www.cimbniaga.co.id production

4 Destinasi Bulan Madu Romantis dan Spesial

 

 
 
 
 

4 Destinasi Bulan Madu Romantis dan Spesial

 

Dari generasi sebelumnya hingga generasi saat ini, tampaknya bulan madu masih jadi salah satu aktivitas yang dinantikan bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan. Perencanaan mengenai bulan madu ini bisa dilangsungkan sesaat sebelum pernikahan untuk langsung bisa menikmati waktu berdua bersama. Tidak jarang juga perencanaan bulan madu ini dilakukan beberapa bulan setelah pernikahan dilangsungkan. 

Dalam merencanakan bulan madu tersebut tentu merupakan persetujuan yang dilakukan oleh pasangan, jadi tidak ada jadwal pasti. Namun, perencanaan biasanya dilakukan di masa libur atau mengikuti prakiraan cuaca yang cerah agar wisata bersama pasangan bisa lebih berkesan dan tidak ada rencana yang gagal dilakukan.

Asal usul bulan madu

Dalam membahas tentang bulan madu, mari cari tahu lebih dalam asal usul dari wisatanya para pasangan yang baru menikah tersebut. Tahukah Anda bahwa nama bulan madu ini sudah digunakan sejak 4.000 tahun lalu? Hal ini diketahui berasal di masa Babilonia. 

Orang Babilonia mengenal istilah honey month. Istilah tersebut merujuk pada bulan setelah pernikahan ketika ayah dari pengantin wanita memberikan semua madu yang jadi kesepakatan dengan pengantin pria atau menantunya.

Istilah honey month tersebut pun mulai berubah penggunaannya dan lebih dikenal dengan istilah honeymoon. Istilah tersebut juga semakin terkenal berkat digunakan dalam sebuah karya tulisan populer milik Robert Greene di tahun 1500-an. Dalam karya sastra tersebut dijelaskan bahwa honeymoon merupakan masa sepasang suami istri menghabiskan waktu bersama setelah pernikahan mereka. 

Berdasarkan penuturan dari karya sastra milik Robert Greene, wisata honeymoon atau bulan madu ini masih populer dilakukan namun dengan rentang waktu yang lebih fleksibel. Fleksibilitas tersebut tentu memudahkan Anda dan pasangan dalam membuat perencanaan yang lebih matang. 

Waktu tepat untuk bulan madu

Dalam merencanakan bulan madu, banyak hal esensial yang perlu Anda persiapkan. Selain solusi finansial yang baik serta menjaga kesehatan dengan prima, waktu jadi hal yang perlu Anda perhatikan. Penting bagi Anda untuk memilih waktu yang tepat agar bisa memaksimalkan waktu berdua saat menjalankan honeymoon. Bagi Anda yang membutuhkan tips dalam merencanakan bulan madu, berikut adalah perkiraan waktu atau jadwal yang bisa Anda terapkan.

  1. Hindari selesai resepsi

    Dalam menentukan waktu bulan madu, alangkah bijaknya jika Anda tidak menetapkan tanggal satu hari selesai resepsi. Pasalnya, pesta pernikahan biasanya berlangsung dalam waktu yang lama dan juga menguras tenaga Anda. 

    Untuk itu, Anda bisa membuat rencana setidaknya satu minggu setelah resepsi pernikahan berlangsung agar energi yang dibutuhkan untuk menjalani bulan madu bersama pasangan bisa berjalan secara maksimal.

  2. Pastikan tidak berdekatan dengan musim liburan

    Ketika Anda mencoba untuk mencari jadwal yang tepat dengan rencana bulan madu, Anda bisa mencoret tanggal yang berdekatan dengan musim liburan. Esensi dari bulan madu adalah waktu bercengkrama berdua bersama pasangan agar lebih romantis. Jika dilangsungkan di masa liburan, bisa saja lokasi romantis yang telah Anda persiapkan dengan pasangan jadi kurang menarik karena ramai pengunjung.

  3. Ketahui tentang perubahan musim dan cuaca

    Indonesia sebagai negara tropis memiliki curah hujan yang tinggi dan bisa terjadi sewaktu-waktu. Untuk mengurangi kendala tersebut, Anda bisa memperhatikan prakiraan cuaca baik dari berita di media maupun aplikasi pendukung dari smartphone Anda. Hal ini membantu Anda untuk membuat rencana bulan madu secara detail dengan menyesuaikan jam setiap harinya dan Anda bisa menyisakan waktu istirahat jika menjelang hujan tiba. 

  4. Buat rencana dari jauh-jauh hari

    Memahami ketiga tips di atas, Anda juga perlu membuat rencana dari jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan agar seluruh persiapan bisa dipikirkan secara matang. Pasalnya, Anda juga membutuhkan kondisi finansial yang baik. Untuk itu, sembari membuat rencana, Anda juga bisa menambah tabungan di waktu senggang agar bisa mendapatkan destinasi bulan madu yang spesial bagi pasangan.

Destinasi bulan madu di Indonesia

Bulan madu biasanya jadi sebuah momen untuk bisa berlibur di luar negeri demi mengunjungi tempat-tempat romantis layaknya latar film. Meskipun begitu, Indonesia juga punya beragam destinasi wisata bulan madu yang tidak kalah romantisnya untuk Anda nikmati bersama pasangan selepas pernikahan. Berikut adalah destinasi yang bisa Anda jadikan pilihan.

  1. Ubud, Bali

    Bali memang dikenal sebagai pulau yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Untuk keperluan wisata bulan madu pun, Bali menawarkan lokasi yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Lokasi tersebut adalah Ubud. 

    Ubud merupakan salah satu kawasan dengan dataran tinggi di Bali. Berbeda dengan citra bali yang lekat dengan pantai dan laut, Ubud menawarkan nuansa yang tenang untuk dinikmati bersama pasangan Anda. 

    Kawasan Ubud menawarkan lanskap hijau dari hutan dan juga area persawahan yang asri. Untuk menikmati nuansa tersebut, Anda bisa sekadar mampir atau bahkan merasakan pengalaman berbeda dengan resort dan penginapan bertemakan alam di kawasan tersebut yang bisa menghadirkan momen indah bersama pasangan. 

  2. Raja Ampat, Papua

    Indonesia dikenal dengan ragam wisata bahari yang menakjubkan. Salah satunya adalah Raja Ampat di Papua. Destinasi wisata ini juga bisa jadi pilihan untuk tujuan bulan madu Anda. 

    Keindahan air laut yang jernih dan juga terumbu karang dan biota laut lainnya menawarkan pengalaman yang akan tidak bisa dilupakan bersama pasangan. Anda juga bisa menikmati bermalam di kapal phinisi sambil mengarungi perairan yang mengitari Raja Ampat untuk menambah momen romantis bersama pasangan.

  3. Gili Trawangan, Lombok

    Pulau tetangga dari Bali ini juga menawarkan atraksi wisata bahari yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata. Gili Trawangan menawarkan keindahan laut yang eksotis dan sangat sayang untuk dilewatkan sebagai momen romantis bulan madu. 

    Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati ambiens tradisi sekitar dengan mengunjungi pasar tradisional yang menjual beragam suvenir dan cinderamata untuk mengenang perjalanan Anda bersama pasangan.

  4. Pulau Ora

    Apakah Maldives jadi salah satu destinasi bulan madu Anda? Tidak perlu lagi jauh-jauh, kini Anda bisa merasakan nuansa serupa di Pulau Ora, Kabupaten Maluku. Di kawasan Ora Beach, Anda bisa menginap di resor yang berdiri di atas lautan jernih yang menambah suasana bulan madu jadi lebih romantis. 

    Perjalanan menuju Ora Beach memakan waktu yang cukup lama jika Anda baru sampai di Kabupaten Maluku. Namun, pengorbanan tersebut akan segera terbayarkan ketika Anda menginjakan kaki di destinasi satu ini.

Untuk bisa menikmati beragam destinasi wisata menarik untuk bulan madu Anda, tentu Anda perlu mempersiapkan uang di tabungan terlebih dahulu. Namun, CIMB Niaga menawarkan kartu kredit Visa Travel Card sebagai solusi perbankan yang tidak hanya mempermudah transaksi wisata bulan madu Anda, tapi juga menawarkan berbagai macam keuntungan.

Visa Travel Card CIMB Niaga merupakan kartu kredit khusus traveling yang menawarkan beragam keuntungan, seperti fasilitas airport lounge, perlindungan asuransi saat perjalanan, bebas iuran tahunan, kesempatan mendapatkan Poin Xtra lebih banyak, dan masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan saat bertransaksi menggunakan Visa Travel Card dari CIMB Niaga. Temukan keuntungan lainnya mengenai kartu kredit CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

Visa Travel Card

Travel on us

Platinum ALL Accor Live Limitless

More free stays, more often.

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!