production

Ketahui Lebih Dalam tentang Investasi Saham

 

 
 
 
 

Budidaya Ikan Lele Sebagai Bisnis Menggiurkan? Ikuti 6 Langkah Berikut!

 

Secara umum, investasi merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mengembangkan aset. Tujuan dalam pengembangan aset ini beragam, diantaranya adalah menjalani kehidupan yang bahagia dan sejahtera dengan kondisi finansial yang kuat. Namun terkadang, investasi dilihat dengan gambaran yang menyeramkan di mata publik. Hal ini didasari oleh risiko yang ditawarkan dari setiap jenis investasi yang tersedia saat ini, salah satunya adalah investasi saham. Namun, risiko atau kerugian yang didapatkan dari melakukan investasi saham tersebut dapat diminimalisasi dengan cara memahami secara detail tentang produk investasi yang Anda butuhkan.

Anda bisa menganggap melakukan investasi saham sebagai salah satu cara dalam meraih impian untuk hidup yang lebih baik dan nyaman di masa depan. Oleh karena itu, dalam mewujudkan impian tersebut, dibutuhkan proses dan waktu. Anda bisa memaksimalkan proses dan waktu yang Anda butuhkan untuk memenuhi pengetahuan dalam mempelajari investasi saham, sehingga Anda punya gambaran yang sesuai untuk mulai berinvestasi demi menjalani hidup nyaman di masa depan.

Apa itu investasi?

Sebelum mulai membahas tentang investasi saham, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu investasi. Secara mudah untuk dimengerti, investasi merupakan kegiatan dalam mengupayakan penanaman modal yang dapat menghasilkan keuntungan di masa depan. Keuntungan di masa depan ini mengacu pada kondisi finansial Anda yang berkembang dan stabil dalam kurun waktu yang telah ditentukan sesuai dengan jenis investasi yang Anda pilih. Termasuk investasi saham. Hingga saat ini,penanaman modal dalam bentuk uang merupakan cara yang paling populer dalam melakukan investasi.

Uang yang Anda tanamkan sebagai modal tersebut nantinya akan dikonversikan ke dalam aset finansial yang dapat berupa saham salah satunya. Investasi saham atau investasi lainnya yang Anda pilih didasari dari kemungkinan untuk menghadirkan keuntungan pada modal awal yang Anda keluarkan. Orang yang melakukan aktivitas investasi biasanya dikenal dengan sebutan investor. Secara singkat, prinsip investasi ini dapat disamakan dengan kegiatan menabung, yaitu Anda mengalokasikan dana untuk disimpan untuk dapat digunakan di kemudian hari. Namun yang jadi pembeda adalah, ada kemungkinan akan hadirnya keuntungan yang lebih baik.

Pengertian dasar tentang investasi

Perlu dipahami bahwa tujuan atau rencana memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan Anda dalam berinvestasi. Tujuan atau rencana yang Anda miliki ini nantinya akan dapat membantu Anda dalam menentukan jenis apa yang cocok dengan keadaan serta kebutuhan Anda di masa depan. Secara umum, jenis investasi ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang

  1. Investasi jangka pendek

    Investasi jangka pendek merupakan sebuah kegiatan investasi dengan skema yang akan memberi kemungkinan bagi Anda dalam mendapatkan keuntungan selama kurun waktu 1 hingga 3 tahun ke depan. Dengan memilih investasi jangka pendek, maka Anda menyadari bahwa jenis investasi ini akan cocok untuk Anda yang sedang memiliki keinginan atau kebutuhan dan perlu direalisasikan dalam kurun waktu yang lebih singkat. 

    Contoh tujuan investasi jangka pendek yang bisa Anda implementasikan adalah, perencanaan biaya untuk liburan yang telah Anda persiapkan untuk tahun mendatang. Memahami persiapan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, Anda tidak perlu harus melakukan perhitungan yang dapat mengganggu kestabilan kondisi finansial Anda. 

  2. Investasi jangka panjang

    Investasi jangka panjang merupakan jenis investasi yang membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang Anda harapkan. Investasi ini biasanya memakan jangka waktu mulai dari 3 hingga 15 tahun. Tidak jarang juga melebihi dari ekspektasi waktu tersebut. Jangka waktu tersebut berlaku dengan penyesuaian tujuan utama Anda dalam melakukan investasi. Meskipun begitu, investasi jangka panjang memiliki kemungkinan lebih besar dalam menghasilkan keuntungan yang besar pula, dibandingkan dengan investasi jangka pendek.

