production

Millennials harus Tahu! Seperti Ini Tips Menabung yang Baik

Millennials harus Tahu! Seperti Ini Tips Menabung yang Baik

Bagi para generasi muda yang mulai memasuki dunia kerja, pengelolaan keuangan sering menjadi masalah yang sukar diatasi. Pasalnya, hasrat konsumtif untuk membeli barang saat gaji turun sulit diredam, apalagi bagi mereka yang belum terbiasa untuk menabung. Alhasil, gaji bulanan yang diterima seringkali habis tak bersisa, padahal tanggal gajian selanjutnya belum tiba.

Penting bagi generasi millennials untuk mulai memikirkan kondisi finansial mereka saat berada di usia produktif, baik dengan mulai menata keuangan mereka atau mengikuti tips menabung. Dengan pengelolaan yang baik, maka kualitas hidup dapat perlahan meningkat. Bahkan, mencapai kebebasan finansial bukan lagi menjadi sebuah angan-angan.

Salah satu cara terbaik untuk mengelola keuangan Anda adalah dengan mulai menabung, Menabung adalah aktivitas menyisihkan sebagian uang dari hasil pekerjaanmu untuk dipakai di kemudian hari. Saat seseorang mulai menabung, maka ia sudah memulai cara hidup berhemat dan mengatur keuangan untuk kebutuhan yang penting.

Manfaat lain dari menabung adalah membuat Anda tidak perlu berhutang saat keadaan mendesak. Seringkali, beragam kebutuhan datang di saat yang tidak terduga, sehingga membuat Anda membutuhkan dana darurat. Apabila Anda tidak memiliki simpanan uang, maka Anda terpaksa harus mencari pinjaman kepada pihak lain, entah kepada sanak keluarga atau bank. Berhutang merupakan hal yang sebisa mungkin harus dihindari. Jika berhutang sudah menjadi sebuah kebiasaan, Anda bisa bisa menjadi seseorang yang dikenal dengan istilah “buka lubang tutup lubang” alias berhutang dengan orang lain untuk membayar hutang pihak yang lainnya. Ancaman yang terburuk adalah Anda jadi terlilit hutang. Dengan menabung, Anda memiliki dana darurat yang dapat Anda pakai saat ada keperluan penting yang muncul.

Tabungan juga berperan besar dalam menyiapkan masa depan yang lebih baik. Menabung merupakan langkah awal bagi generasi muda untuk membeli berbagai kebutuhan hidup, seperti tempat tinggal, kendaraan, biaya menikah, persiapan hari tua, dan dana sekolah anak. Hal-hal tersebut dapat dibayarkan apabila Anda rajin menabung sejak usia muda.

Kebiasaan menabung harus ditumbuhkan oleh para generasi millenials. Dengan membiasakan diri untuk menyisihkan penghasilan, Anda dapat belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Menabung merupakan kebiasaan baik yang dapat membentuk karakter seseorang menjadi pribadi yang disiplin dan sabar.

Tips Menabung Ala Millennials

Setelah memahami manfaat dari menabung, maka Anda tidak boleh lagi menunda untuk mulai mengadopsi kebiasaan menabung sebagai gaya hidupmu dengan mengikuti tips menabung. Tentunya, ada berbagai tantangan yang harus Anda hadapi sebagai millennials yang baru mulai mempersiapkan tabungan mereka, sehingga Anda butuh tips menabung yang jitu. Tips menabung yang baik dapat dijadikan pegangan untuk melawan perilaku konsumtif kini semakin populer akibat dorongan dari teknologi yang membuat siapa saja dapat belanja online dimana saja.

Untuk membantu melancarkan kebiasaan menabung, ada beberapa tips menabung jitu yang dapat Anda lakukan. Hal yang paling utama di tips menabung yang harus Anda ikuti adalah menerapkan pola pikir yang sederhana dalam pembelian barang. Tips menabung yang satu ini juga merupakan kunci dari gaya hidup hemat. Setiap kali Anda membelanjakan uang, Anda harus yakin akan manfaat dari pembelanjaan tersebut. Hindari pembelian barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan dan cerdik dalam urusan belanja barang untuk kebutuhanmu.

Ketika sebuah tren muncul, rasa ingin mengikuti pasti juga akan muncul. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita pasti memiliki rasa ingin menjadi orang yang up-to-date. Namun, rasa itulah yang sering kali menjebak Anda. Perlu diingat bahwa tren memiliki waktunya sendiri. Tren dapat berkembang dan meredup secara cepat. Akibatnya, barang-barang yang dibeli karena mengikuti tren menjadi tidak terpakai ketika tren berganti. Oleh karena itu, usahakan untuk membeli barang-barang yang timeless atau bisa dipakai kapanpun tanpa lekang waktu. Itulah tips menabung yang kedua.

