production

Manfaat Menabung untuk Kumpulkan Dana Darurat

Manfaat Menabung untuk Kumpulkan Dana Darurat

Siapa yang sudah merasakan manfaat menabung? Salah satu manfaat menabung adalah untuk mencukupi dana darurat. Membangun dana darurat merupakan bagian penting dari setiap kegiatan pengelolaan keuangan. Tidak mempersiapkan dana darurat dengan baik, membuat Anda berisiko terjebak pada hutang pribadi karena tidak siap menghadapi situasi yang tidak terduga di masa depan.

Sebagai manusia, Anda tidak bisa memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan, namun Anda bisa mempersiapkannya dari sekarang. Salah satunya adalah dengan menabung dana darurat dari setiap gaji bulanan yang masuk. Apa pengertian dari dana darurat? Apa manfaat menabung dana darurat untuk kehidupan Anda? Berikut penjelasannya.

Pengertian Dana Darurat

Di dalam kehidupan sehari-hari, tentu Anda pernah mengalami kejadian tidak terduga. Dan kejadian ini cukup membuat Anda harus mengeluarkan banyak uang. Contohnya adalah ketika ada anggota keluarga yang sakit atau tiba-tiba mobil Anda mengalami kerusakan yang parah. Apakah Anda sudah siap menghadapinya? Di sinilah manfaat menabung dana darurat akan terasa penting sekali untuk kestabilan keuangan Anda. 

Dana darurat adalah simpanan yang dipersiapkan untuk menghadapi keadaan darurat di masa mendatang. Manfaat menabung dana darurat ini akan sangat terasa ketika sumber penghasilan utama benar-benar hilang atau suatu keadaan yang membuat Anda harus mengeluarkan banyak uang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, dana darurat tidak boleh digunakan sama sekali dan sebaiknya dialokasikan di dalam rekening khusus. 

Besaran dana darurat setiap orang bisa jadi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan setiap bulannya. Sebagian besar perencana keuangan menyarankan agar Anda mempersiapkan dana darurat minimal 3 kali gaji bulanan jika masih single. Sementara, ketika Anda sudah berkeluarga, jumlah dana daruratnya sebaiknya adalah 6 hingga 12 kali gaji. Artinya, ketika penghasilan utama Anda benar-benar hilang, manfaat menabung dana darurat akan membuat Anda aman untuk bertahan hidup selama 3 bulan ke depan.

Manfaat Menabung Dana Darurat

Setiap kegiatan menabung harus memiliki tujuan agar langkah yang ditempuh semakin mudah dan terarah. Salah satu tujuan orang menabung adalah untuk mencukupi nilai dana darurat. Besaran dana darurat sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas, dan perlu diingat bahwa dana darurat untuk yang sudah berkeluarga selalu lebih besar daripada yang belum berkeluarga. 

Manfaat menabung dapat membantu Anda mempersiapkan masa depan. Inilah manfaat menabung dana darurat yang dapat Anda rasakan secara tak terduga:

1. Sebagai Biaya Berobat saat Sakit

Kesehatan adalah sesuatu yang sifatnya sangat tidak pasti. Meskipun Anda sudah memiliki asuransi kesehatan, mungkin saja ada tagihan medis yang tidak tertutup oleh asuransi. Atau jika yang sakit atau tertimpa kecelakaan adalah saudara sendiri, tentu Anda ingin membantu. Kadangkala biaya berobat tidak cukup hanya rawat jalan saja, tetapi rawat inap di rumah sakit, tindakan operasi, dan perawatan operasi yang membutuhkan dana tidak sedikit.

Saat mendesak seperti inilah Anda dapat menggunakan dana darurat yang sudah dipersiapkan. Manfaat menabung dana darurat mungkin tidak Anda rasakan sekarang, namun di kemudian hari yang sifatnya tidak pasti.

2. Sebagai Biaya Perbaikan Aset Pribadi

Aset pribadi tidak bisa dipastikan kondisinya selalu baik-baik saja. Ada kalanya mobil Anda mogok dan membutuhkan servis besar. Atau rumah pribadi Anda membutuhkan renovasi atap segera. Bagaimana jika handphone Anda tiba-tiba rusak dan harus diperbaiki?

Kondisi-kondisi di atas bisa saja terjadi di luar perhitungan Anda. Manfaat menabung dana darurat akan sangat terasa ketika Anda sedang dalam kondisi di atas. Mulai sekarang, sisihkan pendapatan untuk mencukupi dana darurat.

3. Sebagai Dana Cadangan saat Kehilangan Pekerjaan

Karir yang bagus bukan alasan untuk tidak mempersiapkan dana darurat karena tidak ada yang menjamin Anda akan dipekerjakan seumur hidup oleh perusahaan. Apapun penyebab Anda kehilangan pekerjaan, baik karena PHK atau resign, artinya adalah pemasukan Anda berhenti.

