production

Cari Uang Tambahan di Internet Seperti Apa?

Cari Uang Tambahan di Internet Seperti Apa?

Memiliki penghasilan tetap merupakan hal yang sangat baik. Namun, jika ada cara dan kesempatan untuk cari uang tambahan, apa salahnya untuk dicoba. Menilik perkembangan internet saat ini, mencari uang tambahan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Ya, internet saat ini bukan hanya berfungsi sebagai sumber informasi dan alat komunikasi semata tetapi juga media bisnis. Melalui internet, Anda bisa menemukan cara mencari uang tambahan dengan metode yang tak terlalu sulit. Penghasilan yang diperoleh melalui internet jumlahnya sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Semua tergantung dengan jenis usaha yang Anda pilih.

Tidak perlu khawatir soal cara, karena sekarang ini sudah banyak tutorial menghasilkan uang tambahan melalui internet. Caranya seperti apa? Berikut ulasannya.

Cara menghasilkan uang lewat internet

Mencari uang tambahan lewat internet bisa dibilang susah-susah gampang. Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah kemauan untuk mencari tahu dan mempelajari hal baru. Sedangkan keuntungan dari mencari uang tambahan lewat internet antara lain segi waktu yang fleksibel dan modal yang minim.

  1. Toko online

    Cara mencari uang tambahan lewat internet yang pertama adalah membuka toko online. Anda yang ingin mencari uang tambahan, jangan ragu untuk membuka toko online. Lewat cara ini, Anda bisa menekan biaya sewa hingga operasional. Banyak lini bisnis yang bisnis yang bisa dijalankan secara online, mulai dari berjualan pakaian, makanan, peralatan rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari, hingga kendaraan.

    Untuk berjualan melalui toko online, ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Anda bisa menggunakan media sosial, marketplace, atau website. Yang paling mudah ialah melalui media sosial dan marketplace. Sedangkan untuk website, Anda terlebih dahulu harus membuat situs dengan domain sendiri. Untuk membuat domain ada yang bisa didapat secara gratis maupun berbayar.

    Tidak hanya itu, mencari uang tambahan lewat toko online juga bisa dibagi lagi menjadi dua metode yakni reseller dan dropshipper. Dua metode ini cocok bagi Anda yang memiliki modal minim namun ingin memperoleh penghasilan tambahan. Dengan menjadi reseller Anda bisa memperoleh barang dalam jumlah banyak dengan jumlah yang lebih murah untuk kemudian dijual kembali lewat toko online. Sedangkan dengan menjadi dropshipper Anda hanya perlu menjual barang dari produsen. Namun dalam sistem ini, Anda tidak perlu mengirimkan barang ke konsumen. Produsen atau dalam hal ini supplier lah yang akan mengirimkan barang langsung ke konsumen.

    Nah, tinggal Anda yang menentukan ingin melalui mekanisme yang mana. Membuka toko online tentunya merupakan cara mencari uang tambahan yang patut dipertimbangkan.

  2. Freelancer

    Cara mencari uang tambahan lewat internet selanjutnya adalah dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas. Tidak perlu khawatir jika Anda merasa tidak memiliki kemampuan berdagang. Lewat internet, Anda juga bisa menyalurkan bakat atau kemampuan yang Anda miliki menjadi pundi-pundi rupiah, yakni dengan menjadi freelancer.

    Banyak jasa yang bisa dijual melalui internet. Bila Anda memiliki kemampuan desain grafis dan editing, Anda bisa menawarkan skill Anda tersebut melalui media sosial. Begitu juga bila Anda memiliki kemampuan menulis iklan atau copywriting. Sama halnya jika Anda memiliki skill web hosting dan web developer. Keuntungan lain dengan menjadi freelancer adalah, Anda memiliki waktu yang fleksibel dan dapat dikerjakan di mana saja hanya dengan bermodalkan komputer/laptop dan koneksi internet. Selain itu, Anda juga bisa menentukan tarif berapa jasa Anda dibayarkan.

