www.cimbniaga.co.id production

10 Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta. Pecinta Alam Wajib ke Sini!

 

 
 
 
 

10 Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta. Pecinta Alam Wajib ke Sini!

 

Tempat wisata Yogyakarta semakin beragam. Daya tarik daerah yang dijuluki Kota Pelajar ini seolah tak lekang oleh waktu dan kian ramai didatangi para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, sebanyak 780.000 wisatawan tercatat mengunjungi Yogyakarta di sepanjang Januari 2022 lalu. 

Indonesia memang kaya akan pariwisata alamnya yang variatif. Mulai dari gunung, danau, pantai, hingga keindahan bawah laut, semua bisa dinikmati di Tanah Air tak terkecuali Yogyakarta. Jadi kalau ke tempat wisata Yogyakarta, enaknya ke mana? Simak terus artikel ini, karena ada rekomendasi serunya untuk Anda.

Mudahnya Akses Transportasi ke Yogyakarta

Sebelum membahas rekomendasi tempat wisata Yogyakarta, baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui akses transportasinya. Jika Anda bertempat tinggal di luar pulau Jawa, tentu saja akses transportasi yang paling tepat adalah menggunakan pesawat. Ada dua bandara di Yogyakarta yang bisa dituju, yakni Bandara Internasional Adisutjipto (JOG) atau Yogyakarta International Airport (YIA). Sementara itu, durasi penerbangan menuju Kota Gudeg ini amat relatif, tergantung dari pulau mana Anda berangkat. 

Akses menuju Yogyakarta sangat mudah dijangkau dengan apapun. Selain naik pesawat, Anda juga bisa menempuh perjalanan dengan alternatif transportasi di bawah ini:

  • Kereta

    Bagi Anda yang bermukim di pulau Jawa, naik kereta api menuju Yogyakarta pastinya tak kalah seru. Jika berangkat dari Stasiun Gambir, Anda bisa naik Argo Dwipangga, Taksaka Pagi, Bima, Gajayana, Argo Lawu, dan Taksaka Malam. Sedangkan dari Pasar Senen, Anda dapat menaiki kereta Fajar Utama Yogya, Gajahwong, Senja Utama Yogya, Bogowonto, Bengawan, Jaka Tingkir, Krakatau, Progo, dan Senja Utama Solo. Kereta ini nantinya akan berhenti di Stasiun Tugu atau Lempuyangan.

  • Bus

    Ke Yogyakarta naik bus juga bisa. Dari Jakarta, Anda bisa naik dari terminal-terminal seperti Rawamangun, Kalideres, Pasar Minggu, Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Pinang Ranti, dan titik-titik keberangkatan lainnya. Ada beberapa nama bus yang bisa Anda pilih, antara lain seperti Handoko, Lorena, Sumber Alam, Murni Jaya, Prayogo, Ramayana, Laju Prima, Pahala Kencana, dan lain-lain. Perjalanan melalui jalur darat ini umumnya akan ditempuh kurang lebih 12 jam, tergantung bagaimana situasi lalu lintas nantinya.

  • Mobil pribadi

    Jika ingin suasana yang lebih private dan menghindari kerumunan, ke Yogyakarta dengan mobil pribadi adalah pilihan terbaik. Perjalanan ini dapat Anda tempuh lewat tol Trans-Jawa yang hanya perlu memakan waktu sekitar 9 jam dengan jarak sekitar 570 km. Hanya saja, Anda perlu mempersiapkan budget yang lebih detail untuk keperluan bensin dan tarif tol tersebut.

Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta

Berbicara mengenai tempat wisata Yogyakarta, semua mata pasti tertuju pada Malioboro yang sangat ikonik. Tapi jangan salah, Yogyakarta kini juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan. Bahkan Anda tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati keindahan pantai dan bawah lautnya. 

Tempat wisata Yogyakarta dengan berbagai jenis keindahan alam ini wajib untuk Anda kunjungi. Catat dan jadikan 10 tempat wisata Yogyakarta ini ke dalam bucket list Anda ya!

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

    Serunya bermain sandboarding dapat Anda rasakan dengan mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata Yogyakarta yang terletak di sekitar area Pantai Parangkusumo ini sangatlah unik. Pantai Parangkusumo dikelilingi gumuk pasir yang hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam. Sehingga kemudian Gumuk Pasir Parangkusumo dijadikan arena bermain sandboarding yang bisa dilakukan wisatawan dengan merogoh kocek mulai Rp50 ribu.

  2. Puncak Becici

    Bergeser sedikit ke daerah Bantul, di Puncak Becici Anda bisa menyaksikan cantiknya kota Yogyakarta sekaligus Candi Prambanan bagian utara. Selain itu, konon pemandangan sunset di sana merupakan salah satu yang tercantik. Tempat wisata Yogyakarta ini juga pernah dikunjungi oleh Presiden AS ke-44 Barack Obama pada 2017 silam, lho. Untuk masuk ke Puncak Becici, Anda cukup membayar parkir sebesar Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 10.000 bagi pengendara mobil.

  3. Heha Sky View

    Terletak di Gunungkidul, tempat wisata Yogyakarta ini tergolong baru. Heha Skyview menawarkan pemandangan kota Yogyakarta yang dapat dilihat keseluruhannya dari atas bukit. Bila cuaca sedang cerah, cuaca cerah, keindahan Pegunungan Merapi dan Merbabu juga bisa terlihat dari sana. 

  4. Pantai Timang

    Jika Anda mencari tempat wisata Yogyakarta yang menyuguhkan keindahan alam pantai beserta rekreasi uniknya, wajib ke Pantai Timang. Pernah melihat viralnya gondola yang meluncur di atas pantai? Ya, selain menikmati pesona alamnya, di pantai ini Anda juga bisa menguji adrenalin dengan naik wahana tersebut. Gondola ini hanya bisa diisi satu orang saja dan meluncur sepanjang 98 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter dari atas permukaan laut.

  5. Pantai Nglambor

    Mau snorkeling kini tak harus ke Bali, cukup ke tempat wisata Yogyakarta bernama Pantai Nglambor saja. Bawah laut pantai tersebut menyimpan beragam biota laut, ikan hias dan terumbu karang yang cantik. Mengutip Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai ini memiliki dua batu karang besar yang berbentuk kura-kura raksasa di bagian depan. Kura-kura raksasa Watu Kalong dan Watu Kuntul ini berfungsi memecah ombak, sehingga air laut di Pantai Nglambor menjadi lebih tenang.

  6. Tirta Budi

    Tirta Budi kerap disebut juga sebagai Blue Lagoon, karena airnya biru dan bening layaknya oase padang pasir. Anda bisa berenang atau sekadar bermain air di tempat wisata Yogyakarta ini. Bentuknya seperti kolam yang cukup besar, serta pancuran kecil di tengahnya yang mengaliri air dari batang bambu. Uniknya lagi, ada ikan-ikan kecil yang menghiasi mata air tersebut. Lokasi Blue Lagoon atau Pemandian Tirtabudi sendiri hanya 16 km dari Yogyakarta, tepatnya di Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

  7. Bukit Klangon

    Bukit Klangon termasuk tempat wisata Yogyakarta baru yang sedang hits baru-baru ini. Namun, ternyata bukit tersebut sudah lama dibuka untuk umum sejak tahun 2011 silam. Bukit Klangon menjadi istimewa dan diincar wisatawan karena menyajikan keindahan alam bawah lereng merapi. Rata-rata pengunjung biasanya juga melakukan camping semalaman di sana, agar suasana petualangannya lebih terasa.

  8. Svargabumi

    Panorama kehijauan dari sawah bisa Anda saksikan di Svargabumi. Tempat wisata Yogyakarta ini menyuguhkan pemandangan sawah serta pegunungan yang begitu indah. Letaknya tak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Magelang. Bagi penggemar selfie dan kreator konten, Svargabumi menyediakan lebih dari 20 spot estetik. Selain itu, ada pula gazebo dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai.

  9. Puncak Kosakora

    Melihat keindahan pantai dari atas tebing, bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Puncak Kosakora. Tempat wisata Yogyakarta ini tergolong ramah di kantong, tapi sangat direkomendasikan karena tempatnya yang bersih, serta panoramanya begitu mempesona. Di sana, Anda bisa camping dengan harga Rp10 ribu atau menyewa tenda dome seharga Rp60 ribu saja. 

  10. Air Terjun Gedad

    Selain pantai, lereng gunung, bukit, dan padang pasir, terakhir Yogyakarta juga memiliki air terjun bernama Air Terjun Gedad. Di sana, Anda bisa melihat keunikan air terjun yang boleh dibilang tak ada ditempat lain. Air Terjun Gedad punya struktur air lebar dan berpunuk-punuk. Nama Gedad sendiri karena letaknya berada di Dusun Gedad, Playen, Gunung Kidul. Untuk bisa masuk tempat wisata Yogyakarta ini, Anda cukup membayar uang parkir saja sebesar Rp2 ribu.

Ternyata banyak sekali ya tempat wisata Yogyakarta bernuansa alam yang indah. Jika ke Yogyakarta, tempat wisata Yogyakarta di atas jangan sampai terlewatkan. Semoga rekomendasi tempat wisata Yogyakarta terbaik ini bisa membantu Anda dalam menyusun agenda traveling nanti.

 Saat traveling, protokol kesehatan COVID-19 jangan sampai kendor. Hindari penggunaan uang tunai untuk mencegah penularan virus salah satunya. Sebagai pengganti, gunakan CIMB Niaga Visa Travel Card yang akan mempermudah segala transaksi Anda selama melancong ke tempat wisata Yogyakarta.

CIMB Niaga Visa Travel Card merupakan kartu kredit yang memberi banyak keuntungan bagi para traveler. Beberapa diantara keunggulan yang bisa Anda nikmati antara lain:

  • Bebas iuran tahunan pertama
  • Poin Xtra lebih banyak
  • Cicilan 0% untuk tenor 3 bulan
  • Fasilitas airport lounge
  • Perlindungan asuransi 

Masih banyak lagi keunggulan CIMB Niaga Visa Travel Card lainnya, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Jadi tunggu apa lagi? Segera apply CIMB Niaga Visa Travel Card untuk perjalanan wisata yang lebih mudah, klik di sini.

Produk Terkait

Platinum ALL Accor Live Limitless

More free stays, more often.

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian