www.cimbniaga.co.id production

Memahami Apa Itu Investment dan Tips Memilihnya

 

Investment atau investasi saat ini banyak dilakukan sebagai persiapan kebutuhan keuangan di masa depan. Umumnya, orang yang berinvestasi mengharapkan dana yang diinvestasikan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat setelah jangka waktu 3-5 tahun.

Setiap orang pada dasarnya telah melaksanakan investment, baik yang dilakukan secara sadar maupun tidak. Sebagai contohnya investasi pendidikan untuk masa depan anak dan investasi lainnya.

Semakin maraknya investment saat ini membuat Anda harus lebih teliti dalam memilih instrumen yang tepat. Oleh karena itu, mari simak serba serbi investment lebih lanjut dalam pembahasan berikut ini.

Apa Itu Investment?

Investment atau investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik secara langsung maupun tidak. Dengan berinvestasi, Anda nantinya akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.

Investasi dapat dilakukan oleh individu maupun perusahaan dengan tujuan untuk menghasilkan sejumlah uang. Lebih dari itu, masih ada tujuan investment lainnya yang perlu Anda pahami. Berikut ini tujuan dari berinvestasi:

  1. Mencapai kesejahteraan di masa depan
  2. Investment dinilai sebagai salah satu upaya manajemen keuangan yang efektif untuk melindungi harta atau aset yang menjadi kekayaan seseorang. Dengan memiliki investasi, nilai kekayaan Anda saat ini dapat mengalami peningkatan nilai atau setidaknya dapat dipertahankan nilainya di masa mendatang.

  3. Mengantisipasi inflasi
  4. Penurunan nilai kekayaan bisa saja terjadi akibat dari adanya inflasi atau meningkatnya harga produk secara terus-menerus. Salah satu cara yang dapat membantu mengantisipasi adanya inflasi di masa depan yaitu menabung dan berinvestasi. Dengan kata lain, memiliki investasi sangat bermanfaat bagi kondisi keuangan jangka panjang Anda. 

  5. Mengurangi ketidakpastian
  6. Masa depan tentu bukanlah suatu hal yang bisa diprediksi dengan mudah dan bersifat tidak pasti. Setiap orang tidak dapat mengetahui hal baik atau hal buruk apa yang akan terjadi di masa depan. 

    Namun, pasti akan ada perubahan yang terjadi di masa depan seiring berjalannya waktu. Itulah mengapa kegiatan investment akan membantu Anda untuk mengurangi ketidakpastian yang bisa menimbulkan risiko kerugian secara finansial.

Instrumen Investasi di Indonesia

Sebelum melakukan investment atau investasi, alangkah baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis instrumen investment yang ada di Indonesia: 

  1. Saham
  2. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan saham sebagai instrumen investasi atau investment yang menjadi tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha pada suatu perusahaan.

    Melalui pembelian instrumen investasi atau investment jenis ini, artinya Anda berhak atas kepemilikan dari suatu perusahaan terbuka dengan persentase tertentu.

    Ada banyak jenis saham dengan harga yang bervariasi. Sebagai investor pemula, Anda disarankan untuk menggunakan produk reksadana saham. Sebab, Manajer Investasi nantinya akan menyeleksi saham yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

    Anda bisa membeli saham dari perusahaan yang diinginkan dengan dua cara, yaitu melalui penawaran (pasar perdana) atau bisa juga dengan membeli saham yang dimiliki investor lainnya melalui perantara yang menjadi Anggota Bursa (AB).

    Perlu dipahami jika membeli instrumen investasi saham nantinya ada kemungkinan mengalami kerugian karena naik turunnya harga saham.

  3. Reksa dana
  4. Instrumen investasi atau investment jenis ini seringnya dijadikan sebagai wadah modal bagi sekumpulan investor untuk melakukan penanaman modal dengan investasi dalam nominal kecil. Reksa dana cocok bagi investor pemula yang ingin berinvestasi, namun memiliki dana terbatas.

    Dengan modal minimal Rp 10.000 saja, Anda sudah bisa membeli reksa dana. Dibandingkan instrumen investasi lainnya, reksa dana memiliki risiko yang lebih kecil. 

    Sebagai seorang pemula dalam berinvestasi, Anda tidak perlu memantau perkembangan aset yang ada karena dana yang diinvestasikan dalam reksa dana akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional.

  5. Obligasi
  6. Obligasi adalah surat utang yang dapat diperjualbelikan dan dipindahtangankan dalam jangka menengah maupun jangka panjang. 

    Instrumen investasi atau investment yang satu ini ini memuat janji antara pihak yang menerbitkan obligasi dengan pihak pembeli. Pihak pembeli diwajibkan untuk membayar imbalan berupa bunga dalam periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah disepakati.

    Jika dibandingkan dengan saham, obligasi termasuk salah satu investasi tetap yang dapat memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dengan risiko yang stabil pula.

Tips Memilih Instrumen Investasi yang Aman

Melansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada sejumlah tips memilih instrumen investasi atau investment yang aman. Berikut beberapa tips yang perlu Anda tahu:

  • Kenali profil investasi diri

    Setiap orang tentunya memiliki tujuan investasi, jangka waktu investasi, penerimaan terhadap risiko, serta mengharapkan tingkat return yang berbeda-beda. Maka dari itu, profil risiko dari masing-masing investor umumnya tidak sama.

