www.cimbniaga.co.id production

4 Cara Mempersiapkan Biaya Persalinan

 

 
 
 
 

4 Cara Mempersiapkan Biaya Persalinan

 

Biaya persalinan adalah satu dari banyak hal penting yang perlu dipersiapkan oleh calon orang tua baru. Sebab sudah selayaknya tiap orang tua menginginkan yang terbaik bagi sang buah hati bahkan sejak dalam kandungan. Sehingga mempersiapkan biaya persalinan tentu menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan.

Saat ini biaya persalinan cenderung tinggi dan membutuhkan banyak biaya, mulai dari belasan hingga puluhan juta. Sebab biaya persalinan ini tidak hanya sebatas pada tindakan persalinannya itu saja namun juga mencakup jasa dokter, biaya kamar serta perawatan lainnya dari sebelum hingga sesudah proses persalinan. 

Banyak juga orang yang lebih berpengalaman menyarankan agar calon orang tua baru mempersiapkan biaya persalinan untuk tindakan operasi caesar. Karena biaya tindakan operasi caesar lebih mahal dibandingkan persalinan normal dan hal ini dilakukan demi bersiap untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi sehingga tindakan persalinan membutuhkan operasi. 

Meski besarannya besar dan fungsinya begitu penting, bukan berarti biaya persalinan tidak dapat diantisipasi atau sulit untuk dipersiapkan. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui dalam mempersiapkannya sehingga proses ini lebih mudah dan lancar untuk dijalankan.

Waktu yang Tepat untuk Mempersiapkan Biaya Persalinan

Dalam mempersiapkan biaya persalinan masing-masing pasangan punya waktunya sendiri. Beberapa ada yang mempersiapkannya sejak trimester terakhir namun ada juga yang mempersiapkannya bahkan sejak trimester awal. Pada dasarnya waktu yang paling terbaik adalah sedini mungkin.

Dengan persiapan yang lebih lama tentu Anda akan memiliki ekstra waktu dan hasil yang lebih optimal dan maksimal dalam mempersiapkan biaya dan perencanaan untuk momen persalinan ini. Sehingga ketika dibutuhkan operasi maupun tindakan tambahan lainnya yang membutuhkan biaya lebih besar Anda dan pasangan akan tidak lagi merasa khawatir.

Mempersiapkan Biaya Persalinan

  1. Estimasi biaya persalinan

    • Biaya persalinan normal

      Meski biaya persalinan normal mungkin tidak sebesar biaya persalinan caesar, namun tetap harus mempersiapkan biaya yang dibutuhkan. Sebab, bisa jadi akan ada peningkatan biaya dari tahun ke tahun, sehingga perlu persiapan anggaran sejak awal. Selain itu, estimasi biaya persalinan normal di setiap rumah sakit biasanya berbeda, tergantung dari fasilitas yang diberikan.

    • Biaya persalinan caesar

      Secara umum dan tentu sudah banyak diketahui jika biaya persalinan caesar lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya persalinan normal. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang tidak bisa kita bantah masih berlangsung akan muncul tambahan biaya lain-lainnya.

    Secara umum biaya persalinan normal dimulai sekitar Rp3.000.000 hingga Rp15.000.000. Untuk biaya persalinan caesar biasanya dimulai sekitar Rp5.000.000 hingga Rp25.000.000. Meski begitu, tentu biaya ini bergantung juga dengan pemilihan rumah sakit serta kelas yang dipilih. Biasanya dari kelas III, kelas II, kelas I, VIP, atau bahkan VVIP.

  2. Membuat Rencana Persalinan

    Setelah mengetahui estimasi biaya dan besaran biaya yang diperlukan penting untuk menyusun rencana persalinan. Hal ini diperlukan tentu sebagai antisipasi dari berbagai kemungkinan skenario yang muncul baik normal atau caesar. 

    Jika rencana ini dibuat dengan semakin detail, tentu biaya persalinan yang akan dipersiapkan jadi lebih rinci dan lebih siap untuk bersalin normal atau caesar serta segala tindakan tambahan atau kebutuhan yang diperlukan.

