production

Tarif & Biaya Kartu Syariah

 

 
 
 
 

Nasabah Yth,

Efektif 1 September 2021, akan diberlakukan penyesuaian biaya Kartu Syariah CIMB Niaga sebagai berikut:

*Biaya SMS Notifikasi Rp. 7.500 untuk SMS Notifikasi yang dikirim bulan Agustus 2021 dan dibebankan pada tagihan September 2021

Kafalah Fee

Kafalah Fee merupakan biaya atas fasilitas penjaminan yang diberikan Bank bagi Pemegang Kartu terhadap Merchant atas semua kewajiban bayar yang timbul dari transaksi antara Pemegang Kartu dengan Merchant. Perhitungan Kafalah Fee ditentukan berdasarkan kredit limit.   

Tabel Kafalah Fee

Sebagai bentuk respon CIMB Niaga terhadap dampak pandemi COVID-19 yang dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia, maka efektif per tanggal 1 Juli 2021 CIMB Niaga berinisiatif untuk melakukan penyesuaian biaya Kafalah menjadi lebih rendah untuk pemegang Kartu Syariah CIMB Niaga sebagai berikut :

Rebate

Pada dasarnya, hak Bank atas Kafalah Fee adalah sebesar biaya yang telah disepakati sebagaimana tertuang dalam Tabel Kafalah Fee. Namun demikian terdapat mekanisme rebate yang merupakan apresiasi yang diberikan Bank kepada Pemegang Kartu.

Rebate merupakan nilai yang mengurangi Kafalah Fee, yang diberikan Bank kepada Pemegang Kartu dengan memperhitungkan jumlah transaksi yang dilakukan dan jumlah pembayaran atas tagihan kartunya.

Net Kafalah Fee

Net Kafalah Fee merupakan biaya Kafalah Fee yang telah dikurangi dengan rebate, yang dibebankan kepada Pemegang Kartu setiap bulannya melalui lembar tagihan.

Ilustrasi: Jika Pemegang Kartu melakukan pembayaran tagihan secara penuh (full payment) sebelum tanggal jatuh tempo dan tidak ada kondisi yang menimbulkan konsekuensi biaya, maka Bank dapat memberikan apresiasi kepada Pemegang kartu berupa pengurangan Kafalah Fee secara penuh (full rebated). Sehingga pemegang kartu tidak dibebankan Net Kafalah Fee.

Tabel Simulasi Net Kafalah Fee :

INFORMASI BIAYA

*Ketentuan atas pembayaran minimum kartu syariah sebesar 5% dari total tagihan berlaku hingga 31 Desember 2022.
** Ta’widh adalah biaya yang dikenakan kepada Pemegang Kartu sebagai ganti rugi terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan oleh Bank akibat keterlambatan Pemegang Kartu dalam membayar kewajibannya yang telah jatuh tempo. Berlaku hingga 31 Desember 2022.
***Biaya SMS Notifikasi dikenakan 1x per nasabah (kartu utama) per bulan tagihan. Efektif Maret 2021, Bank akan mengirimkan SMS Notifikasi untuk transaksi dengan nominal minimum Rp 250.000.
 

Perubahan Biaya Meterai Kartu Syariah CIMB Niaga

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai, maka mulai 1 Januari 2021 akan berlaku ketentuan baru mengenai pengenaan Bea Meterai atas total pembayaran tagihan Kartu Syariah CIMB Niaga sebagai berikut :

Total Pembayaran Tagihan Berlaku hingga 31 Desember 2020 Berlaku mulai 1 Januari 2021

Rp. 250,000 - Rp. 1,000,000

> Rp. 1,000,000

> Rp. 5,000,000

Rp 3.000,-

Rp 6.000,-

Rp 6.000,-

Rp 0,-

Rp 0,-

Rp 10.000,-

Tanggal berlaku perubahan ini mengacu pada tanggal cetak tagihan Kartu Syariah. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi CIMB Niaga 14041.