  3. YouTube

    Saat ini salah satu platform digital yang paling populer adalah YouTube. Selain itu, situs berbagi video asal Amerika Serikat itu dapat dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan. Kunci untuk memperoleh penghasilan dari YouTube adalah konsistensi. Pundi-pundi uang yang bisa diperoleh dari YouTube terbilang sangat potensial.

    Cara mencari uang tambahan melalui YouTube cukup sederhana. Yang pertama tentu saja Anda harus memiliki akun YouTube lalu mengunggah video-video yang Anda buat. Sebisa mungkin, video yang Anda buat dikemas secara kreatif dan menarik sehingga bisa menarik penonton dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang gemar melakukan editing video, cara mencari uang tambahan melalui YouTube ini cocok dilakukan.

    Kendati begitu, mencari uang tambahan melalui YouTube juga harus diiringi dengan konsistensi. Anda harus membuat jadwal mengunggah video yang tepat. Uang yang diperoleh dari YouTube berdasarkan adsense atau iklan yang disematkan dalam video yang Anda unggah. Untuk bisa memperoleh adsense ada syarat jumlah pengikut pada akun milik Anda dan penonton pada video yang Anda unggah. Semakin banyak penonton dan pengikut pada akun Anda semakin besar juga potensi uang yang Anda peroleh melalui YouTube.

  4. Social influencer

    Menjadi seorang social influencer merupakan cara mencari uang tambahan lewat internet berikutnya. Perlu diketahui, media sosial memiliki jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Melalui media sosial juga banyak produsen mengiklankan produknya. Dari situlah lahir peluang mencari uang tambahan hadir.

    Untuk menjadi seorang influencer, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membentuk citra diri atau personal branding. Dimulai dengan mengunggah hal-hal atau konten pada akun media sosial Anda yang bisa menarik para followers. Jumlah followers yang tinggi membuat produsen tertarik mengiklankan produknya melalui influencer tersebut. Hal ini biasa disebut endorsement.

    Jumlah uang yang dihasilkan dari menjadi influencer tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak produsen atau perusahaan yang rela membayar influencer puluhan hingga ratusan juta hanya untuk satu kali unggahan di media sosial. Namun, tarif sebesar itu biasanya dikenakan pada influencer yang sudah memiliki jutaan pengikut di media sosial.

    Meski begitu, sebagai langkah awal, Anda juga bisa belajar untuk menjadi seorang influencer untuk mencari uang tambahan. Setidaknya untuk menjadi seorang influencer Anda harus memperhati beberapa hal, di antaranya:

    • Tentukan jenis konten apa yang akan Anda unggah di media sosial. Bisa berupa konten-konten mengenai fesyen, olahraga, ataupun hiburan.
    • Konsisten mengunggah dan memberikan informasi yang relevan dengan jenis konten yang Anda pilih tadi.
    • Berinteraksi dengan audiens
    • Bangun reputasi online yang baik

Dengan keempat poin tadi, langkah Anda untuk menjadi seorang social influencer akan semakin terbuka.

Itulah sebagian cara mencari uang tambahan melalui internet. Cara mana yang Anda pilih, Anda lah yang menentukan. Pada prinsipnya, mencari uang tambahan adalah bentuk investasi untuk mempersiapkan masa yang akan datang. Tidak sekadar mencari uang tambahan, investasi juga perlu dilakukan dalam bentuk tabungan. Jika bingung dalam menentukan investasi tabungan, tidak ada salahnya memilih CIMB Niaga.

Di CIMB Niaga, banyak program investasi tabungan yang bisa Anda pilih. Mulai dari tabungan anak dan perencanaan, deposito, dan transaksi. Banyak kemudahan dan keuntungan yang Anda peroleh melalui produk tabungan di CIMB Niaga.

Untuk info tabungan di CIMB Niaga selengkapnya, klik langsung di sini.