    Dari rencana persalinan ini bisa dimasukkan dalam rencana berbagai macam kebutuhan. Misalnya butuh didampingi dengan asisten pendamping (doula) kah, apakah siap dengan tindakan induksi atau suntik epidural, menggunakan kamar kelas apa, dan lain sebagainya. Belum lagi di masa pandemi seperti ini tentu membutuhkan biaya swab test yang perlu dilakukan oleh ibu yang akan bersalin beserta dengan pendamping seperti suami atau anggota keluarga yang akan mendampingi selama di rumah sakit.

  3. Memanfaatkan Tunjangan Kelahiran Anak

    Jika pasangan suami dan istri berprofesi sebagai karyawan penting untuk menanyakan seputar tunjangan persalinan yang akan meringankan besaran biaya persalinan. Biasanya karyawan punya tunjangan finansial seperti asuransi kesehatan atau tunjangan tertentu. Meski tidak selalu full ditanggung namun tunjangan ini tentu sangat berpengaruh dengan biaya persalinan yang tengah dipersiapkan.

  4. Menyiapkan Dana Darurat

    Langkah selanjutnya jika semua langkah di atas sudah dilakukan, jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat. Artinya dana ini disiapkan untuk kondisi-kondisi yang sekiranya darurat dan gawat sehingga membutuhkan tambahan biaya. Bisa berupa dana tunai atau saldo yang sudah disiapkan di rekening bank, di luar dari seluruh biaya yang dibutuhkan untuk persalinan. Hal ini dilakukan untuk memastikan dengan lebih baik lagi proses persalinan nanti akan aman terkendali.

Biaya Tambahan di Luar Biaya Persalinan

Di dalam proses persalinan, seringkali dibutuhkan tindakan ekstra untuk memperlancar proses persalinan. Sehingga biaya yang sudah dipersiapkan untuk persalinan memerlukan tambahan untuk beberapa tindakan lagi di ruang bersalin seperti;

  • Induksi

    Salah satu prosedur persalinan yang paling sering dianjurkan oleh tenaga medis di seluruh dunia. Prosedur ini dilakukan bila terjadi beberapa kondisi khusus yang dialami oleh ibu hamil. Induksi yaitu cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui infus yang gunanya untuk merangsang percepatan kontraksi pada rahim. Kisaran biaya untuk tindakan ini sebesar 1-3 juta.

  • ILA (Intrathecal Labour Analgesia)

    Obat penghilang rasa sakit (bius lokal) yang diberikan dengan menyuntikkannya di daerah punggung. ILA biasanya diberikan ketika proses pembukaan sudah berada di pembukaan 5 ke atas. Kisaran biaya untuk tindakan ini sebesar 1-3 juta.

Setelah memahami beberapa informasi di atas, perlu kita sepakati bersama jika momen persalinan ini memang membutuhkan banyak perencanaan, persiapan dan biaya yang harus dilakukan sejak lama. Waktu sedini mungkin adalah waktu yang baik untuk mempersiapkannya agar tidak hanya biaya yang dipersiapkan tapi juga mental Anda dan pasangan karena persalinan adalah momen yang cukup penting. Perlu kedisiplinan dan kerjasama demi mempersiapkan yang paling terbaik untuk sang buah hati.

Dalam mempersiapkan biaya persalinan ini, Anda bisa memanfaatkan GOAL Savers dari CIMB Niaga yang menawarkan fleksibilitas dan memungkinkan Anda untuk bisa mengatur proses menabung secara harian, mingguan, serta bulanan untuk mengatur manajemen keuangan dengan tepat. Bahkan ada sistem otomatis yang bisa melakukan pendebetan setoran rutin sehingga target biaya persalinan yang dibutuhkan bisa tercapai dengan disiplin. Anda bisa membuka dan memantau tabungan GOAL Savers melalui OCTO Clicks dan OCTO Mobile dengan nyaman.

Selain itu di kondisi darurat lainnya yang mungkin membutuhkan biaya di luar perencanaan, Anda dapat memanfaatkan Kartu Kredit Mastercard Platinum dari CIMB Niaga yang bebas biaya tahunan. Selain itu cicilannya tetap dengan bunga ringan yang dapat diakses melalui OCTO Mobile pula.

Produk Terkait

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

Mastercard Platinum

Bebas biaya iuran tahunan

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile