www.cimbniaga.co.id production

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan di Zaman Sekarang

 

 
 
 
 

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan di Zaman Sekarang

 

Selama ini Anda pasti sudah familiar dengan layanan asuransi kesehatan, tetapi tak sedikit pula yang masih ragu untuk memilikinya. Padahal, asuransi kesehatan memiliki beragam manfaat yang bisa membantu Anda di kemudian hari. Sebelum membahas manfaatnya, simak dulu penjelasan mengenai pengertian asuransi kesehatan di bawah ini. 

Apa itu Asuransi Kesehatan?

Melansir laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan, dan biaya obat-obatan. 

Umumnya, perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan atau perawatan tertanggung asalkan sesuai dengan ketentuan polis. Polis asuransi adalah kontrak perjanjian kerja sama secara tertulis antara perusahaan asuransi dengan nasabah pemegang polis tersebut. Biasanya di dalam polis asuransi memuat beberapa hal, mulai dari risiko penyakit yang ditanggung, besaran uang pertanggungan, manfaat yang bisa didapatkan nasabah, hak dan kewajiban, pengecualian proteksi, surat klaim, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, nasabah wajib membayar premi yang telah disepakati, sehingga masing-masing perusahaan asuransi menyediakan layanan atau fasilitas yang berbeda-beda.

Seperti yang diketahui, kepemilikan asuransi kesehatan ibarat ‘sedia payung sebelum hujan’. Asuransi ini bisa dianggap sebagai payung kesehatan Anda dan keluarga. Dengan tersedianya payung tersebut, Anda bisa lebih mempersiapkan diri dengan risiko mengenai kesehatan atau penyakit yang mungkin saja muncul. Lantas, seberapa penting memiliki asuransi kesehatan?

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi kesehatan, di antaranya:

  • Rawat inap 

    Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan saat memiliki asuransi kesehatan yaitu adanya manfaat rawat inap. Dalam hal ini, Anda bisa mendapatkan perawatan atau menginap di RS sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kondisi polis perusahaan asuransi. Umumnya asuransi kesehatan untuk rawat inap mencakup biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya melahirkan, serta biaya gawat darurat.

  • Rawat jalan

    Anda juga bisa mendapatkan perlindungan terhadap biaya rawat jalan. Manfaat ini dapat mengganti biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan menginap di RS, tetapi hanya berobat jalan saja. Umumnya manfaat ini meliputi beban konsultasi dokter umum dan spesialis, obat sesuai dengan resep, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Namun, hal-hal tersebut kembali lagi pada ketentuan yang berlaku pada kondisi polis perusahaan. 

  • Melahirkan

    Manfaat lainnya yaitu adanya perlindungan terhadap biaya melahirkan. Biasanya asuransi kesehatan akan mengganti biaya persalinan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis. 

  • Kacamata

    Sebagian asuransi kesehatan juga memberlakukan perlindungan terhadap biaya kacamata. Dalam hal ini, asuransi bisa mengganti biaya lensa kacamata dan bingkai (frame) dengan surat pengantar dari dokter mata. 

  • Gigi

    Asuransi kesehatan juga umumnya berlaku untuk perlindungan gigi. Manfaatnya yaitu dengan mengganti biaya pengobatan akibat perawatan dasar, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi, dan lainnya. 

  • General check-up

    Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat memiliki asuransi kesehatan yaitu adanya perlindungan biaya untuk general check up. Biasanya asuransi digunakan untuk mengganti biaya pemeriksaan kesehatan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya ada juga manfaat asuransi kesehatan berdasarkan peruntukannya, antara lain:

  • Meminimalisir kerugian finansial

    Mahalnya biaya pengobatan seperti rawat inap atau rawat jalan bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan. Cukup dengan bayar premi per bulan, Anda tak perlu lagi mengkhawatirkan persoalan biaya.

  • Memberikan perlindungan lebih bagi diri sendiri dan keluarga

    Memiliki asuransi adalah langkah yang tepat untuk melindungi diri sendiri dan keluarga Anda. Beberapa produk asuransi kesehatan menawarkan proteksi perlindungan untuk keluarga. 

  • Membantu pengelolaan keuangan lebih teratur

    Produk asuransi kesehatan ternyata bisa membantu Anda menjadi lebih baik dalam mengelola keuangan. Sebab, mengikuti program asuransi kesehatan mengharuskan Anda membayar premi setiap bulannya. Dengan demikian, secara tidak langsung asuransi kesehatan bisa membantu Anda mengatur keuangan lebih baik.

  • Tidak khawatir dengan biaya saat sakit

    Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak perlu memusingkan biaya pengobatan ketika jatuh sakit. Pasalnya, perusahaan asuransi yang akan membayar biaya perawatan medis sehingga Anda bisa lebih tenang dan nyaman.

  • Lebih mempersiapkan diri dengan risiko yang mungkin terjadi

    Asuransi kesehatan menjadi salah satu persiapan dalam menghadapi risiko kesehatan yang bisa datang kapan saja. Sebab, tak ada yang pernah tahu risiko apa yang akan menimpa.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu hal berharga yang harus terus dijaga, karena itulah asuransi kesehatan dibutuhkan untuk memberikan perlindungan lebih bagi diri sendiri maupun keluarga. Saat ini sudah banyak jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih. Namun, sebaiknya Anda menentukkan asuransi yang tepat.

Berikut ini beberapa hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan, antara lain:

  1. Pahami kebutuhan 

    Tips pertama yang perlu dilakukan yaitu memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menemukan pilihan produk asuransi kesehatan yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat secara maksimal dari produk asuransi tersebut karena sesuai dengan yang Anda butuhkan. Selain itu, pastikan Anda mempelajari layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi secara detail.

  2. Pastikan perusahaan asuransi sudah kredibel

    Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang bisa jadi pilihan, namun belum tentu semuanya sudah kredibel. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk mempelajari kredibilitas perusahaan asuransi yang ada. Hal ini penting agar Anda terhindar dari kerugian yang mungkin saja terjadi. Salah satu asuransi kesehatan yang kredibel dan telah terdaftar resmi di OJK adalah produk Fortuna Xtra Protection dari AIA yang dapat dibeli via CIMB Niaga, yang dapat memberikan perlindungan ekstra di setiap tahap kehidupan Anda. 

  3. Pilih asuransi dengan jaringan RS yang luas

    Selain memastikan produk asuransi tersebut memberikan manfaat yang maksimal, perhatikan juga bahwa rumah sakit yang terdaftar memiliki jaringan yang luas. Hindari memilih asuransi yang menawarkan banyak perlindungan, tetapi hanya terbatas untuk sebagian kecil rumah sakit saja. 

  4. Layanan yang fleksibel

    Hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu pastikan memilih asuransi yang memiliki fleksibilitas, sehingga memungkinkan Anda untuk bisa mengubah premi atau manfaat secara fleksibel. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan rencana keuangan di kemudian hari.

  5. Proses klaim yang mudah

    Tips yang tak kalah penting yaitu pastikan perusahaan asuransi tersebut menyediakan proses klaim yang mudah. Asuransi yang baik tidak hanya menawarkan perlindungan bagi risiko penyakit, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam proses klaim. Prosedur klaim yang mudah dan cepat bisa menghemat waktu dan mengurangi beban saat Anda membutuhkan asuransi tersebut di kemudian hari.

Selain itu, Anda juga bisa membuat daftar perbandingan produk asuransi yang ada. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa melihat perbedaan dari masing-masing produk asuransi secara lebih jelas, sehingga Anda dapat lebih mudah menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. 

Seperti yang telah disebutkan, Fortuna Xtra Protection dari CIMB Niaga bisa jadi produk asuransi kesehatan yang tepat. Asuransi ini memberikan jawaban atas setiap kekhawatiran Anda. Tersedia berbagai macam paket yang sesuai dengan tahap kehidupan nasabah. Selain itu, perencanaan masa depan akan semakin matang dan perlindungan untuk keluarga pun lebih maksimal. 

Beberapa paket Fortuna Xtra Protection yang memberikan kemudahan bagi Anda di antaraya paket health, spouse health, child health, child gift, retirement, dan legacy. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Fortuna Xtra Protection

Perlindungan maksimal di setiap tahap kehidupan Anda

Asuransi Kesehatan Kumpulan

Memberikan perlindungan asuransi secara khusus dengan menanggung biaya perawatan atau kesehatan karyawan bila terjadi gangguan kesehatan seperti menderita penyakit atau mengalami kecelakaan. Asuransi kumpulan didaftarkan oleh perusahaan untuk diberikan kepada karyawan sebagai employee benefit. Asuransi kesehatan kumpulan dapat didaftarkan dengan jumlah kepesertaan minimal 3 orang karyawan.

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian