production

Cara Menabung Yang Baik di Tahun 2020

Cara Menabung Yang Baik di Tahun 2020

Selama masa lockdown yang dilakukan Pemerintah guna meminimalisir penyebaran virus corona, menyebabkan banyaknya para karyawan swasta maupun mahasiswa yang bekerja sambilan diberhentikan dari pekerjaanya. Dampaknya pemasukan akan semakin berkurang mengingat semakin tinggi juga kebutuhan selama proses karantina. Lalu bagaimana cara menabung yang baik selama proses karantina ini? kamu akan temukan jawabannya di bawah ini.

Kebutuhan yang terus datang sehari-harinya tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terlebih apabila kamu seorang mahasiswa atau karyawan yang tinggal seorang diri dan memiliki tanggungan yang cukup banyak. Untuk meminimalisir pengeluaran yang cukup besar, kamu harus cerdas dalam menentukan cara menabung yang baik. Dari mengontrol pengeluaran untuk kebutuhan pokok bulanan maupun sehari-hari. Dalam merencanakan cara menabung yang baik kamu harus ekstra hati-hati dengan kebutuhan biaya yang tidak terduga. Pasalnya walaupun kamu sudah me-listing kebutuhan pokok dan kebutuhan harian dengan rapi, pasti akan ada saja kebutuhan tidak terduga. Nah berikut ini adalah tips untuk cara menabung yang baik yang bisa kamu terapkan.

  1. Tentukan Kebutuhan Pokok dan Sehari-hari secara detail

    Sebelum berbelanja bulanan, kamu pastikan dulu untuk membuat listing belanjaan apa saja yang kamu butuhkan dari mulai kebutuhan primer dan sekunder. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran kamu tiap bulannya. Kamu juga jadi tahu apa saja yang kamu benar–benar butuhkan dan mana yang bisa kamu singkirkan terlebih dahulu.

    Untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, kalau biasanya kamu memesan makanan siap saji hampir setiap hari maka kamu bisa mulai mengirit dengan membeli sayuran segar di pasar atau tukang sayur untuk dimasak sendiri. Dengan cara ini kamu bisa lebih berpikir kemana uang kamu harus dialokasikan.

  2. Cari Tambahan Pemasukan

    Berikutnya, untuk menyeimbangkan kebutuhan bulanan dan harian tersebut kamu bisa mulai mencari uang tambahan dengan bekerja sambilan atau freelance. Dengan begitu kamu tidak perlu terlalu khawatir akan pengeluaran yang tiada hentinya karena kamu punya pemasukan sampingan dari pekerjaan lepas tersebut.

    Di masa pandemi ini kamu bisa menjadi freelancer yang dimana kamu bisa bekerja secara mobile dari rumah.

  3. Sisihkan Uang di Awal Bulan

    Cara menabung yang baik selanjutnya adalah dimana kamu terlebih dahulu menyisihkan 20% uang kamu untuk jaga–jaga apabila ada pengeluaran atau kebutuhan yang datang secara tidak terduga. Walaupun nantinya uang ini tidak terpakai, kamu dapat menyimpan uang ini sebagai simpanan kamu sendiri tiap bulan.

    Batasi pengeluaran kamu di awal bulan terlebih dahulu agar kamu terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang secara sembarang, sehingga kamu bisa memperkirakan berapa jumlah uang yang bisa kamu simpan nantinya.

  4. Batasi Pemakaian Listrik yang Berlebihan

    Buat kamu yang takut gelap–gelapan, sepertinya kamu harus memberanikan diri untuk sementara ini. Agar pengeluaran bulanan kamu tidak membengkak, setidaknya kamu harus batasi penggunaan listrik yang berlebihan. Matikan lampu apabila tidak terpakai, atau kamu bisa menggunakan lampu kecil dengan watt yang tidak besar saat kamu beranjak tidur. Sebelum kamu pergi meninggalkan rumah atau beranjak tidur kamu harus pastikan untuk mematikan berbagai aliran listrik yang tidak terpakai.

  5. Hindari Kredit atau Cicilan Barang

    Selain me­listing kebutuhan primer dan sekunder bulanan kamu juga harus hati–hati kalau kamu ingin melakukan kredit atau cicilan barang. Tidak hanya mengurangi uang kamu tapi juga akan membuat bengkak pengeluaran bulanan kamu.

    Sebelum melakukan kredit barang, sebaiknya kamu benar–benar memikirkan apakah kamu sangat membutuhkan barang tersebut? apakah kebutuhan tersebut sangat mendadak? Dengan mengubah pola pikir kamu tentunya akan membuat kamu terhindar dari pengeluaran yang bengkak tiap bulannya. Jadi buat kamu yang gemar berbelanja online sepertinya kamu harus berpikir secara matang–matang. Hal ini merupakan salah satu rahasia utama dari cara menabung yang baik.

  6. Pastikan Kamu Membuka Tabungan dengan Pilihan yang Tepat

    Selanjutnya kamu harus pastikan kamu membuka tabungan dengan cara yang tepat. Pilihlah program tabungan yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar kamu tidak merugi dengan biaya admin yang dikenakan tiap bulannya oleh pihak bank. Sebelum membuka tabungan sebaiknya kamu memeriksa bagaimana program–program yang ditawarkan oleh pihak bank.

Menentukan program tabungan merupakan salah satu cara menabung yang baik dan penting untuk kamu. Setiap bank pastinya menawarkan program yang berbeda–beda dengan ketentuan dan keuntungan yang berbeda juga. Untuk kamu mahasiswa yang memiliki pemasukan yang tidak cukup banyak, tentunya kamu harus lebih teliti sebelum memutuskan untuk membuka tabungan. Untuk hal ini CIMB NIAGA menawarkan banyak jenis program yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Bagi kamu mahasiswa atau anak muda yang memiliki pemasukan tidak terlalu besar, kamu bisa memilih program tabungan Indie Account dimana dalam program ini menyediakan banyak keuntungan bagi kamu sendiri. Jangan takut! dengan kartu debit Indie Account kamu masih bisa untuk melakukan transaksi luar negri. Tidak hanya itu, tiap bulannya kamu juga bisa dapat kuota internet sebesar 2GB secara gratis dari XL, Telkomsel & Indosat Ooredoo.

Gausah khawatir ribet harus keluar rumah, kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja secara online dengan pakai OCTO Mobile dan CIMB Clicks tanpa biaya. Dengan program ini juga kamu bisa transfer ke bank lain tanpa biaya admin. Program tabungan ini tentu menjadi salah satu cara menabung yang baik dan tepat buat kamu. Dengan sering kamu melakukan transaksi dari OCTO Mobile dan CIMB Clicks kamu juga bisa mendapatkan poin Xtra yang nantinya bisa kamu kumpulkan dan kamu tukar dengan banyak tawaran menarik seperti, tiket nonton gratis, voucher makan, dan lainnya.

Dengan OCTO Mobile dan CIMB Clicks juga memudahkan kamu untuk mengontrol dan mengawasi pengeluaran maupun pemasukan di rekening kamu. Penggunaan yang cukup mudah dan keuntungan tiap bulan yang banyak pastinya menjadi pilihan tepat buat kamu.

Sedangkan buat kamu yang hanya ingin menabung tapi khawatir akan biaya administrasi bulanan jangan khawatir, program TabunganKu bisa jadi solusinya. Dengan memberikan banyak keuntungan bebas biaya, seperti:

  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Bebas biaya kartu debit
  • Bebas biaya dibawah saldo minimum
  • Fasilitas kartu ATM sebagai kartu ATM dan passbook

Banyak keuntungannya bukan? Dengan sering menabung juga bisa mendapatkan Poin Xtra, lho. Jadi buat kamu yang ingin membuka tabungan tapi masih takut–takut, sekarang tidak perlu lagi karena CIMB NIAGA memberikan keuntungan dan kemudahan bagi setiap nasabahnya. Tunggu apa lagi? Cek informasi lebih lanjut di website resmi CIMB NIAGA untuk kamu yang ingin menabung dengan cara yang baik. Selengkapnya bisa kamu baca di sini!