Mengenal investasi saham

Setelah Anda memahami tentang investasi secara umum, hal berikutnya yang Anda bisa lakukan adalah mulai mempelajari berbagai macam produk investasi yang ada saat ini. Salah satunya adalah investasi saham. Secara umum, saham bisa diartikan sebagai tanda penyertaan modal dari seseorang atau pihak, yang meliputi badan usaha, dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan penyertaan modal yang terdaftar, maka pihak tersebut berhak memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Jadi, jika Anda telah menjalankan bentuk investasi saham, secara tidak langsung Anda dapat mendapatkan keuntungan terhadap modal awal yang digunakan untuk membeli saham dari satu atau lebih perusahaan. Meskipun begitu, Anda perlu memahami bahwa modal yang Anda salurkan untuk investasi saham tersebut memiliki peran untuk mendukung keperluan dalam peningkatan ekonomi pada suatu perusahaan atau perseroan. Keuntungan yang didapat dari peningkatan ekonomi tersebutlah yang nantinya akan dibagi kepada para penanam modal atau investor saham.

Jenis-jenis investasi saham

Perlu untuk Anda ketahui bahwa saham ini datang dari berbagai sektor ekonomi. Maka dari itu, memilih investasi saham yang tepat akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan keuntungan dari kegiatan investasi yang Anda lakukan. Bursa Efek Indonesia mencatat kurang lebih ada 711 perusahaan yang memiliki saham terdaftar yang dibagi lagi ke dalam 9 sektor, berikut rinciannya.

  • Agriculture

  • Mining

  • Basic industry & chemicals: 

  • Miscellaneous industry (usaha pembuatan mesin berat atau ringan, berikut dengan komponen penunjangnya)

  • Consumer goods industry

  • Property, real estate, and building construction

  • Infrastructure, utility, and transportation

  • Finance

  • Trade, service, and investment

Investasi saham juga terbagi dalam dua jenis, di antaranya adalah saham biasa dan saham preferen. Mengenai saham biasa, jenis investasi saham ini biasanya berupa surat berharga yang menyatakan tentang kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan.

Sedangkan saham preferen mengacu pada pemegang saham yang memiliki prioritas lebih tinggi dalam hal pembagian dividen dibandingkan investor saham biasa. Keuntungan berinvestasi saham preferen adalah, Anda bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk menentukan kebijakan perusahaan.

Pengertian reksadana saham

Dalam meminimalisasi risiko dalam melakukan investasi saham, mungkin Anda bisa memilih menginvestasikan dana Anda untuk reksadana saham. Salah satu kemudahan yang Anda dapatkan dalam memilih investasi saham adalah pengelolaan investasi yang dilakukan oleh pihak manajer investasi sebagai pihak penyelenggara yang memiliki peran untuk mengelola, membantu Anda memilih, serta membeli ing Anda inginkan. Biasanya manajemen investasi ini dilakukan oleh pihak bank dan penyedia asuransi. Selanjutnya Anda hanya perlu memerhatikan pergerakan dan perkembangan investasi Anda sembari menambah dana untuk meningkatkan nilai investasi Anda semakin cepat.

Dalam memilih investasi saham melalui reksadana saham, Anda perlu menentukan tujuan dan rencana keuangan yang Anda perlukan sebagai landasan dalam berinvestasi. Hal ini diperlukan agar Anda senantiasa memahami bahwa sangat sulit untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Oleh karena itu, tujuan dalam melakukan investasi saham melalui reksadana saham diperlukan agar Anda dapat membangun kondisi finansial yang kuat di masa depan.


Sebagai Agen penjual efek Reksa dana, CIMB Niaga menawarkan produk reksadana sebagai salah satu bentuk komitmen dalam membantu meningkatkan kekuatan finansial Anda. Produk reksadana yang tersedia di CIMB Niaga menawarkan kenyamanan bagi Anda untuk senantiasa melakukan investasi jangka panjang maupun jangka pendek dengan risiko yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk untuk investasi saham. Kenali lebih lanjut tentang produk reksadana saham CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

Reksadana CIMB Niaga