reputasi yang baik

    Memeriksa reputasi teknisi bisa Anda lakukan dengan bertanya pada tetangga atau relasi apakah mereka memiliki teknisi servis AC yang sudah terpercaya. Jika reputasi jasanya sudah baik tentu teknisi yang membantu akan menjanjikan pula.

  2. Cari teknisi terdekat

    Menemukan teknisi service AC di dekat rumah tentu menjadi keuntungan sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mereka sampai ke rumah. Selain itu, Anda tidak kesulitan untuk mendatangi tempat mereka jika ingin komplain atau mungkin membutuhkan bantuan mereka lagi. 

  3. Mudah dihubungi

    Catat semua kontak yang dimiliki oleh jasa teknisi ini, mulai dari nomor HP, nomor telepon hingga email. Hal ini penting untuk memudahkan Anda saat membutuhkan jasa servis AC dengan menghubungi mereka saja tanpa harus mendatangi lokasinya.

  4. Kualitas pelayanan

    Cek kualitas teknisi servis AC Anda mulai dari ketepatan waktu, hasil pengerjaan, sikapnya kepada Anda sebagai konsumen, dan lain-lain. Jika mereka tidak memberikan sikap yang ramah, bisa diindikasikan servis AC yang mereka lakukan kurang menyeluruh dan tidak profesional.

  5. Memperhatikan harga

    Jangan mau jika Anda dipatok dengan harga yang mahal padahal servis AC yang dilakukan hanya servis berkala yang tidak terlalu sulit untuk melakukannya. Pastikan harga yang mereka tawarkan masuk akal, bahkan jangan segan untuk meminta rincian biayanya. Jangan lupa berikan tip juga untuk jasa dan bantuan mereka ya.

  6. Berpengalaman

    Anda bisa bertanya pada teknisi servis AC merek-merek AC apa saja yang sudah pernah mereka perbaiki. Simak cara mereka menjelaskan kondisi AC Anda dan tanyakan hal terkait lainnya. Ini bisa jadi pertimbangan Anda untuk menggunakan jasa servis AC mereka lagi atau tidak.

Service AC berkala atau setiap beberapa bulan tertentu, pasti ada biaya yang dibutuhkan. Anda perlu mempersiapkannya dengan baik agar dana servis AC ini tidak mengganggu budget yang lainnya. OCTO Savers dari CIMB Niaga hadir sebagai solusi tabungan yang tepat bagi Anda. Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari OCTO Savers, di antaranya bebas biaya bulanan, bebas biaya transfer ke bank lain, bebas biaya tarik tunai di semua jaringan ATM, bebas biaya top up e-wallet, serta kemudahan bertransaksi kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet melalui aplikasi OCTO Mobile.

Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan kemudahan bagi Anda yang ingin menabung harian, mingguan, atau bahkan bulanan untuk raih barang impian Anda. Dalam hal ini, jika Anda sedang membutuhkan biaya untuk servis atau bahkan membeli AC baru, Anda bisa menabung menggunakan GOAL Savers agar bisa mengumpulkan uang untuk membeli alat atau barang tersebut. 

Dengan begitu, Anda bisa melakukan setoran rutin fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kemampuan untuk bisa membeli AC baru atau melakukan servis. Anda juga bisa memantau perkembangan goal di GOAL Savers melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri untuk bisa menabung lebih mudah dan aman bersama CIMB Niaga. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Mastercard Platinum

Bebas biaya iuran tahunan

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

X-Tra Dana iB: Solusi berbagai kebutuhan melalui personal financing syariah

CIMB Niaga Xtra Dana iB Solusi untuk berbagai kebutuhan anda, kami hadir melalui personal financing syariah yang merupakan pembiayaan tanpa jaminan yang digunakan untuk keperluan pembelian Barang menggunakan akad murabahah (Jual beli) ataupun keperluan pembelian paket jasa menggunakan akad Ijarah Multijasa melalui mitra terpercaya kami.