www.cimbniaga.co.id production

Mudahnya Menyalurkan Infaq dengan OCTO Mobile

 

 
 
 
 

Mudahnya Menyalurkan Infaq dengan OCTO Mobile

 

Bersedekah atau menyalurkan harta kepada yang membutuhkan merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk terus ditunaikan oleh umat muslim. Dalam kegiatan bersedekah, banyak jenis atau cara yang tentu Anda sudah mengetahuinya, di antaranya adalah berzakat maupun infaq. Infaq merupakan salah satu amalan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari seorang muslim. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan infaq?

Pengertian infaq

Baznas menjelaskan bahwa Infaq adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kebutuhan masyarakat secara umum. Kegiatan penyaluran harta ini juga dijelaskan melalui Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat pada BAB I Pasal 1.

Baznas juga menginformasikan bahwa kata infaq sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu “anfaqa”. Kata asal dari infaq tersebut memiliki arti untuk membelanjakan harta atau memberikan harta. Dengan kata lain, infaq secara umum dipahami sebagai sebuah kegiatan mengeluarkan harta.

Dalam laman yang sama, dijelaskan juga bahwa infaq sejatinya dibagi menjadi dua. Pembagian tersebut adalah infaq untuk kebaikan dan juga untuk keburukan. Sebagaimana tujuannya, Infaq kebaikan merupakan sebuah kegiatan penyaluran atau membelanjakan harta untuk hal yang sifatnya baik dan juga sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. 

Selain dari tujuannya sendiri, sumber harta infaq kebaikan ini juga perlu didasari oleh sumber yang baik dan halal tentunya. Infaq keburukan sendiri tentu menjadi kebalikan dari apa yang dijelaskan dari infaq untuk kebaikan. Infak keburukan merupakan sebuah kegiatan penyaluran harta dengan niat untuk menghalang-halangi orang dari jalan Allah. Contoh keburukan tersebut tertera di dalam Qur’an Surat Al-Anfal Ayat 36 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang kufur menginfakkan harta mereka untuk menghalang-halangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan (terus) menginfakkan harta itu, kemudian (hal itu) menjadi (sebab) penyesalan yang besar bagi mereka. Akhirnya, mereka akan dikalahkan ke (neraka) jahanamlah orang-orang yang kufur itu akan dikumpulkan,” 

Infaq menjadi amalan yang dianjurkan untuk dilakukan tentu menawarkan keutamaan atau manfaat yang bisa dirasakan oleh seseorang. Manfaat ini bersifat pribadi, sesuai dengan tujuannya untuk menyempurnakan ibadah. Baznas menginformasikan bahwa salah satu keutamaan dari kegiatan ini adalah memperoleh pahala yang besar. 

Rukun dan syarat infaq

Dalam aktivitasnya, infaq juga memiliki rukun yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Sifat dari rukun ini perlu dipenuhi agar aktivitas tersebut sah untuk dilakukan sesuai dengan ketentuan agama. Dalam praktiknya, rukun infaq ada empat.

Rukun infaq

Berikut ini beberapa rukun infaq yang perlu Anda ketahui:

  • Pemberi infaq (munfiq)
  • Penerima infaq (munfiq lahu)
  • Barang yang diinfaqkan .
  • Penyerahan (Ijab Qabul)

Keempat elemen dalam rukun tersebut harus hadir dalam proses penyaluran harta dan kegiatan ini akan dianggap sah jika harta yang disalurkan sudah diterima dengan baik oleh pihak penerima. Selain itu, pihak pemberi juga tidak bisa kembali menganulir atau meminta kembali barang dan harta yang sudah disalurkan kepada penerima. 

Syarat infaq

Selain rukun, ada juga syarat infaq yang perlu dipenuhi dari suatu rukun amalan yang dilakukan, antara lain:

  • Syarat-syarat munfiq

    Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi jika seseorang hendak menjadi munfiq, di antaranya:

    • Memiliki harta yang cukup untuk infaq
    • Orang yang tidak dibatasi hak atas harta dan dirinya karena suatu alasan
    • Dianjurkan dilakukan oleh orang yang baligh dan berakal
    • Didasari oleh sukarela tanpa adanya paksaan
  • Syarat-syarat munfiq lahu

    Munfiq lahu atau orang yang menerima infaq juga harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya:

    • Wujudnya harus ada
    • Orang yang sudah baligh. Boleh anak-anak jika mereka memang berhak menerima infaq tersebut. Namun, penerimanya diwakilkan oleh wali atau orang yang bertanggung jawab atasnya.
  • Syarat-syarat harta yang akan diinfaqkan

    Selain munfiq dan munfiq lahu harta yang diinfaqkan juga harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

    • Wujud dari harta dan benda harus benar-benar ada
    • Harta dan benda harus berasal dari harta yang memiliki nilai guna dan dipakai
    • Wujudnya ada dan dapat dimiliki
    • Bukan harta atau benda yang masih memiliki hubungan dengan tempat yang dimiliki oleh penginfaqkannya.