    Secara umum, ada 3 profil risiko seseorang dalam berinvestasi, yaitu:

    • Konservatif

      Profil risiko investasi ini merupakan sebutan bagi para investor yang menghindari risiko tinggi. Jika Anda termasuk salah satunya, maka instrumen investasi yang cocok dengan profil konservatif adalah instrumen yang tidak fluktuatif dengan kenaikan yang cenderung stabil, namun tetap dapat memberikan keuntungan. 

      Reksa dana pasar uang, deposito, reksa dana pendapatan tetap, dan surat utang negara menjadi pilihan instrumen investasi yang tepat bagi Anda.

    • Moderat

      Profil ini cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan aman, tapi pada saat yang sama tidak ingin mendapatkan keuntungan yang terlalu sedikit. Dengan kata lain, Anda masih bisa menoleransi risiko penurunan nilai investasi dalam batasan tertentu.

      Penurunan nilai investasi bisa menyebabkan kerugian nilainya mungkin akan lebih tinggi dari profil konservatif, namun masih dalam batasan aman. Hal ini juga berlaku untuk return yang mungkin diperoleh.

    • Agresif

      Profil risiko agresif diperuntukkan bagi Anda yang mencari peningkatan nilai investasi dalam jangka panjang, namun memiliki toleransi jika terjadi penurunan nilai investasi dalam jumlah besar.

      Bagi Anda yang berusia cukup muda, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli saham atau reksa dana saham sebagai instrumen investasi.

  • Pilih sesuai kebutuhan

    Setelah menentukan profil risiko investasi, maka Anda dapat memilih jenis dan instrumen investasi atau investment sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan. Ada baiknya jika Anda mencari tahu masing-masing keuntungan dan risiko yang akan didapatkan sebelum membelinya.

  • Perhatikan aspek legalitasnya

    Apabila sudah menemukan instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko, langkah selanjutnya yaitu memastikan apakah lembaga yang menawarkan investasi telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau belum. Hal ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari investasi bodong yang saat ini marak terjadi.

  • Pahami siapa regulatornya

    Regulator yang dimaksud di sini yaitu pihak yang mengawasi perusahaan yang menjual dan menawarkan instrumen investasi kepada Anda.Dengan memahami siapa regulatornya, maka Anda bisa berjaga-jaga jika sesuatu terjadi di masa mendatang.

  • Baca ketentuan dengan seksama

    Hal yang tidak boleh luput dilakukan saat akan membeli suatu produk investasi atau investment adalah membaca syarat dan ketentuan produk dengan seksama. Ini perlu dilakukan demi memastikan bahwa Anda telah memahami dengan baik hak dan kewajiban, manfaat, biaya, dan risiko yang berkaitan dengan instrumen investasi yang dipilih.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda bisa terhindar dari risiko terjerat investasi bodong yang marak terjadi.

Berinvestasi dengan CIMB Niaga

Memilih instrumen untuk berinvestasi perlu dilakukan secara berhati-hati. Sebagai lembaga perbankan yang resmi, CIMB Niaga juga penyedia menyediakan layanan investment bagi para pelaku bisnis.

Investment yang dimiliki oleh CIMB Niaga untuk nasabah korporasi diantaranya ada Market Linked Deposit, Obligasi, Strike Currency, dan Swap Depo. Keempat instrumen tersebut tentunya memiliki keuntungannya masing-masing.

Market Linked Deposit menjadi jawaban bagi Anda yang menginginkan tingkat pengembalian tetap dengan jangka waktu menengah atau panjang dalam mata uang asing. Sementara obligasi merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan tingkat pengembalian tetap untuk jangka menengah maupun panjang dengan pilihan mata uang rupiah dan dollar Amerika.

Bagi Anda yang mencari tingkat pengembalian tetap dalam jangka waktu pendek dengan mata uang asing, maka Strike Currency merupakan pilihan yang cocok. Adapun produk Swap Depo akan sangat sesuai bagi Anda yang memiliki tingkat penerimaan risiko rendah dan menginginkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada deposito berjangka konvensional.

CIMB Niaga juga menghadirkan instrumen investasi bagi nasabah individu melalui reksa dana yang bisa dibeli secara online melalui aplikasi OCTO Mobile. Berinvestasi reksa dana dengan CIMB Niaga bisa Anda lakukan dengan setoran mulai dari Rp 100 ribu saja. Temukan informasi lengkap terkait reksa dana CIMB Niaga di sini!

Produk Terkait

Investment

Pilihan investasi yang tepat untuk meraih keuntungan maksimal

Pembiayaan Investasi

Merupakan fasilitas pembiayaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, baik untuk investasi baru maupun untuk ekspansi bisnis Anda. Fasilitas ini untuk Anda yang berencana untuk melakukan rehabilitasi, modernisasi aset, perluasan usaha, relokasi tempat usaha, maupun pendirian proyek baru dimana sumber pembayaran dapat berasal dari hasil usaha Anda dan/atau dari aset yang dibiayai.

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

Obligasi CIMB Niaga: Investasi Aman dan Menguntungkan

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal