production

Cara Belajar Bisnis Online yang Efektif untuk Pemula

 

 
 
 
 

Cara Belajar Bisnis Online yang Efektif untuk Pemula

 

Belajar bisnis online bisa menjadi salah satu langkah yang Anda ambil di saat pandemi COVID-19 masih melanda. Belajar bisnis online di masa sulit seperti sekarang adalah salah satu langkah untuk menambah sumber pendapatan Anda.

Bisnis online sendiri dapat dipelajari oleh siapa saja, termasuk Anda. Menjalani bisnis atau wirausaha, termasuk juga belajar bisnis online memang memiliki berbagai tantangan. Anda mungkin akan kesulitan, bahkan terjatuh. Namun, seperti konsep bisnis pada umumnya, Anda tidak perlu khawatir untuk mulai mencoba lagi.

Kemajuan teknologi yang membuat kita hidup di era digital seperti sekarang memberi berbagai kemudahan, termasuk untuk belajar bisnis online. Selayaknya belajar mengendarai kendaraan, dalam belajar bisnis online Anda harus memperhatikan beberapa langkah untuk memulainya.

Berikut beberapa langkah belajar bisnis online yang perlu diketahui oleh pemula.

Belajar Bisnis Online: Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Produk menjadi hal utama dan paling vital dalam bisnis online. Upayakan untuk menjajakan produk yang sesuai kebutuhan pasar sehingga punya potensi untuk memenangkan pasar.

Jadi ketika memulai bisnis online, jenis bisnis apa pun itu, yang pertama kali harus Anda pikirkan adalah apakah produk Anda dibutuhkan pasar? Apakah produk Anda bisa menyelesaikan masalah konsumen?

Setelah mengidentifikasi masalah yang dihadapi pasar, langkah belajar bisnis online berikutnya adalah memilah masalah yang bisa berpotensi menjadi bisnis karena tidak semua masalah punya potensi untuk dijadikan bisnis online.

Belajar Bisnis Online: Melakukan Riset Pasar

Setelah memilah masalah yang memiliki potensi, langkah belajar bisnis online berikutnya adalah melakukan riset pasar tentang bidang yang Anda cari sebelumnya. Anda membutuhkan data yang objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat.

Melalui riset pasar ini, Anda bisa mendapatkan data-data tersebut. Jadi Anda bisa mengambil keputusan yang didasari data-data objektif, bukan sekadar asumsi dan opini.

Untuk melakukan riset pasar ini Anda bisa mencoba mencari keyword. Maksudnya adalah Anda bisa melakukan riset tentang apa yang dicari orang ketika mencari masalah tersebut. Dari hasil ini Anda bisa menemukan solusi yang konsumen butuhkan.

Anda juga bisa memeriksa tren di media sosial termasuk menemukan review produk atau layanan. Dalam belajar bisnis online, Anda juga bisa bergabung dengan forum atau grup untuk membahas produk yang konsumen gunakan.

Belajar Bisnis Online: Analisis Kompetitor

Belajar bisnis online berikutnya adalah melakukan analisis kompetitor. Untuk bisa mengalahkan kompetitor, Anda harus mempelajari mereka terlebih dahulu. Apa kelebihan mereka, bagaimana cara mereka mendekati konsumen, sampai apa kekurangan mereka.

Dengan informasi-informasi tersebut, Anda bisa membuat produk yang bisa bersaing dengan kompetitor. Anda bisa mengelompokan kompetitor dalam beberapa kategori seperti kompetitor utama, sekunder, dan tersier.

Untuk menganalisis, Anda juga bisa mengidentifikasi website atau lapak online kompetitor Anda. Di sana Anda bisa melakukan identifikasi seperti apa foto produk mereka, bagaimana mereka menampilkan produk dan detailnya, lalu apa isi deskripsi produknya, dan sedetail apa informasi yang mereka berikan?

Apakah mereka punya blog? Jika iya, seperti apa konten blognya? Apakah mereka menampilkan testimoni konsumen di website, metode pembayaran apa saja yang mereka tawarkan, hingga metode pengiriman barang yang mereka sediakan.

Hal serupa bisa Anda praktikan saat menganalisis media sosial kompetitor, Anda bisa mengidentifikasi mulai dari media sosial apa yang mereka gunakan, seberapa aktif mereka memposting di media sosial, apakah mereka responsif terhadap konsumen, hingga konsep postingan yang mereka gunakan.

Belajar Bisnis Online: Bandingkan harga kompetitor

Langkah berikutnya dalam belajar bisnis online adalah membandingkan harga dengan produsen lain. Pasalnya, harga masih menjadi salah satu faktor terpenting yang dipertimbangkan konsumen ketika membeli sebuah produk.

Tidak sedikit konsumen menganggap harga sebagai salah satu faktor utama ketika membeli sebuah produk. Oleh karena itu, Anda harus membandingkan harga produk semua kompetitor Anda sehingga bisa menemukan berapa rata-rata harga produk yang sama di pasaran dan di angka berapa para konsumen mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk tersebut.

Cara Belajar Bisnis Online: Tentukan Target Pasar

Langkah berikutnya dalam belajar bisnis online adalah menentukan target pasar. Hal ini bertujuan untuk menentukan sekelompok orang yang sama dengan kemungkinan membeli produk yang Anda buat. Setiap produk punya pasarnya masing-masing. Misalnya, meskipun sama-sama jam tangan, merek A dan B punya target pasar yang berbeda.

Dengan target pasar yang lebih spesifik, Anda bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi penjualan yang lebih efektif.

Setidaknya Anda perlu mengelompokan target pasar berdasarkan dua faktor yaitu demografi dan psikografi. Demografi didasarkan pada umur, lokasi, gender, pendapatan, tingkat pendidikan, hingga pekerjaan. Sementara psikografi didasarkan atas ketertarikan, hobi, dan nilai-nilai yang dianut oleh konsumen.

Belajar Bisnis Online: Produk yang Akan Anda Jual Secara Online

Setelah melakukan riset pasar, analisis kompetitor, dan penentuan target pasar, kini Anda tinggal menentukan produk yang akan Anda jual. Nah, produk apa sih yang bisa Anda jual secara online?

Pertanyaan itu tentu hanya bisa dijawab berdasarkan data dari riset pasar, analisis kompetitor, dan target pasar Anda. Pastikan produk yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Berikut adalah beberapa contoh jenis produk yang biasa dijual secara online:

  • Produk fisik atau digital: Handphone, furniture, snack, alat kesehatan, oleh-oleh, ebook, atau software.
  • Jasa: Pemesanan tiket, booking hotel, pengiriman barang, atau layanan online marketing.

Belajar Bisnis Online: Cari Model Bisnis

Langkah belajar bisnis online selanjutnya adalah mencari model bisnis. Anda perlu memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan karena meski Anda menjual produk yang sama, cara menjualnya bisa berbeda-beda.

Sebagai contohnya, jika Anda tertarik untuk menjual alat kecantikan. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa menyetok beberapa produk fisik untuk dijual di website atau marketplace, atau media sosial.

Namun, jika Anda belum memiliki modal, Anda bisa bekerja sama dengan supplier yang menjual kosmetik lalu menjual produk tersebut melalui sistem dropship. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir dengan stok produk dan lainnya.

Penjelasan di atas adalah beberapa langkah belajar bisnis online untuk pemula. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online namun masih belum memiliki modal yang memadai, CIMB Niaga bisa menjadi pilihan anda.

Melalui CIMB Niaga Xtra Dana, Anda bisa mendapatkan solusi pinjaman yang disertai dengan berbagai kemudahan. Untuk mendapatkan CIMB Niaga Xtra Dana, layanan pengajuan bisa dilakukan di semua cabang, call center, melalui OCTO Mobile, atau website CIMB Niaga. Untuk informasi lengkap tentang CIMB Niaga Xtra Dana, silakan klik di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Fitur Kartu Debit – Informasi Lengkap Fitur Kartu Debit