Perbedaan infaq dan zakat

Perbedaan infaq dan zakat bisa terlihat jelas dari pendekatan bahasa dan istilah. Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan dengan adanya syarat tertentu. Infak merupakan harta yang dikeluarkan tanpa adanya syarat dan bertujuan untuk menjalankan syariat sesuai ajaran agama Islam. Sementara itu, sedekah adalah pemberian yang dilakukan oleh umat Muslim, baik individu maupun organisasi yang bentuknya bisa berupa materi atau non materi. 

Tata cara ZIS menggunakan OCTO Mobile

Saat ini, penyaluran harta dalam keperluan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) sudah berkembang untuk bisa masuk ke ranah digital. Salah satunya adalah dengan menjadikan aplikasi perbankan digital, seperti OCTO Mobile sebagai sarana penyaluran harta Anda kepada lembaga amil zakat. 

Dengan hadirnya fitur donasi untuk keperluan (ZIS) ini, Anda bisa dengan mudah membantu kebutuhan sesama kapan pun dan di mana pun. Berikut adalah langkah atau tata cara berdonasi menyalurkan ZIS melalui OCTO Mobile.

  • Login ke OCTO Mobile

    Bagi Anda yang hendak berdonasi ZIS melalui OCTO Mobile, langkah pertama Anda perlu login ke dalam aplikasi. Pastikan untuk mengingat dan memasukkan user ID serta password OCTO Mobile dengan sesuai dengan data yang Anda masukan saat registrasi. 

    Agar lebih memudahkan transaksi di masa depan, Anda bisa menyimpan user ID Anda. selain itu, Anda juga bisa masuk ke dalam OCTO Mobile melalui otentikasi biometrik, seperti sidik jari maupun face ID yang terintegrasi pada smartphone Anda. Aplikasi OCTO Mobile juga bisa Anda unduh dengan mudah dan tersedia di App Store, Play Store, dan Huawei AppGallery.

  • Pilih menu Pembayaran Tagihan

    Setelah berhasil masuk ke dalam akun OCTO Mobile milik Anda, Anda bisa melanjutkan dengan memilih menu Pembayaran Tagihan. Di dalam menu tersebut terdapat banyak pilihan pembayaran untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Untuk urusan donasi ZIS, Anda bisa pilih menu Zakat dan Kebajikan. 

  • Lengkapi detail donasi

    Setelah memilih menu Zakat dan Kebajikan, Anda bisa langsung mengisi detail donasi secara lengkap. Pertama, Anda bisa memilih nama lembaga amil zakat sesuai dengan keinginan Anda. selanjutnya, Anda bisa memilih jenis donasi ZIS. Setelah itu, Anda bisa memasukan nominal donasi yang diinginkan. 

  • Konfirmasi

    Sebelum melakukan finalisasi donasi, zakat, infaq, atau sedekah Anda, kembali konfirmasi terkait detail lembaga dan nominal yang Anda masukan. Selanjutnya verifikasi transaksi Anda dengan memasukan PIN OCTO Mobile untuk proses finalisasi. Tunggu hingga ada notifikasi berhasil.

    Dengan menyalurkan donasi ZIS melalui OCTO Mobile, Anda juga bisa menggunakan beragam sumber dana seperti rekening tabungan, Rekening Ponsel, maupun Poin Xtra yang Anda miliki. Anda juga bisa mengatur waktu donasi sesuai dengan keinginan Anda. Fleksibilitas pengaturan jadwal ini bisa ditentukan sesuai tanggal yang Anda inginkan, sehingga Anda bisa berdonasi ZIS secara rutin.

Selain bisa digunakan untuk menyalurkan ZIS, Anda bisa memaksimalkan ragam fitur cardless transaction yang ditawarkan oleh OCTO Mobile. Dengan menggunakan OCTO Mobile, Anda bisa dengan mudah mengambil uang di ATM tanpa kartu, transaksi transfer perbankan ke dalam dan luar negeri, bayar tagihan, isi ulang pulsa dan e-wallet, serta menyediakan laporan keuangan elektronik atau e-statement ke alamat email hingga 6 bulan terakhir.

OCTO Mobile merupakan salah satu produk digital banking dari CIMB Niaga yang dapat membantu Anda menyelesaikan segala transaksi langsung dari tempat Anda dengan cepat dan nyaman. Tidak hanya bagi pemegang tabungan CIMB Niaga, OCTO Mobile kini tersedia bagi para nasabah kartu kredit CIMB Niaga. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Savers-iB - Tabungan Syariah yang memberikan 60x bebas biaya setiap bulan!

Tabungan iB Pahala – Daftar & Bayar Haji Mudah!

Deposito iB Berjangka

Buka deposito berjangka syariah dengan akad Mudharabah udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile