production

Pengertian Cara Menabung Emas Batangan dan Digital

 

 
 
 
 

Pengertian Cara Menabung Emas Batangan dan Digital 

 

Menabung emas merupakan salah satu jenis investasi yang cukup populer di Indonesia. Popularitas tentang investasi emas ini hadir berkat cara berinvestasinya yang terbilang mudah, seperti menabung. Cara menabung emas untuk mulai berinvestasi juga beragam dan sekarang sudah bisa ditemukan di mana-mana. Meskipun sudah bisa Anda temukan di mana-mana yang membuka layanan investasi atau menabung emas, pastikan Anda menemukan cara menabung emas yang sesuai dengan gaya Anda. Menentukan cara menabung emas yang sesuai akan lebih memudahkan Anda dalam memantau pergerakan investasi emas Anda nantinya. 

Saat ini ada dua pilihan investasi emas yang bisa Anda lakukan, yaitu emas batangan dan juga emas digital. Cara menabung emas dari kedua jenis tersebut pun cukup berbeda. Untuk cara menabung emas batangan sebagai sebuah investasi, sebetulnya sudah sejak dahulu dilakukan. Sedangkan cara menabung emas secara digital merupakan sebuah bentuk investasi emas baru yang lebih dekat dengan generasi muda. Dengan adanya dua jenis investasi emas, berikut adalah informasi tentang cara menabung emas baik untuk emas batangan atau emas digital.

Cara menabung emas batangan

Istilah emas batangan sebagai investasi ini juga mengacu kepada emas dalam bentuk perhiasan. Dengan kata lain, cara menabung emas batangan sebagai investasi, Anda perlu memiliki emas dalam bentuk fisik.

  1. Pastikan Anda punya tempat penyimpanan

    Ketika Anda memiliki emas batangan atau emas fisik, tentu akan menghadirkan risiko tinggi jika Anda hanya menyimpan di rumah saja sebagai salah satu cara menabung emas. Untuk itu, Anda harus memiliki tempat penyimpanan investasi emas Anda demi menghadirkan rasa nyaman dari cara menabung emas yang Anda lakukan. Agar meningkatkan rasa aman, Anda bisa menyewa safe deposit box atau ruang penyimpanan emas di bank atau di layanan keuangan milik pemerintah ke dalam skema cara menabung emas batangan yang Anda miliki. Namun dalam hal ini, Anda perlu mengerti bahwa ada biaya layanan penyimpanan yang perlu Anda keluarkan. Biaya sewa dari cara menabung emas batangan ini cukup kompetitif. Namun Anda bisa menitipkan emas dalam jangka waktu yang lama dengan tingkat keamanan yang terjaga selama 24 jam.

  2. Beli emas secara fisik

    Untuk memulai menemukan cara menabung emas batangan yang sesuai dengan Anda, tentu saja Anda perlu membeli emas terlebih dahulu. Dalam membeli emas batangan atau emas fisik, ada beberapa tempat yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan rasa keamanan Anda. Anda bisa memilih banyak tempat dalam membeli emas secara fisik, mulai dari toko emas, bank, layanan keuangan milik pemerintah, serta melalui Antam secara langsung. Saat ini Anda juga bisa membeli emas batangan melalui marketplace atau secara online yang nantinya akan dikirimkan ke alamat Anda. Secara umum, prosedur pengiriman emas batangan dari setiap layanan tentu memiliki tingkatan keamanan yang optimal. Namun, jika Anda khawatir akan risikonya, mungkin cara menabung emas dengan membelinya di bank atau di kantor layanan fisik lainnya bisa jadi alternatif yang ideal.

  3. Membutuhkan uang dalam jumlah besar

    Ketika Anda membeli emas batangan atau emas secara fisik, akan ada biaya fix yang perlu Anda keluarkan. Biaya tersebut mengacu pada besaran bobot dari emas yang Anda beli. Namun, dalam membeli emas batangan, ada minimum bobot yang harus Anda beli, yaitu 1 gram. Mengacu pada nilai rata-rata beli emas di bulan Januari 2021, Anda perlu mengeluarkan uang kurang lebih sebesar Rp 950.000 untuk membeli emas seberat 1 gram. Setelah membeli emas batangan tersebut, Anda baru bisa melanjutkan skema cara menabung emas batangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara menabung emas digital

Cara menabung emas digital memiliki perbedaan yang cukup terasa dari cara menabung emas batangan. Cara menabung emas digital menawarkan aspek fleksibilitas lebih leluasa secara finansial Anda sebagai investor dibandingkan dengan menabung emas batangan.

  1. Membuka rekening tabungan emas

    Cara menabung emas digital ini terbilang cukup mudah. Mekanismenya identik dengan menabung uang di bank. Pertama, Anda perlu terlebih dahulu membuka rekening tabungan emas. Untuk membuka rekening emas, Anda bisa menggunakan berbagai macam platform mulai dari platform digital banking, marketplace, hingga aplikasi layanan keuangan milik pemerintah sebagai langkah awal cara menabung emas digital. Sama dengan membuka rekening biasa, dalam membuka rekening emas, Anda perlu memasukan data-data pribadi Anda. Selain bisa dilakukan secara online, cara menabung emas digital ini juga bisa Anda lakukan secara konvensional. Anda juga bisa membuka rekening emas dengan datang ke kantor bank atau layanan keuangan milik pemerintah pilihan Anda demi keamanan. Setelahnya Anda bisa langsung melakukan integrasi ke dalam aplikasi tabungan emas yang Anda miliki.

  2. Beli emas sesuai dengan harga yang diinginkan

    Berbeda dengan emas batangan yang memiliki ketentuan bobot dalam pembelian emas, untuk membeli emas digital. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan. Beberapa layanan yang membuka investasi emas digital bahkan membuka nilai beli hanya sebesar Rp 10.000 saja. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, Anda bisa membeli emas digital melalui platform digital banking, marketplace, atau aplikasi layanan keuangan milik pemerintah sebagai sarana cara menabung emas digital Anda. menentukan cara menabung emas digital ini cocok bagi Anda yang sedang ingin memulai berinvestasi emas.

Setelah Anda mengetahui atau menemukan cara menabung emas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda perlu juga memahami tips, trik, serta risiko dari menabung atau berinvestasi emas. Sama dengan instrumen investasi lainnya, investasi emas juga memiliki risiko yang dapat menghadirkan dampak negatif terhadap stabilitas atau kekuatan dari finansial Anda. 

Untuk itu, ketika Anda hendak membeli emas, sesuaikanlah nominal beli dengan kondisi finansial Anda Ketika Anda mulai berinvestasi emas dengan cara menabung emas, Anda perlu pahami bahwa investasi ini bersifat jangka panjang. Harga emas cenderung stabil dan membutuhkan waktu yang lama untuk naik secara signifikan. Untuk itu, Anda jangan terburu-buru mengeluarkan uang di luar kapabilitas Anda dalam berinvestasi emas. Sama halnya dengan menabung, yang terpenting Anda tetap konsisten membeli emas dengan jumlah yang sesuai dengan kondisi finansial Anda. Jika Anda menjaga konsistensi tersebut dengan baik, maka Anda akan mendapatkan keuntungan lebih baik di masa depan dengan cara menabung emas. Di luar investasi emas, masih ada pilihan investasi lain yang juga memiliki potensi yang menguntungkan sekaligus memiliki risiko yang lebih rendah untuk dijalankan oleh pemula. 

Mengakomodasi kebutuhan dalam memulai investasi Anda, CIMB Niaga dengan layanan digital banking OCTO Clicks dapat memenuhi kebutuhan Anda. OCTO Clicks merupakan sebuah platform digital banking tanpa batas yang mampu memenuhi segala bentuk transaksi keuangan Anda, bahkan berinvestasi. Anda bisa berinvestasi Obligasi melalui OCTO Clicks di mana pun dan kapan pun. Temukan informasi lebih lanjut keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan OCTO Clicks CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Tabungan CIMB Niaga