Dengan memiliki dana darurat, tagihan bulanan Anda dan keluarga masih bisa terbayarkan sekalipun tidak memiliki penghasilan. Manfaat menabung dana darurat sebagai pengaman akan terasa hingga Anda kembali mendapatkan pekerjaan.

4. Terhindar dari Hutang

Apakah Anda pernah mengalami gaji habis di tengah-tengah bulan karena ada pengeluaran tidak terduga? Di sisi lain Anda harus membayarkan tagihan yang sifatnya penting. Jika Anda tidak memiliki dana darurat, potensi untuk berhutang pada kartu kredit atau pada kerabat akan semakin besar.

Berhutang memang tidak salah, namun jika terus menggantungkan hidup pada hutang, Anda seperti sedang menyimpan bom waktu. Di sinilah terasa sekali manfaat menabung dana darurat, yaitu untuk mencegah ledakan hutang saat kondisi darurat terjadi.

Tips Menabung Dana Darurat

Sekarang Anda sudah tahu seberapa pentingnya manfaat menabung dana darurat untuk menolong ketika terjadi masalah keuangan. Lalu, bagaimana cara untuk menabung dana darurat tersebut? Simak tipsnya berikut ini!

1. Mulai Secara Perlahan

Mengumpulkan dana darurat bisa dimulai dengan nominal yang kecil, namun rutin. Sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan nominal dana darurat yang ideal sesuai dengan kondisi saat ini. Misalnya dana darurat yang sesuai dengan pendapatan bulanan Anda sekarang dan sesuai dengan status perkawinan Anda.

Berapapun gaji yang Anda terima, sebaiknya selalu disisihkan untuk menabung dana darurat. Manfaat menabung memang tidak bisa Anda rasakan sekarang ini. Persiapan dana darurat sifatnya adalah jangka panjang dan bukan sesuatu yang instan. Walaupun dimulai secara perlahan, kuncinya adalah konsisten sehingga membuat Anda termotivasi mengumpulkan lebih banyak lagi.

2. Jangan Menunda

Merasakan manfaat menabung dana darurat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ketika Anda sudah mengetahui berapa jumlah dana darurat yang seharusnya dikumpulkan, jangan pernah menunda untuk mengumpulkannya.

Semakin Anda menunda untuk menabung dana darurat, semakin besar juga alokasi bulanan yang seharusnya disisihkan. Lebih cepat mulai mengumpulkan dana darurat justru lebih baik, karena tidak ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi di masa depan. Mulailah dari sekarang, dan rasakan manfaat menabung dana darurat di kemudian hari.

3. Tekan Pengeluaran Bulanan

Cara paling efektif untuk bisa menabung dana darurat adalah dengan menekan pengeluaran harian yang sifatnya tidak terlalu mendesak. Pada saat belanja kebutuhan sehari-hari, Anda bisa menggunakan merek alternatif untuk produk tertentu yang lebih murah dan memiliki fungsi sama. Misalnya untuk produk deterjen, Anda tidak perlu memilih merek dengan harga tinggi, karena pada akhirnya sama saja fungsinya yaitu untuk mencuci pakaian.

Semakin Anda bisa menekan pengeluaran, maka semakin banyak pula sisa yang bisa digunakan untuk menabung dana darurat. Pada akhirnya, manfaat menabung tidak hanya untuk mengumpulkan uang saja, namun juga membentuk kebiasaan berbelanja secara bijak.

4. Membuat Rekening Khusus

Dana darurat sebaiknya disimpan dalam rekening khusus agar tidak tercampur dengan kebutuhan lain. Tujuan pembukaan rekening baru ini juga agar Anda lebih teratur pembagiannya sehingga manfaat menabung dana darurat tidak teralihkan untuk membiayai pengeluaran lainnya.

Saat membuka rekening khusus dana darurat, perhatikan bahwa Anda harus memiliki akses yang cepat dan mudah agar tidak kesulitan menggunakan uang tersebut saat darurat. Pertimbangkan untuk menggunakan rekening tabungan khusus yang tidak memiliki biaya administrasi bulanan atau biaya-biaya yang memberatkan. Anda menjadi lebih fokus pada manfaat menabung dibandingkan membayar potongan biaya administrasi.

Tabungan CIMB Niaga hadir dengan berbagai jenis produk tabungan sesuai dengan tujuan Anda. Mulai dari CIMB ON Account, Tabungan Mapan, Indie Account, dan masih banyak lagi. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk tabungan CIMB Niaga, di sini.