www.cimbniaga.co.id production

4 Inovasi Digital Banking dari CIMB Niaga

 

 
 
 
 

4 Inovasi Digital Banking dari CIMB Niaga

 

Istilah digital banking semakin hari sudah bukan jadi hal yang asing lagi untuk didengar oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dengan inovasi teknologi yang berkembang dengan cepat setiap harinya, kehadiran digital banking sudah jadi hal yang tidak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak? Digital banking kini membantu banyak orang untuk kebutuhan esensial, seperti pembayaran transportasi, dompet digital, dan juga kebutuhan dalam membeli makanan secara online. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh digital banking, transaksi perbankan terasa jadi lebih praktis.

Asal usul Digital Banking

Berbicara mengenai digital banking, mari memahami asal usul perkembangannya terlebih dahulu. Mungkin bagi Anda yang belum sadar, bahwa perkembangan digital banking sudah dimulai sejak hadirnya mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Mesin ATM pertama kali mulai diperkenalkan di tahun 1960. Kehadiran mesin ATM kala itu dianggap sebagai inovasi dari digital banking. Pasalnya, di era tersebut, nasabah hanya punya satu opsi untuk melakukan transaksi perbankan, bahkan untuk sekadar mengambil uang saja, yaitu dengan cara mendatangi bank terdekat dan harus mengikuti jam operasional dari bank tersebut.

Fitur mesin ATM pun secara perlahan mengalami perkembangan. Tidak hanya digunakan untuk menarik uang tunai dari rekening, mesin ATM juga bisa digunakan untuk transaksi pengiriman uang atau transfer. Selanjutnya, dengan hadirnya internet di tahun 1990-an, inovasi digital banking secara revolusioner pun kembali hadir. Kali ini, para nasabah sudah bisa mengakses informasi rekening serta fitur transaksi perbankan lainnya melalui komputer. 

Satu-satunya limitasi yang hadir dalam inovasi digital banking melalui akses internet adalah penarikan uang. Meskipun begitu, pada zamannya, digital banking dengan akses internet atau yang lebih dikenal dengan istilah internet banking ini umum digunakan oleh para pebisnis dengan tujuan pengiriman uang atau pembayaran melalui metode transfer. 

Inovasi digital banking terkini

Tidak bisa dipungkiri dengan hadirnya internet banking, perkembangan digital banking pun semakin cepat. Di awal tahun 2000-an, Anda tentu mengenal inovasi SMS banking yang membuat ponsel tidak sekadar jadi alat komunikasi saja, tapi juga digunakan untuk transaksi perbankan dengan fitur yang kurang lebih sama dengan apa yang ditawarkan oleh internet banking. 

Bahkan Indonesia juga pernah menerapkan mobile banking, yaitu integrasi dari pihak penyedia jasa layanan telepon seluler untuk menambahkan fitur perbankan yang ada di dalam kartu SIM. Kini, dengan hadirnya smartphone yang dengan aplikasi sebagai program utamanya, para lembaga perbankan pun mulai memperkenalkan aplikasi perbankan untuk memberikan kemudahan akses serta pengalaman yang lebih leluasa bagi nasabah untuk pemenuhan kebutuhan transaksi. 

Dalam mengimplementasi inovasi digital banking, CIMB Niaga merupakan salah satu lembaga perbankan di Indonesia yang secara aktif mengembangkan potensi digital banking demi memberikan kemudahan dan kenyamanan pada kebutuhan transaksi perbankan Anda. Berikut adalah inovasi digital banking yang sudah diluncurkan oleh CIMB Niaga:

  1. OCTO Mobile

    OCTO Mobile merupakan sebuah aplikasi digital banking yang dikembangkan oleh CIMB Niaga untuk memudahkan Anda melakukan transaksi perbankan kapan pun dan di mana pun. Dengan tujuan tersebut, maka OCTO Mobile saat ini dikenal sebagai One stop mobile financial solution yang dilengkapi dengan beragam fitur canggih yang bisa Anda andalkan untuk keperluan transaksi perbankan sehari-hari. OCTO Mobile memiliki fitur esensial, seperti cek saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, hingga pembelian aset investasi. 

    Namun, sebagai pengguna OCTO Mobile, Anda bisa menyesuaikan sumber dana yang hendak Anda gunakan untuk keperluan transaksi. Anda bisa menghubungkan lebih dari satu rekening CIMB Niaga aktif yang Anda punya sebagai sumber dana. Selain itu, kartu kredit CIMB Niaga Anda juga bisa disambungkan sebagai sumber dana dalam OCTO Mobile. Anda juga bisa membuka rekening baru, melakukan tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran menggunakan QR code. Untuk mendapatkan OCTO Mobile, Anda bisa mengunduh aplikasinya di Play Store, App Store, serta Huawei AppGallery.

  2. OCTO Clicks

    Untuk Anda yang cenderung beraktivitas menggunakan komputer atau laptop, Anda juga bisa mengakses rekening CIMB Niaga yang Anda melalui OCTO Clicks. Salah satu inovasi digital banking dari CIMB Niaga ini juga memiliki fitur perbankan esensial lengkap mulai dari transfer dalam dan luar negeri, bayar tagihan, hingga pembukaan rekening deposito dan reksa dana. Bagi Anda yang gemar berbelanja online di situs e-commerce luar negeri, Anda juga bisa melakukan aktivasi Virtual Card Number (VCN) melalui OCTO Clicks di berbagai merchant yang menerima pembayaran MasterCard.

  3. Digital Lounge

    Digital banking tidak hanya hadir di ranah dunia maya saja. Di dunia nyata sendiri, seperti kantor cabang juga mendapatkan treatment digitalisasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Digital Lounge dari CIMB Niaga. Digital Lounge dinilai sebagai kantor cabang masa depan yang memberikan pelayanan berbasis digital dan teknologi kepada nasabah.

    Lokasi Digital Lounge dari CIMB Niaga juga mudah ditemukan di pusat perbelanjaan hingga kawasan pendidikan, seperti kampus. Hal ini dilakukan dalam memberikan kemudahan bagi para nasabah yang ingin mendapatkan pelayanan bank di waktu yang lebih fleksibel. Layanan perbankan dari Digital Lounge ini juga dilakukan secara mandiri melalui mesin Self Service Banking untuk membuka rekening baru, pengkinian data nasabah terbaru, hingga penggantian kartu debit yang membutuhkan waktu selama 5 menit saja.

    Anda juga bisa mendaftarkan layanan branchless banking dari CIMB Niaga seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, serta Rekening Ponsel melalui Digital Lounge CIMB Niaga. Layaknya kantor cabang.

  4. Contact Center

    Digital banking juga memberikan peluang untuk mengembangkan layanan pelanggan jadi lebih mudah dan tanpa batas. Bagi Anda yang membutuhkan layanan konsumen dalam keadaan apapun, kini sebagai nasabah CIMB Niaga Anda bisa menghubungi contact center secara online dan bebas biaya pulsa. Anda hanya perlu membuka aplikasi OCTO Mobile Anda untuk terhubung dengan layanan konsumen yang tersedia melalui VOIP call dan juga live chat. Sebagaimana yang Anda ketahui, kerap kali layanan konsumen hanya bisa dihubungi melalui nomor telepon premium yang cukup memakan banyak pulsa atau tagihan telepon. Namun, dengan inovasi yang ditawarkan oleh CIMB Niaga melalui VOIP call dan live chat, kini Anda bisa merasakan layanan konsumen secara onine. Selain itu, layanan konsumen CIMB Niaga juga bisa Anda hubungi melalui akun media sosial resmi. 

Inovasi digital banking dari CIMB Niaga seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Digital Lounge, dan juga Contact Center tersebut merupakan sebagian dari layanan personal banking yang ditawarkan. Sebagai pelaku bisnis Anda juga bisa menikmati layanan digital banking bisnis untuk membuat transaksi bisnis jadi lebih cepat dan praktis. Segera nikmati layanan digital banking yang ditawarkan CIMB Niaga dan rasakan kemudahan transaksi dalam genggaman Anda.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Digital Lounge: Kantor cabang masa depan CIMB NIAGA

Digital Lounge merupakan cabang dengan teknologi terdepan yang memudahkan Anda dalam setiap transaksi perbankan dengan lokasi strategis, waktu operasional yang panjang dan lebih fleksibel dengan adanya layanan di hari libur. Layanan utama: Buka tabungan instan hanya 5 Menit Gratis Transfer ke Bank lain menggunakan Video Banking Registrasi OCTO Mobile, OCTO Clicks, dan Rekening Ponsel

Hubungi Kami - Personal