production

Kenali Jenis Investasi Online dan Tips Aman Menggunakanya

 

 
 
 
 

Kenali Jenis Investasi Online dan Tips Aman Menggunakanya

 

Perkembangan teknologi sudah mengubah cara kita dalam menjalani hidup di berbagai aspek, termasuk juga dengan cara untuk berinvestasi yang kini dikenal juga dengan jenis investasi online.

Investasi yang dulunya dilakukan melalui sekuritas tertentu atau dengan bantuan broker, kini sudah bisa dilakukan secara investasi online menggunakan gadget atau perangkat pintar dan canggih lainnya.

Dengan kata lain, sama seperti manfaat perkembangan teknologi di aspek kehidupan lainnya, investasi online membuat investasi menjadi lebih mudah dengan banyaknya platform online yang memberi layanan berbagai jenis investasi online.

Mengenal Investasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis investasi online. Ada baiknya mengenali lebih dulu secara ringkas tentang investasi itu sendiri. Investasi merupakan sebuah kegiatan dalam mengupayakan penanaman modal yang dapat menghasilkan keuntungan di masa depan.

Dalam kasus masa depan yang aman, tentu dibutuhkan kondisi finansial yang berkembang dan stabil dalam kurun waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, penanaman modal dalam investasi saat ini adalah dalam bentuk uang. Melalui investasi, uang yang Anda tanamkan sebagai modal dikonversikan ke dalam aset finansial berupa saham atau obligasi.

Saham atau obligasi yang Anda miliki melalui investasi tersebut memiliki kemungkinan untuk menghadirkan keuntungan dari modal awal yang Anda keluarkan.

Orang yang melakukan aktivitas investasi biasanya dikenal dengan sebutan investor. Prinsip investasi ini mirip dengan menabung, Anda mengalokasikan dana untuk disimpan di kemudian hari, namun dengan keuntungan yang lebih baik.

Mengenal Jenis Investasi Online

Setelah mengetahui pengertian lebih jauh tentang investasi dan Anda mulai berminat untuk melakukan kegiatan ini, Anda bisa memilih jenis investasi online mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Jenis Investasi Online: Peer to Peer Lending (P2P)

    Instrumen P2P adalah investasi online dengan mempertemukan investor dengan borrower. Borrower adalah pihak yang memerlukan dana pinjaman. Penyelenggara pertemuan ini adalah platform P2P yang dilakukan secara online. Penyelenggaraan P2P akan memilih calon peminjam yang sesuai.

  2. Jenis Investasi Online: Reksa dana

    Dalam jenis investasi online ini, dana akan ditempatkan di reksa dana. Ada Manajer Investasi yang kemudian mengelola dana investasi yang masuk. Dana yang bisa dipakai berinvestasi di reksa dana beragam. Jenis investasi ini terbilang menjadi paling umum diketahui daripada jenis investasi lainnya.

  3. Jenis Investasi Online: Saham

    Saham terbilang sangat populer dibanding instrumen investasi online lainnya. Anda kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan sangat besar dari sini. Saham sendiri diterbitkan dan dijual suatu perusahaan untuk mendanai aktivitas perusahaan.

    Investor yang membeli saham berpeluang mendapat keuntungan dari dividen dan capital gain. Namun risiko bermain saham juga ada dengan adanya capital loss dan risiko likuiditas.

    Jual beli saham sudah bisa dilakukan secara online. Menariknya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengizinkan pembukaan rekening untuk bertransaksi saham secara online. Hal ini sudah pasti mengefisienkan pembukaan rekening. Di samping itu, inklusi jasa keuangan akan meningkat, terutama di pasar modal.

  4. Deposito

    Deposito mungkin langkah aman untuk berinvestasi. Risiko kerugian cukup kecil. Deposito adalah tabungan berjangka yang dananya hanya bisa diambil setelah melalui jangka waktu tertentu. Investasi ini dikeluarkan oleh bank dengan nilai persentase bunga lebih tinggi dari tabungan, berkisar 5-6 persen per tahun.

  5. Emas

    Emas termasuk instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang. Selain itu nilainya terjaga dari inflasi dan gampang dijual. Saat ini mulai banyak layanan tabungan emas untuk investasi ini. Pegadaian, Perbankan, hingga platform khusus tabung emas sudah tersedia dengan pilihan nominal menabung yang terjangkau.

  6. Obligasi

    Jika Anda baru memiliki niat untuk melakukan investasi online, mungkin Anda bisa mempertimbangkan obligasi sebagai produk investasi online. Memang, obligasi tidak memiliki popularitas seperti saham, namun obligasi bisa jadi pintu masuk Anda dalam mulai berinvestasi yang dapat menambah penghasilan Anda semasa masih produktif bekerja.