Tidak hanya tren yang bisa menjerat Anda ke dalam lubang gaya hidup boros, tapi juga rasa gengsi. Tips menabung selanjutnya adalah tanamkan di benak Anda bahwa selama barang-barang yang Anda pakai masih berada di kondisi yang baik-baik saja tidak perlu diganti hanya karena terbuai gengsi. Untuk menerapkan tips menabung ini, hindarilah mengganti barang-barang yang cepat menurun nilainya tapi masih bisa terpakai, seperti telepon genggam, laptop, dan mobil.

Buatlah anggaran keuangan setiap bulannya. Ini adalah tips menabung yang mudah dilakukan, tapi harus dipikirkan secara matang. Anda harus menentukan berapa persentase uang untuk kehidupan sehari-hari, seperti makan, minum, dan skincare, membayar cicilan, menabung, dan amal. Dengan demikian, Anda memiliki batasan-batasan terhadap uang Anda sendiri dan tidak seenaknya saja saat menggunakan uang. Jika perlu, Anda juga bisa membuat anggaran keuangan per harinya, yaitu dengan menentukan berapa banyak uang yang boleh Anda keluarkan setiap hari. Menjalankan tips menabung ini juga akan meningkatkan kemampuan Anda dalam manajemen keuangan pribadi.

Kemudian, tips menabung yang bisa Anda ikuti adalah mengalokasikan uang tabunganmu dengan berinvestasi di emas. Saat harga emas naik, Anda sudah pasti akan mendapatkan keuntungan. Namun, apabila Anda masih ragu-ragu, Anda bisa membeli emas yang kadarnya lebih rendah dari emas murni. Dengan menyimpan nilai uang di emas, secara tidak langsung Anda akan merasa seperti tidak ada uang yang bisa dipakai untuk berbelanja. Namun ingat, tips menabung yang satu ini dapat Anda mulai setelah Anda memiliki tabungan yang cukup.

Jika menabung dengan menggunakan emas membuatmu merasa kerepotan, Anda bisa menabung di bank yang Anda percayai. Tips menabung ini diikuti oleh banyak orang, Dengan menabung di bank, uang tabunganmu lebih terjamin keamanannya dibandingkan disimpan sendiri di rumah. Selain itu, kegiatan bertransaksi pun akan menjadi lebih mudah. Tips menabung di bank sangat cocok diaplikasikan bagi orang yang baru mulai menabung.

Berbagai tips menabung di atas dapat Anda aplikasikan secara perlahan. Kunci agar Anda bisa menerapkan tips menabung terletak pada tekad yang kuat. Saat niatmu sudah bulat untuk menabung, maka menjalankan semua tips menabung yang telah dijabarkan tidak akan terasa berat.

Cermat Menerapkan Tips Menabung dengan CIMB Niaga

Saat Anda memutuskan untuk mengikuti tips menabung, Anda perlu memilih bank sebagai tempatmu menyisihkan sebagian penghasilan. Dalam pemilihan bank untuk tempat menabung, Anda perlu memperhitungkan ragam tabungan yang sesuai dengan tujuan Anda menabung. Untuk itu, Anda dapat mempercayakan tabunganmu ke CIMB Niaga.

CIMB Niaga menyediakan berbagai produk tabungan yang dapat Anda pilih untuk perencanaan finansial mu. Ada jenis tabungan berjangka seperti Tabungan Mapan CIMB Niaga yang mendorong Anda menabung secara rutin setiap bulan, dan mendapatkan bunga dari tabungan Anda setelah jangka waktu tabungannya selesai.

Solusi lainnya adalah menabung di Tabungan Indie Account. Tabungan ini membebaskan Anda untuk memilih desain kartu debit milik Anda sendiri. Anda juga bisa transaksi di seluruh dunia dan bebas biaya tarik tunai di ATM bank lain dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Keuntungan lainnya adalah Anda terbebas dari biaya apapun saat bertransaksi dengan menggunakan OCTO Mobile ataupun OCTO Clicks.

Meskipun sang buah hati belum menapaki dunia pendidikan, tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana pendidikan mulai dari sekarang karena dilansir dari Kompas, bahwa setiap tahunnya dana pendidikan melonjak hingga 10%. Dengan menabung dana pendidikan anak dari sekarang, Anda tidak akan kerepotan di kemudian hari. Selain itu, Anda tentunya ingin memberikan pendidikan terbaik untuk sang anak kan? Tabungan Mapan Pendidikan Multi Disbursement bisa menjadi pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Anda dapat memilih setoran awal dan jangka waktu untuk menabung pendidikan. Jangka waktu menabung mulai dari 4 tahun hingga 17 tahun.

Berbagai jenis tabungan disediakan oleh CIMB Niaga untuk memenuhi dan menyesuaikan kebutuhan menabung Anda. Untuk informasi lebih lanjut, bisa dicari tau di sini.