production

Kembangkan Budidaya Ikan Cupang dengan 4 Langkah Ini!

 

 
 
 
 

Kembangkan Budidaya Ikan Cupang dengan 4 Langkah Ini!

 

Hobi merupakan salah satu faktor yang bisa membuat pengembangan bisnis jadi lebih menyenangkan untuk dilakukan. Saat ini, budidaya ikan cupang merupakan salah satu hobi yang cukup banyak peminatnya. Hobi budidaya ikan cupang sebagai ikan hias dinilai jadi salah satu aktivitas yang cukup bisa menghadirkan ketenangan di tengah rasa penat akibat aktivitas yang menyiksa waktu. Namun, ada juga yang bisa melihat potensi bisnis dari hobi tersebut dan mulai melakukan budidaya ikan hias ini menjadi serius.

Mungkin bagi orang awam kebanyakan, mendengar kalimat merawat atau budidaya ikan cupang terkesan sebagai sebuah aktivitas yang kurang menarik. Namun, jika Anda datang dari sudut pandang sebagai orang yang memiliki hobi tersebut, Anda bisa menemukan peluang bisnis yang menjanjikan. Perlu diingat bahwa hobi yang dimaksud adalah merawat ikan cupang hias dengan karakteristik yang indah untuk menghadirkan nuansa berbeda di dalam tempat tinggal.

Langkah mengembangkan bisnis budidaya ikan cupang

Sebagaimana dengan peluang bisnis lainnya, budidaya ikan cupang ini juga menawarkan potensi pengembangan yang baik dari sisi finansial. Tentu saja dalam mengembangkan bisnis ada berbagai langkah yang perlu Anda ikuti dengan cermat dan teliti agar mengurangi risiko yang tidak diinginkan saat menjalankan bisnis budidaya ikan cupang ini. Apalagi, dalam menjalankan bisnis ikan cupang ini, Anda melibatkan makhluk hidup yang perlu dijaga dan dirawat dengan penuh kehati-hatian. Berikut adalah langkah yang bisa Anda coba ikuti untuk mengembangkan bisnis budidaya ikan cupang.

  1. Mulai perluas area budidaya

    Bagi Anda yang ingin mencoba memperkuat kondisi ekonomi melalui bisnis budidaya ikan cupang yang tengah dijalani, penting untuk mulai memikirkan area relokasi baru. Banyak budidaya ikan cupang yang dilakukan di area rumah. Namun, akan lebih baik jika Anda mencari lokasi baru untuk melakukan pengembang biakan secara lebih intensif. Anda bisa mencoba untuk mencari lahan yang lebih luas untuk pengembangan bisnis budidaya ikan cupang ini. Pastikan untuk dekat dengan kawasan rumah agar Anda tetap bisa memantau lokasi budidaya dengan baik dari segi keamanan serta perawatannya.

  2. Tambah kuantitas indukan ikan cupang berkualitas 

    Dalam proses bisnis budidaya ikan cupang, tentu hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah aspek pengembang biakan ikan hias tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memilih indukan ikan cupang yang berkualitas. Kualitas tersebut bisa Anda temukan dari aspek fisik dari indukan ikan cupang. Di antaranya dari warna dan ukuran. Untuk jenis indukan yang populer saat ini di antaranya adalah, double tail, plakat halfmoon, halfmoon, crowntail, dan giant. Perlu diingat juga setiap jenis indukan ikan cupang memiliki harga yang kompetitif. Harga yang kompetitif ini didasari oleh jenis yang tengah populer di pasaran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap mengikuti tren terkait budidaya ikan cupang.

    Tidak hanya melihat dari kualitas fisiknya saja, dalam memilih indukan ikan cupang yang berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan aspek kesehatannya. Untuk urusan budidaya ikan cupang, indukan cupang yang sehat biasanya tidak punya tanda cacat pada tubuh. Tanda cacat ini biasanya datang dari perkelahian antar ikan cupang. Diketahui bahwa ikan hias jenis satu ini juga punya karakteristik yang agresif dan lebih suka menyendiri. 

    Maka tidak jarang Anda melihat banyak ikan cupang dewasa berada di dalam akuarium atau ruang yang berbeda. Perkelahian antar ikan cupang ini juga bisa membuat indukan jadi mudah stres dan menghadirkan risiko penyakit lainnya. Untuk usianya sendiri, indukan ikan cupang yang optimal ini biasanya berada di rentang usia tidak kurang dari 4 bulan.