    Obligasi merupakan sebuah produk investasi yang dapat ditemukan di pasar modal. Obligasi berupa surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh pihak terkait, biasanya datang dari pemerintah atau korporasi, namun bisa juga diterbitkan oleh perseorangan. Di dalam obligasi yang diterbitkan, biasanya tercantum pernyataan bahwa setiap pembeliannya memiliki bunga yang akan berkembang dan memberi keuntungan bagi pemiliknya dalam jangka waktu tertentu.

    Obligasi sebagai jenis investasi online ini juga bisa diaplikasikan untuk jenis investasi jangka panjang maupun jangka pendek, karena biasanya memiliki waktu jatuh tempo mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun. Pemegang investasi obligasi biasanya akan diberikan tanda kepemilikan berupa kupon ataupun bunga. Jika Anda memilih obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi, biasanya Anda akan menerima kupon yang akan diberikan secara berkala. Kupon ini merupakan bukti atau tanda atas keuntungan yang Anda miliki saat berinvestasi obligasi. Keuntungan untuk mendapatkan pendapatan tetap menjadikan obligasi jadi salah satu produk investasi terbaik yang bisa Anda miliki.

Hal yang Harus Diwaspadai di Investasi Online

Supaya keuntungan dari investasi online bisa dinikmati, berikut beberapa tips yang dikutip dari situs OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengenai investasi online yang perlu diperhatikan.

  1. Memilih investasi online yang tepat

    Investasi online hadir dalam berbagai jenis pilihan, di antaranya investasi saham, reksa dana, emas, valuta asing, hingga pendanaan UMKM atau yang dikenal sebagai P2P (peer-to-peer) lending. Mekanisme dari investasi-investasi ini berbeda, begitu juga dengan tingkat keuntungan yang didapat dan risiko yang ditanggung. Kenali jenis investasi online dengan baik agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

  2. Menilai kredibilitas broker

    Investasi online tentu saja juga difasilitasi oleh broker. Tidak seperti investasi konvensional, investasi online menggunakan sistem yang tidak mendukung aktivitas tatap muka secara langsung antar broker dan investor. Penting bagi Anda untuk mengetahui calon broker yang akan mengelola dana investasi. Pastikan broker tersebut memiliki pengalaman di bidang pengelolaan dana investor dan memiliki latar belakang yang kredibel.

  3. Memahami skema investasi online

    Broker yang kredibel dapat dipastikan memiliki skema investasi yang jelas bagi investornya. Skema ini dapat dijadikan sebagai gambaran mengenai metode pengelolaan dana. Skema investasi diharapkan membuat para investor mampu menilai apakah investasi tersebut layak diikuti atau tidak. Hindari investasi dengan skema Ponzi yang merupakan salah satu bentuk investasi bodong. Jadilah investor yang bijak.

    Jika Anda menemukan kejanggalan dalam skema investasi, kalian perlu menanyakan langsung kepada broker mengenai kejelasan skema tersebut.

  4. Memahami tingkat risiko investasi online

    Investasi apapun tidak pernah lepas dari risiko. Tingkat risiko yang akan dihadapi selalu berbanding lurus dengan tingkat keuntungan yang mungkin diterima. Semakin tinggi keuntungan maka semakin besar juga risiko yang harus ditanggung oleh investor.

    Sebelum memilih investasi online. Anda perlu mengetahui tingkat risiko yang akan dihadapi bila bergabung dengan investasi tersebut. Bandingkan risiko antar investasi online untuk mengetahui sejauh mana Anda sanggup jika suatu saat dihadapkan pada risiko tersebut.

  5. Melakukan diversifikasi investasi online

    Berinvestasi di satu jenis produk investasi online sangat tidak disarankan karena risiko dan kerugian yang diterima akan menjadi besar. Jika Anda melakukan diversifikasi pada investasi online, saat nilai investasi satu produk turun, ada kemungkinan nilai investasi dari produk lainnya naik sehingga kerugian yang Anda tanggung tidak sebesar saat bergabung pada satu jenis investasi online saja.

Saat ini berinvestasi sudah semakin mudah dan cepat. Anda tidak perlu datang langsung ke perusahaan sekuritas atau penyedia investasi lainnya. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, dapat memanfaatkan fasilitas investasi online agar investasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Sebagai nasabah CIMB Niaga, Anda pun memiliki kesempatan untuk dapat menjalankan investasi online dalam bentuk obligasi. Sebagai salah satu produk investasi online, obligasi di CIMB Niaga menawarkan keuntungan berupa pendapatan kupon secara berkala, potensi kenaikan pada modal awal Anda, serta data Anda sebagai investor terdaftar pada bank kustodian guna memberi keamanan pada Anda. Selain itu, transaksi obligasi di CIMB Niaga juga bisa dilakukan secara online melalui OCTO Mobile & OCTO Clicks. Segera temukan info lengkapnya dan mulai berinvestasi di sini.

Referensi: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10452

Produk Terkait

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

One stop mobile financial solution untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda dengan beragam fitur canggih dan keunggulan produk. Download OCTO Mobile :

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile