production

Manfaat Deposito Berjangka Untuk Masa Depan Apa Saja?

Manfaat Deposito Berjangka Untuk Masa Depan Apa Saja?

Anda pasti memiliki tabungan di bank, bahkan beberapa diantaranya memiliki lebih dari satu rekening bank. Memiliki lebih dari satu tabungan di bank atau rekening bank biasanya bertujuan untuk mengatur uang, ada yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, membayar cicilan dan tabungan khusus.

Berbicara mengenai perencanaan keuangan jangka panjang, ada banyak produk bank yang menawarkan tabungan jangka panjang yaitu deposito berjangka. Lalu, apa yang dimaksud dengan deposito berjangka? Deposito berjangka adalah salah satu produk perbankan dimana nasabah menyetorkan sejumlah uang untuk disimpan dalam kurun waktu yang lama di bank. Uang ini tidak dapat diambil sebelum jangka waktu yang ditetapkan misalnya 1 tahun, 5 tahun atau 10 tahun. Keuntungan deposito berjangka yang didapatkan oleh nasabah yaitu tingkat suku bunga bank yang ditawarkan lebih tinggi daripada produk perbankan lainnya. Karena itulah deposito berjangka hanya dapat diambil dalam kurun waktu yang ditentukan, jika uang atau dana deposito berjangka diambil sebelum batas waktu yang ditentukan maka akan dikenakan pinalti.

Deposito berjangka dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan ARO atau Automatic Roll Over, dengan ARO deposito berjangka akan diperpanjang secara otomatis dengan jangka waktu yang sama. Dengan menggunakan deposito berjangka, uang akan bekerja sendiri untuk Anda dan sangat menguntungkan. Maka dari itu deposito berjangka sangat cocok untuk Anda yang hendak memulai berinvestasi.

Manfaat Deposito Berjangka

Tabungan Lebih Aman

Banyak diantara kita yang menabung untuk sebuah tujuan, misalnya membeli rumah, membeli mobil atau biaya pendidikan. Namun ditengah perjalanan menabung tak jarang Anda tergiur mengambil uang tersebut untuk berfoya-foya. Deposito berjangka membuat uang Anda lebih aman dan tidak mudah untuk diambil sebelum kurun waktu yang ditentukan. Memang deposito berjangka dapat diambil kapan saja sewaktu-waktu, tapi Anda pasti berpikir dua kali jika diambil sebelum jatuh tempo maka akan terkena pinalti dan tidak mendapat suku bunga.

Pilihan Investasi yang Paling Mudah

Deposito berjangka memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk perbankan lainnya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena semakin besar uang yang Anda simpan maka suku bunga yang didapatkan juga semakin besar.

Investasi Rendah Resiko

Investasi deposito berjangka memiliki tingkat gagal investasi yang lebih rendah daripada jenis investasi lain seperti pasar saham dan obligasi. Dalam saham rasa khawatir karena resiko kerugian lebih besar, sedangkan dalam deposito berjangka relatif lebih aman karena tidak perlu melihat harga pasar yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Pendapatan Per Tenor Deposito Berjangka

Pendapatan per tenor adalah keuntungan deposito berjangka selanjutnya dimana Anda kesulitan mengambil uang jika waktunya tidak tepat. Tapi, keuntungan bisa saja diambil dengan cara menyetor kembali uang tersebut ke rekening deposito berjangka Anda. Jadi Anda tetap mendapatkan bunga sesuai dengan tenor.

Syarat Umum Untuk Memulai Deposito Berjangka

Setelah mengetahui manfaat dan keuntungan deposito berjangka, Anda mungkin mulai tertarik untuk mulai berinvestasi. Sebelum itu, ada beberapa persyaratan umum yang harus disiapkan sebelum membuat deposito berjangka, yaitu:

  • Melakukan pengisian rekening deposito di bank tempat Anda akan membuka deposito berjangka.
  • Menunjukan kartu identitas asli seperti KTP/SIM/Paspor atau fotokopinya
  • Menyerahkan sejumlah uang untuk setoran awal.

Cara Menghitung Suku Bunga Deposito Berjangka

Saat mulai membuat tabungan deposito berjangka, Anda pasti sudah membayangkan keuntungan yang didapat. Cara menghitung tingkat suku bunga deposito berjangka cukup mudah, yaitu:

  • Keuntungan deposito berjangka = suku bunga deposito berjangka X nominal uang yang distorkan X hari (lamanya deposito berjangka yang Anda ambil)
  • Pajak deposito = tarif pajak X bunga deposito berjangka
  • Pengembalian deposito berjangka = nominal investasi + (bunga deposito berjangka – pajak)

Itulah beberapa cara untuk menghitung Suku bunga deposito berjangka. Cara lain untuk mendapat bunga yang cukup tinggi dan menghindari penalti, Anda bisa membagi dana yang hendak digabungkan dalam beberapa deposito dengan jangka waktu berbeda. Penting, Anda harus memilih investasi yang paling cocok untuk Anda. Jika investasi jangka panjang adalah yang diharapkan maka deposito berjangka adalah pilihan tepat.

Kekurangan Deposito Berjangka

Ada keuntungan tentu ada kekurangan. Demikian halnya dengan deposito berjangka, salah satu alternatif investasi untuk pemula ini memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda waspadai dan pertimbangkan.

Anda Tidak Terlibat Secara Langsung

Dalam deposito berjangka Anda berperan sebagai pemilik dana yang tidak terlibat dalam pengelolaan dana yang dimiliki. Memang keuntungan yang didapat sangat besar, namun pihak bank menjadi pengelola tabungan Anda sepenuhnya. Disinilah Anda tidak mendapat keuntungan secara penuh karena Anda tetap harus membayar pajak dan biaya pengelolaan keuangan atas tabungan yang dimiliki. Lain halnya dengan reksadana dan saham, disana Anda akan terlibat langsung dengan pengelolaannya.

Ancaman Inflasi

Anda tahu bahwa nilai uang setiap harinya tidak sama cenderung menurun, disini Anda akan menghadapi harga-harga kebutuhan melonjak naik lalu nilai uang akan semakin rendah, ini lah yang dimaksud dengan inflasi dimana nilai mata uang menurun hingga titik terendah. Inflasi akan berpengaruh pada suku bunga deposito berjangka karena bunga tersebut harus digunakan untuk menutupi nilai kekurangan. Hal ini akan berdampak pada pendapatan deposito berjangka yang bisa saja turun.

Keuntungan Rendah

Deposito berjangka akan memberikan keuntungan yang tinggi jika nilai tabungan Anda juga tinggi namun jika uang yang Anda tabungkan rendah makan keuntungannya pun tidak akan seberapa. JIka dibandingkan dengan investasi saham, properti dan investasi lain keuntungan deposito berjangka termasuk kecil namun memiliki tingkat keamanan investasi yang tinggi.

Strategi Agar Deposito Berjangka Jadi Investasi Menguntungkan

Jika Anda telah menentukan deposito berjangka sebagai investasi yang paling tepat. Lakukan beberapa strategi berikut agar investasi mendapat keuntungan yang besar.

Tentukan Jangka Waktu Investasi  

Tentukan berapa lama Anda akan menyimpan dana dalam deposito berjangka. Jangka waktu simpan akan mempengaruhi tingkat suku bunga yang didapatkan. Pemilihan jangka waktu deposito tergantung dari kapan Anda membutuhkan dana tersebut dan pastikan memiliki dana cadangan sebelum jatuh tempo deposito berjangka.

Bandingkan Suku Bunga

Setelah menentukan waktu untuk deposito berjangka, saatnya Anda memilih bank dengan suku bunga yang Anda harapkan. Pasalnya setiap bank akan memberikan tingkat suku bunga yang berbeda. Bank yang memiliki tingkat suku bunga kompetitif dan menguntungkan untuk melakukan deposito berjangka yaitu CIMB Niaga. Manfaat Deposito Berjangka di CIMB Niaga:

  • Suku bunga kompetitif
  • Bisa digunakan sebagai jaminan pinjaman
  • Tersedia dalam beragam jenis mata uang: IDR, USD, SGD, AUD, GBP, JPY, NZD, HKD, CAD, CNY
  • Fleksibel dengan berbagai pilihan jangka waktu: 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan
  • Fasilitas perpanjangan deposito secara otomatis
  • Pencairan langsung ke rekening pilihan nasabah

Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai produk deposito berjangka CIMB Niaga atau produk perbankan lainnya.