  3. Lengkapi peralatan dan kebutuhan budidaya

    Dalam menjalani bisnis yang melibatkan makhluk hidup seperti budidaya ikan cupang, penting bagi Anda untuk selalu bisa memenuhi kebutuhan dari hewan yang sedang Anda ternak saat ini. Kebutuhan utama yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas dan kuantitas pangan. Untuk masa pertumbuhan, Anda dianjurkan untuk memberi pakan berupa cacing sutra. Pemberian pakan hidup di masa pertumbuhan budidaya ikan cupang ini dinilai sebagai langkah yang baik agar hewan bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Pemberian pakan ini biasanya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Ketika ikan cupang sudah memasuki usia lebih dari satu bulan, Anda bisa mulai mengganti pakan dengan pelet ikan hias yang bisa ditemukan di berbagai macam toko kebutuhan hewan.

    Di luar kebutuhan seperti pakan, Anda juga memerlukan peralatan pendukung proses budidaya ikan cupang ini. Yang pertama tentu kolam pemgembang biakan serta akuarium hasil panen. Pastikan terlebih dahulu bahwa kualitas dan kuantitasnya memadai. Selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan suhu ideal dari air kolam maupun akuarium. Dalam hal ini, Ada alat pengatur suhu ideal yang perlu Anda pertimbangkan untuk miliki.

    Ikan cupang juga dinilai membutuhkan area gelap untuk istirahat atau berlindung dari hawa panas. Dalam hal ini ada lumut khusus atau Anda bisa menyediakan anggaran dalam merancang aquascape di akuarium panen nantinya. Untuk kebersihan kolam, Anda juga memerlukan keberadaan pompa filter air yang memiliki kualitas baik. Dengan kata lain, Anda memerlukan pengelolaan finansial yang kuat agar bisa memenuhi kebutuhan dan keperluan bisnis budidaya ikan cupang ini.

    Untuk memenuhi peralatan kebutuhan lainnya, Anda juga bisa menanyakan informasi kepada penggiat maupun pecinta hobi budidaya ikan cupang di lingkungan Anda.

  4. Pantau perkembangan benih ikan cupang

    Selanjutnya, penting bagi Anda untuk selalu memantau perkembangan benih ikan cupang. Selama masih menjadi benih atau telur, ikan cupang ini masih bisa Anda tempatkan bersama induknya. Namun, sesaat setelah menetas, segera untuk memindahkan anakan ikan cupang dari induk. Mengingat karakteristik ikan cupang yang agresif, bisa saja jika terlalu lama berada satu lingkungan dengan indukan, anakan tersebut dianggap sebagai pakan hidup. Tentu saja sebagai penggiat bisnis budidaya ikan cupang hal ini perlu untuk dihindari, karena berpotensi menghadirkan kerugian.

    Untuk masa-masa anakan ikan cupang, Anda disarankan untuk memberi pakan kutu air artemia yang ukurannya lebih kecil dari budidaya ikan cupang. Perhatikan perkembangannya, jika tubuhnya sudah berkembang Anda bisa ganti makanan seperti cacing sutra. Ketika menginjak satu bulan segera pisahkan ternak ikan cupang Anda ke akuarium kecil satu persatu untuk menghindari risiko perkelahian antara ikan cupang yang dapat merusak hasil warna yang jadi nilai jual dari salah satu jenis ikan hias ini.

Pastikan Anda melakukan pengembangan bisnis budidaya ikan cupang dengan cermat agar bisa memenuhi keinginan dari para pelaku hobi ikan hias satu ini. Agar proses pengembangan bisnis berjalan sesuai rencana, penambahan modal juga bisa salah satu langkah baik dalam mempercepat pertumbuhan usaha. 

Demi memberi kemudahan untuk pertumbuhan bisnis, Anda bisa ajukan permohonan pinjaman modal dengan agunan di CIMB Niaga melalui produk Xtra Cash. Dengan Xtra Cash dari CIMB Niaga, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa proses pengajuan yang mudah dan cepat di semua cabang CIMB Niaga, suku bunga yang kompetitif, serta persentase nilai pinjaman tinggi dari agunan yang Anda ajukan. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

Reguler Investment

Kenyamanan memiliki investasi berkala dengan risiko yang terukur

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Tabungan CIMB Niaga Xtra

Kini dengan XTRA PROTEKSI, Anda dapat mempersiapkan diri Anda dan keluarga dengan perlindungan menyeluruh untuk Asuransi Jiwa & Asuransi Kesehatan secara GRATIS melalui Tabungan CIMB Niaga.